Pungli atau penipuan???

Pagi ini rumah kost2an gue di bel dan tiba2 ada suara orang yang ngetok2 palu di depan rumah. Ternyata orang tersebut sedang memasang box buat meteran listrik. Orang tersebut ngakunya dari PLN dan katanya pemasangan box meteran itu wajib dan harus bayar. Dia cuma ngebel pintu dan ngasih kuitansi kuning dan disitu tertera bayarnya biaya pemasangan 5000 perak, tapi…harga boxnya itu dong 50 rebu bo!! gile benerrr..

Temen gue langsung turun tangan dan bilang : “Pak kenapa langsung dipasang? ini kan tempat kost, kita harus tanya dulu ama yang lain punya duit atau nggak dan biasanya yang gitu sih kita diurus sama yang punya rumah.” Si Bapaknya cuma cengar cengir dan bilang : ” Tapi ini wajib loh dari PLN nya” (tanpa menunjukkan tanda bahwa dia orang PLN) .Temen gue tetep bilang kalo kita ga punya duit karena kemarin baru bayar uang listrik. Akhirnya…mungkin si Bapak menyadari kalau dia ga akan menang, dia mencabut lagi box meteran listrik yang sudah hampir terpasang dan pergi.

Weleh-weleh…gue heran aja itu jenis pungli atau..penipuan yah? Gue inget dulu di rumah gue di Medan juga pernah begitu. Box nya mending bagus, itu jelek banget lagi. Tapi…waktu itu gue lupa bayarnya berapa. Tapi kejadiannya persis gitu. Orang tersebut main pasang aja dan ngomongnya sih dari PLN (tapi tetep ga ada identitas orang PLN) . Sebenernya kalo harganya sesuai dengan tampilannya sih mungkin gpp aja, tapi itu…wah jeleknya minta ampun gitu loh! Ogah banget kalo harus bayar 50 rebu :p

1 thought on “Pungli atau penipuan???”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *