Memakai aplikasi yang legal untuk hidup lebih baik :)

Beberapa waktu belakangan ini gw mulai tertular oleh Joe dengan gerakan opensource, gw dari dulu juga tau membuat sebuah aplikasi itu tidak mudah, tapi entah kenapa dari duluuu gw ga peduli memakai aplikasi bajakan seperti halnya sistem operasi yang sampai saat ini nangkring di komputer gw di kampus dan di laptop gw, alasan gw dulu memakai aplikasi bajakan itu adalah karena gw taunya MS Windows itu mahal (beratus dolar tapi ga tau juga sih persisnya berapa :P) dan gw selalu mendapatkan installer windows dilengkapi dengan serial number 🙂 Jadiii dari dulu isi komputer gw itu adalah MS Windows, MS Office, WINZIP, EditPlus, MP3, Adobe, yang jelas2 di bajak 😛 bukan itu aja beberapa software untuk membuat aplikasi seperti delphi, power builder dll yang masih banyak deh bajakan semua :(. Terus terang, gw udah tau membajak itu ga boleh sama agama, tapi…gw ga pernah merasa berdosa, aneh yah 🙁 mungkin karena semua orang melakukan hal yang sama dan gw melihat mereka baik-baik saja, jadi gw anggap itu baik-baik saja.


Well..sekarang gw mulai sadar, bahwa semua yang gw lakukan itu tidak baik, karena dengan memakai software bajakan artinya gw mengebiri hak dari si pembuat aplikasi itu, padahal jelas-jelas gw sebagai orang IT tau, buat aplikasi itu ga mudah dan ga murah, jadii atas kesadaran itu gw sedapat mungkin mulai berpindah ke lain hati, gw mencari aplikasi gratis di internet, aplikasi freeware dan opensource. Untuk aplikasi di komputer gw belum bisa migrasi sepenuhnya, terutama karena gw belum terbiasa di lingkungan Linux, hmm..gw mulai terpikir untuk sementara ini make dual boot linux dan windows atauuu yaa gw mo usaha beli lisensi windows yang di kampus ah, toh cukup murah dan masih bisa gw jangkau :). Beberapa minggu lalu gw udah install OpenOffice untuk menggantikan MS Office, dan sepertinya cukup berhasil kok, gw ga mengalami banyak masalah dengan OpenOffice itu, emang sih fiturnya masih ga selengkap MS Office, tapi toh fitur lengkap itu ga selalu gw butuhin, mudah-mudahan tak lama lagi gw bisa bener2 migrasi dari MS Office ke OpenOffice 🙂

Aplikasi lain yang juga gw pakai sekarang adalah Mozilla FireFox untuk menggantikan IE, pertamanya dulu sih dipromosiin Joe dan ternyata walau beberapa java script dan plug-in ga begitu compatible seperti hal-nya IE, tapi rasanya FireFox cukup menyenangkan karena gw bisa buka banyak page dalam 1 window (ada tab kayak Opera)

Hmm..usaha lainnya yang gw lakukan untuk membiasakan diri dengan aplikasi legal adalah menggantikan sistem operasi yang ada di komputer gw di rumah (yang emang cuma Pentium 2) dengan Fedora Core. Yang menyenangkan dari Fedora ini adalah ada banyak gamenya 😛 dan jauh lebih menyenangkan daripada game Windows 😀

Oh ya mungkin untuk aplikasi di komputer gw belum bisa berhasil sepenuhnya make aplikasi legal(semoga sebentar lagi tempat kerja gw cukup sadar untuk membayar lisensi untuk semua aplikasi yang kami pakai bukan sebagian saja) tapi untuk aplikasi yang ada di hp 3650 gw, so far gw hanya memakai aplikasi freeware dan yang opensource. Anyway, kalo dulu gw mungkin ga bisa bedain freeware dengan opensource, tapi sekarang sedikit banyak gw udah mulai tau bahwa freeware belum tentu opensource dan opensource sudah pasti freeware (masa gitu aja gw ga tau ya :P, thx to Joe)

Ada satu masalah lagi yang baru terpikir sama gw, di rumah gw dari duluuu gw banyak ngebajak textbook 🙁 bedanya ngebajak ini dengan ngebajak aplikasi kalo aplikasi itu gw bajak gw bener2 ga bayar apapun (karena tinggal ngopi file) tapi kalau buku sebenernya gw beli sih dari dunia baru yang motokopiin buat gw, tapi gimana dong yah, ada ga yah aturan kalo buku untuk ilmu pengetahuan (bukan untuk usaha) boleh di fotokopi?? ada sih satu buku yang opensource juga, Joe pernah nunjukkin buku yang lisensinya jelas2 bilang boleh diperbanyak dengan memfotokopinya (tapi suerr baru itu buku satu2nya yang gw baca boleh dipotokopi :P) Hmm…gimana dong yah, apa untuk kuliah hak memfotokopi itu masih di bolehkan atau nggak??? Hopefully kalo gw ntar buat textbook, gw akan jual dengan harga murah, atauuu kalau emang gw cukup mendapat karunia sebagai penulis buku, gw akan buat lisensinya opensource juga deh (kapan yah gw bisa nulis buku ihig ihig)

ps. blog ini juga make WordPress yang free loh :), tapi hostingnya bayar dong 😀

7 thoughts on “Memakai aplikasi yang legal untuk hidup lebih baik :)”

  1. ehe gue juga setuju tuh sama masalah bajak membajak.. mungkin masalah aplikasi bisa lah ya kita berpindah ke lain hati.. tapi.. kalo masalah MP3???? are you sure you wont use MP3 anymore??? 😀

    BTW gue jadi tertarik tuh sama aplikasi2 yg elo sebutin, instalin di laptop gue dong ris 😀
    sekalian gantiin windows NYAHAHA ya ya ya??? kalo masalah kantor sih gue bodo amat, gue jg ga tau mrk beli ato bajak hehe

  2. mengingat UU HAKI
    Pasal 15
    Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai
    pelanggaran Hak Cipta:
    a. penggunaan Ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya
    ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak
    merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta;

    Kayaknya selama berkaitan dengan dunia pendidikan (dunia kampus) ngga masalah kalo kita menggunakan software “pinjaman” selama kita cantumkan misal “presentasi ini dibuat dengan Microsoft Power Point 2002 yang berjalan diatas Microsoft Windows 2000” ya ngga?

  3. tambahan lagi
    Pasal 72

    Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

    berarti selana tidak …. (ngga tau ah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *