Kartun Kejam di MTV

Ada yang pernah merhatiin nggak akhir-akhir ini (hmm, nggak akhir-akhir ini sih, dah cukup lama), ada kartun singkat yang kejam di MTV (kira-kira sebelum jam 9 malem udah diputer, jadi masih mungkin dilihat anak-anak). Kalo gak salah animasi itu produksi Mondo (o yang pertama gak jelas apakah itu O atau bukan, soalnya diganti dengan logo).

Pokoknya kejem banget deh kartunnya, banyak adegan sadis seperti mata yang dicongkel, lidah yang dipotong, kepala yang meledak, dll. Salah satu yang paling sadis adalah waktu seorang bayi lagi main-mainin pencukur elektrik milik bapaknya, dan memasukkannya ke mulutnya, terus bapaknya gak ngelihat dan langsung nyolokin kabelnya ke colokan listrik. Bisa dibayangin kan kejemnya?

Tapi herannya sampe sekarang kok gak ada yang protes ya? Apa emang sudah terlalu banyak kekejaman sehingga orang-orang dah gak peduli lagi. Sekarang dah makin males lihat TV, bahkan kadang-kadang aku ngeri kalo lihat penyiar cantik dengan tanpa ekspresi mengatakan “kepala korban hancur dilindas mobil”.

Sekarang tinggal sedikit acara TV yang masih kutonton, kebanyakan dunia hewan, tapi di dunia hewan juga kadang-kadang ada kekejaman (walaupun gak sekejam manusia). Tau gak kalo burung camar bisa makan pinguin? pinguin yang kecil (atau anak pinguin), diserang beberapa kali (kadang-kadang bareng2), sampe mati, terus dimakan.

Kejam ya dunia ini.

This entry was posted in General. Bookmark the permalink.


8 Responses to Kartun Kejam di MTV

  1. uta says:

    yeah..gue dah nonton juga tuh kartu sadis dan biadab itu…
    heran deh..bukannya MTV itu anti kekerasan..kok malah
    nampilin kartun biadab gitu..
    eh, tapi dulu MTV kan punya Beavis & Butthead juga yang nggak
    kalah menjijikkan…

  2. dienk says:

    menurut gw film kartunnya lucu, lucu bukan karena ceritannya.
    Tp lucu karena Mtv bisa”nya nyiarin acara ky gt. ga nyambung khan!!

  3. isman says:

    Judulnya “Happy Tree Friends” buatan Mondo Mini Shows. Ingat The Simpsons? Dulu mereka ada “Itchy and Scratchy Show” yang merupakan satir terhadap kekerasan kartun.

    Ternyata beberapa tahun kemudian, satir tersebut menjadi kenyataan. Matt Groening paling ngakak aja.

    Anyway, kartun ini menjaring penonton karena emang nilai appealnya tinggi untuk masyarakat kota. Dalam buku Gavin de Becker, “The Gift of Fear,” disiratkan bahwa orang memang cenderung tidak mau mengakui kalau mereka memendam sifat kekerasan (violence). Padahal setiap orang ada. Dan semakin disangkal (denial), semakin butuh outlet.

    Tayangan seperti ini merupakan alternatif outlet. Karena orang-orang dapat berdalih, “It’s just a show!”

    Yang perlu disorot di sini adalah bukan outletnya, tapi sebab dan akibat. Banyak yang menyalahkan tayangan seperti ini lah yang menyebabkan kekerasan meningkat. Padahal keduanya (tontonan dan tindak kekerasan) adalah sama-sama outlet. Ada penyebab yang lebih dalam. Dan lebih berakar. Dan itu ada dalam masyarakat kita sendiri.

  4. sansan says:

    hehehee.. tapi gw suka nontonnya.. soalnya ‘soundtracknya’ lucu….untung malem:)

  5. shinta says:

    Iyaa, kartunnya sadis bgt! Padahal gambar karakternya lucu2 jadi seperti kartun untuk anak =(
    Yang ditulis mas isman menarik, karena aku termasuk yg “menyalahkan tayangan seperti ini lah yang menyebabkan kekerasan meningkat”. =) Memang penyebab utamanya ada dalam pribadi masing2, tapi setidaknya tayangan spt ini bisa mengurangi sensitifitas/toleransi kita pada batas kekejaman, apalagi kalau penontonnya anak2 kecil.
    Satu lagi, menurut teori di buku itu, apakah berarti kalau tayangan spt ini dihentikan, maka kejahatan meningkat, karena outlet alternatifnya berkurang? =)

  6. keyrent says:

    BETUL TUL! Tapi, itu tugas pemerintah!!!!! Dan gitulah kualitas pemerintah kita.

  7. Fadil says:

    Kalau acara itu diadakan justru menambah wawasan. Kita tau mana yg baik dan yg tidak. Acara seperti itu “warned” kita bahwa didunia ini tidak semuanya baik. Kita harus sadar itu. Acara 2 itu ditujukan kepada umur 15 – 34. Youth itu dimana kita setengah dewasa dan sudah mengenal banyak hal di dunia ini. Jika kita menontonnya tentu kita tahu bahwa itu perbuatan jahat. Seharusnya kita berpikir bahwa kita tentunya tidak ingin hal seperti itu terjadi pada kita dan tentunya ditujukan kepada youth bukan pada anak-anak. Yg disiarkan di MTV tidak ada yg sia-sia. Semua ada pelajaran.Sekaligus sebagai peringatan kita untuk berhati- hati dalam kehidupan ini.

  8. Fadil Wimala says:

    Tambahan lagi bahwa acara seperti itu tidak menambah kekerasan di dunia ini. Apakah jika kita menonton sergap, hitler dan berita di tv tentang violence akan menambah kekerasan???!!! Pense à ça! . Prépare pour les pires.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>