Sweeping Warnet, Linux, Wine, Cedega

Sebagai penganut (duh kayak agama aja) gerakan Open Source (sebenarnya saya lebih ke Free Software sih), belakangan ini banyak yang nanya soal Linux, dan aneka software gratis lain.

Banyak yang nanya: make Linux susah nggak sih? terus Officenya (OpenOffice) gimana? gampang dipakai nggak? kompatibel nggak sama Microsoft Office?

Jawaban singkatnya: sebenarnya Linux sudah sangat mudah dipakai (terutama distro baru), untuk sebagian orang yang hanya memakai komputer untuk mengetik dengan Word dan Excel, beralih ke Linux cukup mudah (yah mungkin harus membiasakan diri dengan menu yang berbeda, baik di Linux maupun Open Office). Dokumen OpenOffice sudah 90% (menurut saya) kompatibel dengan Microsoft Word (asal jangan memasukkan object aneh aja, atau memakai font yang tidak umum).

Tapi bagi sebagian orang yang memakai software Windows tertentu, mungkin gantinya di Linux tidak ada, dan kalaupun ada mungkin tidak sama, mungkin pendekatannya untuk menyelesaikan masalah sangat berbeda (Gimp vs Photoshop contohnya), sehingga menyulitkan untuk dipelajari. Kalo Anda mau sedikit meluangkan waktu, banyak software open source yang lebih baik dibanding Windows (biasanya dokumentasinya saja yang kurang).

Pertanyaan terbanyak adalah mengenai tempat rental game. Untuk rental game online atau multiplayer, ada yang namanya cedega dari transgamming yang bisa menjalankan sebagian besar game Windows di Linux (Termasuk game 3D yang memakai DirectX). Tapi … licensenya komersial (Anda harus bayar, meski cukup murah), dan Anda Tetap Harus Membeli Game Resmi (kecuali client untuk game online yang gratis tentunya). Berpindah ke Linux, memakai Wine/Winex/Cedega tidak menyelesaikan masalah kalo game yang dipakai tetap bajakan (tetap bisa di sweeping sama polisi nakal :p)

Mengenai Wine (semacam emulator Windows) di Linux, saya mau share sedikit. Wine adalah proyek open source, tapi ada beberapa percabangan dari Wine ini. Site Wine resmi ada di http://www.winehq.org, yang ini murni gratis, tapi kompatibilitasnya dengan Windows cukup jelek (ini juga yang saya pakai saat ini, cukup lumayan untuk menjalankan Internet Explorer, Word Viewer, Excel Viewer, Power Point Viewer, Compiler HCARM untuk proyek saya, Merriam Webster Dictionary, dll).

Ada lagi yang namanya CrossOver Office produk komersial yang bisa menjalankan aplikasi Microsoft Office dan sebangsanya (=aplikasi, bukan game) di Linux. Produk ini cuma cocok digunakan menggantikan Windows (License ms office lebih mahal lho dari Ms Windows) alias mengurangi dana untuk membeli license Windows.

Dan yang terakhir ya Cedega tadi, ini terutama untuk menjalankan game di Linux. Sebenarnya ada juga versi Wine yang lain yang kurang populer, seperti rewind yaitu versi Wine yang bisa gratis digunakan termasuk untuk komersial.

Oh iya, harap diingat bahwa banyak produser game yang sudah membuat versi Linux native (tidak perlu emulator, dirancang untuk berjalan langsung di Linux) untuk game mereka: coba lihat di sini:
http://www.icculus.org/lgfaq/gamelist.php?license=commercial
, beberapa di antaranya adalah Doom 3, Unreal Tournament 2004, Quake 3, dll.

Demikianlah segala hal mengenai Linux, Wine, dan Sweeping. Kalo ada yang mau berkonsultasi soal software gratis di Linux silakan aja posting komentar atau kirim email langsung.

8 thoughts on “Sweeping Warnet, Linux, Wine, Cedega”

  1. maap saya gak ngerti sama sekali…btw…itu tagboard yang lama ris…cuman yah bgitu..sering banget error sampe busa complain ke host-nya…hiks..

  2. Gue pake mandrake di Warnet 7PC gue, lumayan lho. Kunjungan pelanggan dah hampir balik ke persentase yang baik.

    Internet browser pake Mozilla, icon di desktop disamarkan seperti IE. Chating IRC pake KSIRC, icon desktop disamarin juga. Yahoo!Messengger pake Gaim 0.79 dah bagus, buat chat room, atau instan message. mandrake 9.1 Gaim nya masih 0.5 jadi mesti cari upgrade di sourceforge. Pernah coba pake mIRC pake wine bawaan Mandrake kadang berhenti. Lagian mIRC harganya $40.

    Server pake Mandrake 10 cukup untuk mengenali hampir seluruh FlashDisk USB, print pake c43SX, CDRW LiteOn, dan share NFS untuk data yang akan dikirim ke SERVER.

    Spek komp client, pII 350 builtup 2nd RAM 96 HD 1,5G dah memadai. Kalo pIII 667 RAM128 kenceng banget.

    Moga-moga bisa bantuin teman-temen.

  3. menurut saya distro yang paling pas buat warnet ya ligos, bayangin aja udah ringan, fitur-fiturnya lengkap pula mulai dari : Mozila firefox, opera, x-chat, gaim, gyatch, adobe reader, open office, dll. udah gitu penampilannya seperti windows xp jadi tinggal kita oprek sedikit jadi deh linux rasa xp 😆 hehehe

  4. mau nanya nih,kalo game2 online kayak SEAL,pangya,ayodance,ato yang lain2 yang banyak di warnet,bisa dipakai di linux ga kalo pake WINE ini?
    ato mungkin bisa pakai software lain yang open source juga ?
    thanx n tolong direply di e-mail saya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *