Menstabilkan USB Infrared Okion di Win XP

Beberapa waktu lalu, setelah upgrade komputer, gw dengan semangat 45 mencoba online pake Nokia 6585 + kartu Fren menggunakan koneksi usb infrared. Ceritanya gw beli dongle usb irda merk OKION selain karena relatif murah dibanding yang lain, Irda ini sudah terbukti bisa digunakan oleh Joe di Linux maupun di Windows 2000 nya. Tapi ternyata…gw sempet kecewa karena entah kenapa, walaupun drivernya sudah di instal ternyata koneksinya sangat tidak stabil, baru juga berapa menit koneksi HP dinyatakan wireless link interrupted…huhuhu…kecewa…kecewa…

Baru 3 hari beli Irda itu tau-tau Irda itu pake acara hilang..huhuhuhu…belum juga berhasil konek, sebel dech…:(. Tapi gw ga putus semangat, masih bercita-cita beli baru lagi, tapi sebelumnya…cari tau dulu gimana yah biar si OKION itu bisa di pake buat konek pake Fren. Tentunya yang nyariin dibantu Joe dong hehe… dan minjem OKION nya Joe

Nah hari ini akhirnya berhasil deh make buat online. Caranya ternyata sederhana,perhatikan baik-baik…(gaya bener yak :P)
0. Pasang Irda nya di USB tentunya
1. Tekan Tombol Windows+ Pause…maka…akan muncul system properties 😛
2. Pilih tab Hardware lalu pilih Device Manager
3. Pilih Infrared devices, dari devices klik kanan untuk memunculkan properti dari Irda tersebut.
4.Pilih Tab Advanced, gantilah property Infrared Transceiver Type menjadi Vishay TFD dan property Min Turn-Around Time menjadi 0.5mS setelah itu klik OK
5. Langkah selanjutnya adalah aktifkan irda di HP anda, dan….mulailah mendial..

Ribet ya? gak kok, intinya sebenernya ada di nomer 4 :D, cara serupa mungkin berguna untuk keluarga IRDA yang chipnya dari sigmatel.

Nah tulisan gw ini juga gw posting dengan koneksi IRDA joe di komputer gw, menggunakan HP 6585 gw dan kartu ruim Fren :D.

7 thoughts on “Menstabilkan USB Infrared Okion di Win XP”

  1. Saya mau tanya nih, tentang kestabilan koneksinya kalau pakau koneksi irda okion, saya juga pake 6585 cuman waktu kemarin beli kabel data dku-5 (made in china) koneksinya nggak bagus, baru dipakai +/- 3 menit sudah putus. Saya rencana mau beli irda-nya okion juga tapi kemarin waktu ke tokonya dikasih tahu sama penjualnya kalau koneksinya nggak bisa terlalu diharapkan. Pilihan saya mau beli okion irda yang harganya sekitar 150 rb atau kabel data CA-42 ori yang hrgnya 500 rb. Tolong sarannya ya. Thanks.

  2. Sebenarnya gak bisa nyalahin OKION 100%! Gini gua kasih tau,
    walau dalam promo secara teknis dikatakan OKE bgt…
    tapi kenyataannya tapi nyatanya memang lebih hebat dalam promonya
    tanpa ditunjang mutu yg konsisten.
    Mungkin 5 menit bagus, trus 5 menit kemudian memble!
    Maaf kalau lancang dan terdengar sok tau,
    tapi ini cuma imput tanpa riset yang kuat.
    Lebih banyak didasari oleh rasa kecewa dengan keadaan yg nyata
    di Indonesia. :I

  3. Gw pake 6585, sm DKU-5, dulu browsing sih bagus2 aja, tp udah 1 minggu ini kok HP gw restart atau network search terus kalo konek internet?
    Signal bisa tiba2 hilang trus ada lg, but kadang kalo lg baik, bisa konek sampai 20 kBps. Tp buat telp tidak ada masalah.
    Gw curiga, 6585nya udah teler gara2 gw pake selama 6 bulan dg koneksi 20 jam perhari.
    Gw mau ganti yg pesawat fixed, ada yg bisa kasih saran ga? soalnya baca di forum sebelah, sanex SC 3200 bermasalah. Tp temen gw
    pake SC 3200 kelihatan baik2 aja.

  4. alo semuanya.. mau nanya nieh. gw mau nyoba konek internet lewat hp,crnya gmn ya? n tlg disaranin mau pk hp apa yg bgs buat konek,soalnya gw blm bl hp cdma. Thx b4.

  5. starone dpt brpa kbps? ktnya paling kenceng yah dr semua jenis sambungan i-net pke kartu?* (dgn asumsi klo kondisi network traffic semua operator kartu gsm/cdma normal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *