Mahalnya internet di kota ini…

Sejak tidak adanya penawaran flat gprs dari provider selular yang memberikan harga murah seperti dulu (gratis atau sebulan 25 rebu) rasanya pencarian untuk internet murah tidak ditemukan juga selain nongkrong di hotspot melsa(yang biasanya harus merogoh kocek buat makanan dan minuman yang akhirnya jatohnya mahal juga) atau nongkrong di kampus (yang artinya harus berjalan kaki atau naik angkot kalau lagi malas jalan kaki). Beberapa hari ini sedang menjajaki beberapa alternatif yang tersedia di Bandung.

1. Melsa kabel, sebulan 690.000, pendaftaran dsb ga inget lagi, tapi jelas a big no no
2. Terasnet, sebulan 350.000, startup 2.3 jt, bisa disewa dengan minimal kontrak setahun, sewa alat perbulan 250 rebu, atau cicil alat selama 5 bulan, dicicil sebulannya sekitar 500 rb, dihitung-hitung jatohnya masih lebih murah dari melsa tapi…tetep aja untuk setahun pertama masih diatas 500.000 untuk alternatif beli, sewa ataupun cicil ga lebih baik
3. Quasar cyber koloni, sebulan 275.000, startup ada yang 1.6 jt, tapi untuk pemakaian laptop 2.6-2.75 jt. Biaya perbulannya sih masih mendekatai flat rate matrix yang terakhir, tapi…startupnya kok terasa berat yah…, masih memikirkan apakah alatnya bisa dijual lagi dsb dst.

Belakangan ini gue make internet dirumah menggunakan mobile8 dan kadang-kadang centrin-mobile8. Masalah dengan yang sekarang adalah : mobile8 saja berarti itungan perkilo-byte, ga bisa browsing-browsing seenaknya, ga bisa download-download (karena selain mahal juga lambat banget) dan setiap bulan gue harus mengisi kartu fren gue minimal 50 rebu supaya tetep aktif. Memakai centrin-mobile8 sedikit lebih cepat, bisa browsing dan download (walaupun ga cepat-cepat banget), tapi masalahnya adalah hitungannya perwaktu, dan biayanya bisa lebih mahal dari telkomnet instan.

Alternatif telkomnet instan ga lebih baik, lagian di kost gue juga ga boleh. Kalaupun misalnya pake langganan unlimited (terakhir yang gue tau ada yang nawarin sebulan datanya 75 rebu tapi masih pake biaya telpon) artinya … biaya telepon lokal sejam sekitar 3000, 24 jam = 72.000/hari, sebulan = banyak!

Ada gak yah layanan internet buat dirumah yang murah, setidaknya perbulan ga lebih dari 300ribu dan biaya awalnya ga sampe juta-juta gituh :(. Kalau ada yang tau, kasih saran ke gue yah.

8 thoughts on “Mahalnya internet di kota ini…”

  1. hello… ada alternatif lain buat flat gprs tariff. pake xplor 5
    orang sekantor trus daftar ke XL utk dapat fitur Unlimited Internet
    Access. tarifnya 200 ribu sebulan. kak risna migrasi aja kartu bebasnya
    ke xplor trus cari 4 orang lagi.
    nfo lengkap, call 818. GBU.

  2. Udah pernah telp 818 terus di jutekin, katanya kudu pake corporate dulu! Udah pake xplor kok dari dulu juga, tapi ya gak corporat. Itu syaratnya hanya sekantor atau gimana El?

  3. koq kedengarannya yg trijaya di atas rada mirip quasar yak..
    pake bli alat yg mahal2 lagi gak??
    ntar kalo udak nyoba, testi yak??? 🙂 (sori, ikutan nebeng.. berasa di forum)

  4. internet di indonesia yg murah dan bagus gak ada, yg murah lumayan ada. untuk awal memang kudu ada investasi dulu, selanjutnya baru kerasa murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *