OSN di Pekanbaru

Ini oleh-oleh cerita dari Pekanbaru waktu jadi juri/panitia buat OSN (olimpiade sains nasional) bidang komputer. Kemarin di Pekanbaru selama hampir seminggu (Senin-Sabtu, 23-28 Agustus 2004).

Pertama mengenai kesan kota Pekanbaru: kotanya cukup kecil, cukup bersih dan rapi, gak banyak gedung bertingkat, panas, banyak rumah beratap seng yang khas daerah sumatra. Mengenai orang pekanbaru aku gak bisa bisa banyak komentar, soalnya cuma bertemu beberapa orang dan cukup ramah. Gubernurnya bisa nyanyi dan pantun, dan bikin album pula.

OSN berjalan dengan lancar dan mendapat perhatian yang besar dari pemerintah daerahnya, segala macam spanduk di pasang, koran daerah memberitakan, dan aparat keamanan juga cukup banyak.

Nah sekarang cerita mengenai lomba komputernya: tahun ini lombanya diadakan di fakultas kedokteran, dan make komputer baru (yang setelah dipake lomba akan disumbangkan ke banyak SD). Baru dateng udah harus nginstall Windows 2000 dan XP (ini kerjaan panitia yang dateng duluan), terus aku harus mengkonfigurasi domain controller windows 2000-nya.

Lombanya berjalan cukup baik, cuma ada sedikit gangguan jaringan dan listrik. Tahun ini sepertinya TOKI bakal punya bibit cewek, soalnya biasanya di tahun-tahun sebelumnya selalu cowok yang lolos ke babak akhir. Selain lomba juga diadakan lokakarya buat guru-guru yang ikut jadi pembimbing, bu Inge jadi salah satu pembicaranya.

Ternyata banyak daerah yang merindukan bisa memiliki siswa yang bisa ikut lomba komputer sampe internasional. Kisah-kisahnya beraneka ragam, ada siswa yang harus menempuh 300 Km cuma buat ikut penyisihan jarak jauh (via internet), bahkan ada guru yang nyolong satu-satunya buku pemrograman di universitas negeri cendrawasih di Jayapura. Bu Inge sampe terharu. Duh kapan ya negeri kita bakal lebih memperhatikan anak-anak itu dibanding memperhatikan peserta AFI atau Indonesian Idol?

Ternyata susah juga mau mengkompres cerita seminggu supaya jadi singkat, ya udah deh, ceritanya segitu aja. Nanti kalo dah sempet, mau nerusin ceritanya, dan nulis cerita waktu pergi ke taipei kemarin deh.

6 thoughts on “OSN di Pekanbaru”

  1. sering tugas luar kota ya?

    emg kdg kasian banget liat anak2 daerah yg minim fasilitas.. beda jauh ma di kota besar yg fasilitasnya ada tapi kdg ngga dimanfaatin..

  2. OSN keren bgt…
    asik lagiiiii..
    semangat !
    whacha !
    pekanbaru…..I love you..
    salam buat ank2 osn dari jateng..
    semangat !

  3. Pekanbaru kecil ???

    Udah ke mana aja sampe bilang kecil ??

    Udah sampe Rumbai ??? ujung Marpoyan Damai ??? atau Kawasan Kulim ???

    Panam dah sampe belom ??? :p

    Kalo udah ke tempat2 itu baru deh kerasa besarnya Pekanbaru itu 😀

    Kalo cuman di Kawasan sekitar FK UNRI doank yach … itu mah baru spersekian pusat kota Pekanbaru :p …. Pusat Kota Pekanbaru aja menurutku lumayan besar kok :p ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *