Menstabilkan USB Infrared Okion di Win XP

Beberapa waktu lalu, setelah upgrade komputer, gw dengan semangat 45 mencoba online pake Nokia 6585 + kartu Fren menggunakan koneksi usb infrared. Ceritanya gw beli dongle usb irda merk OKION selain karena relatif murah dibanding yang lain, Irda ini sudah terbukti bisa digunakan oleh Joe di Linux maupun di Windows 2000 nya. Tapi ternyata…gw sempet kecewa karena entah kenapa, walaupun drivernya sudah di instal ternyata koneksinya sangat tidak stabil, baru juga berapa menit koneksi HP dinyatakan wireless link interrupted…huhuhu…kecewa…kecewa… Continue reading “Menstabilkan USB Infrared Okion di Win XP”

Bencana Alam dan Masyarakat Indonesia

Sebelumnya gw menyatakan turut berduka atas bencana Tsunami yang menimpa umat manusia di Aceh, Sumatera Utara, Srilanka, India, Thailand, Malaysia, Maladewa, Somalia dan juga mungkin beberapa tempat yang luput dari perhatian gue . Semoga Tuhan menghiburkan keluarga yang ditinggalkan dan tidak mengirimkan amarahNya lagi.

Kemarin sejak berita bencana di Aceh, gw jadi sedikit memperhatikan koran dan juga TV, diantara berita sedih itu, ada berita yang agak mengganggu buat gw. Ada aja orang yang berseru supaya dana bantuan kemanusiaan jangan dikorupsi!. Sebegitu parahkah tingkat korupsi di Indonesia, sampai2 ada yang kepikiran buat korupsi dana bantuan kemanusiaan? sampai2 ada yang merasa perlu untuk mengingatkan jangan sampai ada yang korupsi? How sad…

Terus kemaren lagi di koran kompas gw liat karikatur yang kira-kira isinya begini … apakah harus ada bencana untuk membuat kita (masyarakat Indonesia) merasa bersaudara? … Kalau dipikir-pikir pernyataan itu ada benarnya. Coba aja kalau ga ada bencana, apa kira-kira Aceh bakal kita pikirin? wah boro2 deh, mo akhir taun gini, paling2 yang kita pikirin, kemana ntar acara malam taun baru yah? atau… mungkin lebih mikirin masalah sendiri deh. Masalah Aceh dengan GAM biarin aja diurusin sama presiden dan staf2nya. Paling gak, gw akuin, gw salah satu yang kurang memperhatikan bagian bumi lain dari tanah air ini. Kenapa? gak kenapa-napa sih, emang gw agak kurang aja dalam hal politik itu. Nah kalo bencana alam ini kan bukan urusan politik makanya gw tulisin juga di blog gw.

Dari 2 hal diatas, gw agak prihatin dengan masyarakat kita, ya prihatin dengan diri sendiri mungkin tepatnya. Kenapa sih kok kesannya koruptor itu bener2 bergerak setiap ada kesempatan, dan bencana begini pun masih ada orang yang ambil kesempatan, terus…kenapa sih harus ada bencana yg membuat kita merasa bersaudara? ga usah jauh2 tempat kost gw aja suasananya agak *dingin* . Untuk kost dengan penghuni 17 orang, kost gw jauh dari suasana keakraban, tapi waktu ada bencana, berhubung 1 orang dari antara kami asalnya dari Aceh, baru deh…ada sedikit rasa kekeluargaan. Wah..apa ini maksudnya ada makna dibalik setiap pertanda? *jadi inget lagu marcel*.

Well…apapun itu, semoga ada hikmah dari setiap peristiwa, dan kita bisa belajar dari setiap pengalaman yang kita punya. Dan semoga Tuhan memberi kekuatan untuk semua korban yang ada untuk melanjutkan hidupnya tanpa dibayang2i trauma bencana ini. Life must go on. Let’s move …. menuju hari depan yang lebih cerah….kan bentar lagi taun baru… *menyemangati diri sendiri*

Menginstall Internet Explorer ….. di Linux

Sudah menjadi masalah bagi banyak orang bahwa masih ada saja website penting (Seperti e-Banking) yang situsnya tidak bisa bekerja dengan baik jika tidak dibuka dengan IE. Jadi meskipun sudah bersusah payah pindah ke Linux, kadang-kadang orang masih perlu pergi ke Windows (reboot, atau rdesktop/vnc ke komputer lain) hanya untuk mengakses situs tertentu saja (terutama situs yang penting). Kadang-kadang Konqueror sudah cukup buat mengakses web site yang butuh IE, tapi kadang tetap tidak bisa.

Sejak dulu, sudah ada beberapa orang yang bisa menginstall IE di Linux dengan aneka macam cara, namun sekrang sudah ada cara yang sangat mudah untuk menginstall IE (dan bahkan Windows Media Player serta MSN juga) di Linux memakai Wine. Caranya cukup download wine dari sini, download skrip installer di sini, ekstrak skripnya, dan jalankan setup. Cuma itu aja. Nanti skrip tersebut akan otomatis mendownload IE dan menginstallnya. Yang menakjubkan adalah, skrip tersebut akan mensimulasi “reboot”, jadi kita nggak perlu me-reboot komputer 🙂

Nah sekarang IE siap di jalankan. Tapi jangan heran ya kalo IE-nya lambat dan nggak senyaman Firefox 😛

So this is Christmas

Kemaren setelah sekian beberapa tahun ga ikutan perayaan Natal di Bandung, terakhir itu rasanya sebelum lulus S1, setelah itu kalo ga mudik ke Medan, yah..paling-paling males ga ada temen, merasa tua dan merasa udah ga ada yang dikenal lagi. Perayaan Natal gereja GII yang biasa kukunjungi tiap minggu juga udah males, abis biasanya rameee banget, perasaan kurang khidmat aja. Tahun ini juga awalnya ga ada niat sih ikutan perayaan Natal walaupun gw ga ada rencana pulang ke Medan. Continue reading “So this is Christmas”

Ngeblog dan The Sims2

Hihi..bener-bener deh, sekali kita ga ngeblog, maka kita akan semakin ga tau mau mulai dari mana untuk menuliskannya, belum lagi koneksi internet yang sekarang menjadi barang langka buat gw, apalagi kalau bukan karena gw jarang banget ngampus. (huhuhu…ayo dong ada yang ngasih gprs flat rate lagi dong…biar gw bisa browsing dirumah).

Anyway….setelah sekian lama gw meninggalkanTheSims akhirnya gw bisa main game itu di komputer gw sendiri, yap…in my own room. Setelah Pentium rongsokan gw di gadai alias tuker tambah jadi AMD Athlon yang setara pentium 4 dan di kasih memory 512 MB serta VGA 64 MB, wuih..lebih dari cukup buat gw plus monitor 17 inchi!.

Umm..kayaknya gw masih belum not in the mood buat nulis banyak2, sejujurnya ada terlalu banyak cerita di kepala gw siap untuk dituliskan, tapi sayangnya gw ga pernah dapat momen yang tepat untuk menuliskannya. Umm..tiba-tiba terlintas ide, kalau mau membuat cerita kenapa gw ga mengadaptasi kehidupan karakter The Sims gw yah? Udah ah pulang mo main The Sims lagi, besok2 gw ceritain tentang kisah kehidupan The Sims 2 gw 😀 (dengan catatan : kalau ingat dan kalo ada mood :D)

CDMA lagi ….

Para operator CDMA ini masih rada nggak beres. Ini beberapa list keanehan yang ditemui, sebagian minor, sebagian ngeselin:

  • Esia: kalo nelpon *955 buat cek pulsa kadang-kadang pesannya terpotong oleh pesan aneh seperti ini: “Saldo Anda sebesar dua puluh….tiba-tiba berganti denganNomor telepon yang Anda tuju tidak dapat dihubungi
  • Esia: Esia Jakarta punya delivery report kalo ngirim SMS ke sesama Esia, tapi tidak punya delivery report untuk nomor di luar Esia, Esia Bandung punya delivery report untuk nomor di luar Esia, tapi tidak untuk sesama Esia
  • Flexi: setelah konversi dari inject ke RUIM, ternyata dapet RUIM yang aneh, RUIM-nya cuma bisa dikenali HP Nokia 6585 kalo waktu nyalain HP-nya lagi di-charge. Mau protes tapi dah capek, prosesnya lama 🙁
  • Flexi: Telkomnet instannya (berdasarkan waktu) gak berjalan (or at least gak sesuai dengan dokumentasi, mestinya pake CRM=0 tapi gak pernah bisa, apa hp-ku yang error? aku bahkan dah baca AT Command Reference-nya Nokia), karena pake Pasca bayar, jadi ngeri kalo berniat make berdasarkan waktu tapi kecharge berdasarkan data
  • Fren: sejauh ini yang ngeselin cuma pelayanannya yang lama kalo dateng ke Mobile-8 Center-nya, dua kali ke sana masing-masing butuh waktu lebih dari dua jam

VPN Mobile 8 (Fren) di Linux

VPN Mobile 8 (Fren) di Linux

Mobile-8 (alias Fren) saat ini menyediakan fitur VPN ke beberapa ISP (tepatnya 10 ISP), jadi penggunanya bisa memilih mau browsing via ISP mana. Sayangnya petunjuk koneksinya hanya tersedia untuk Windows (di sini).

Setelah mencari-cari client VPN di Linux dan mendownload, akhirnya hari ini sempat mencoba VPN M8 (Fren) di Linux, dan hore …. berhasil dengan mudah, koneksinya juga lumayan cepet (tapi harus pilih2 dulu mau VPN ke ISP mana, ada ISP yang lambat ke server tertentu (sekarang ini lagi VPN ke Biznet).

Buat yang tertarik untuk ber-VPN di Linux, kunjungi aja http://pptpclient.sourceforge.net/, ikuti petunjuk di situ, dan cobalah VPN-nya. Gampang banget, tinggal install beberapa paket dan ada konfigurasi GUI-nya.