Tahun Baru 2006 : mari memasak

Cerita tahun baru mungkin sudah berlalu, tapi ga salah dong bagi-bagi resep spaghetti. Gue gitu loh, ga pernah masak :P. Kalau ada yang merasa bumbunya perlu di tambahin kasih komen saja ya.. Resep ini sudah diuji coba di dapur gue menyambut 2006, beberapa teman sudah menjadi tester, katanya sih…ga kalah dengan yang di jual 😀 (sayang…kemaren lupa di foto)

Penasaran?…buktikan sendiri deh 😀

Spaghetti (untuk 3-4 orang)

Bahan
1 Bungkus Spaghetti (250 gr)
Daging giling 150 gr
sambal pedas 1 btl kecil
saos tomat 1 botol sedang atau 2 botol kecil
keju kraft 1 batang
jamur kancing 150 gr
Bawang bombay 1 bulat yang sedang
bawang putih secukupnya (kira-kiradua genggam tangan)
jahe, lengkuas, merica secukupnya
saos tiram, kecap inggris secukupnya


Cara memasak saos spaghetti:

bawang putih di keprok lalu di iris kecil-kecil
bawang bombay iris tipis-tipis
parut jahe dan lengkuas
iris bulat jamur kancing
parut seperempat keju

panaskan minyak, masukkan irisan bawang putih
setelah wangi masukkan irisan bawang bombay, parutan jahe dan lengkuas
masukan irisan jamur kancing
setelah wangi masukkan daging giling yang sudah tidak beku
tutup sebentar sampai daging matang
tambahkan saos tomat, saos kecap, merica, kecap inggris, saos tiram dan keju parut dan garam sedikit
aduk-aduk sampai mendidih dan tingkat kekentalan yang diinginkan

cara memasak mie spaghetti
rebus air sampai mendidih
masukkan minyak goreng/blueband secukupnya
rebut sebagian-sebagian mie(jangan terlalu banyak)
diaduk tapi jangan sampai patah
diamkan selama 20 menit (kira-kira sampai cukup lembut)
angkat, siram dengan air dingin.

Sekarang siap untuk dihidangkan, agar lebih nikmat tambahkan lagi parutan keju sesuai selera…

Oh ya, selain masak spaghetti gue juga bikin puding buah, tapi resep puding buahnya kapan-kapan kali ditulis, abis gampang banget sih.

2 thoughts on “Tahun Baru 2006 : mari memasak”

  1. hyaaa hare gene baru masak spageti 😀
    ini adalah menu pertama yang bisa gue masak waktu gue belajar masak heuheuheu

    but anyway, mungkin resep elu bukan resep italiano ya….
    Kayaknya orang italia kalo bikin spageti gak bakalan pake jahe / lengkuas tuh 😀

    Kalo resep gue, asli tanpa dua itu, tanpa kecap inggris/saos tiram.. hanya eh hanya..
    dirimu melewatkan suatu hal yang penting…
    DAUN OREGANO!!!!
    itu yang bikin spageti jadi wangi…

    Dan mie spagetinya kalo udah lu rebus, diangkat, harus dicampur2 dg blue band, biar dia ga lengket satu sama laen…

  2. :shock::shock: aku seneng ngomongin spageti…. tapi lucunya aku gak bisa bikin spageti mungkin dengan resep yang anda kasih ini saya berencana mau bikin spageti tapi di sini sulit untuk mendapatkan sebagian bahan2nya…. soalnya di daera arab ini yang ida bumbu2 ala hindi dan afganistan……………..so gak masalah kalo spageti anda ini bukan itali banget tapi saya salut. anda mau nunjukin khas indonesia food……..indonesia harus kita agungkan dari negara lain gitooooooo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *