After Sales Service

Gue sering mengalami kekecewaan dengan sales dari produk yang gue pakai. Seringkali disaat mereka menawarkan produk mereka, mereka sangat gigih menghubungi dan membujuk untuk mencoba produk mereka. Tapi biasanya setelah gue menjadi pelanggan, sang sales akan segera melupakan semua janji surganya. Ada beberapa yang gue komplain dan setelah gue komplain mereka menjadi lebih baik ke gue, tapi…banyak juga yang tidak berubah dengan beranggapan: “Lu kan masih butuh kami, take it or leave it lah.”

Coba cari di buku marketing manapun, pasti tidak ada yang mengajarkan sales untuk menelantarkan pelanggan. Tapi untuk sales yang berorientasi target setoran, mereka cenderung tidak peduli dengan after sales service, mereka lebih peduli dengan jumlah pelanggan yang berhasil mereka dapatkan dan tentunya bonus yang mereka peroleh setiap ada pelanggan yang berhasil mereka tipu daya. Maaf buat orang-orang yang bekerja sebagai sales, gue bukan sedang merendahkan pekerjaan sales, gue akui pekerjaan sales adalah pekerjaan yang berat (dan sebaiknya kalau menguasai jualannya dengan baik). Gue hanya ingin mengingatkan kalau kamu adalah seorang sales, jadilah sales yang baik, yang tidak hanya membujuk orang menjadi pelanggan, tapi masih tetap bertangung jawab kalau ada masalah dengan pelanggan tersebut.

Beberapa produk yang salesnya mengecewakan dan tidak berubah dengan komplain dari gue, sudah ada yang gue tinggalkan beberapa. Saat ini gue juga sedang kecewa dengan sales yang membalas pertanyaan gue dengan : “Maaf ya saya sedang cuti, silakan hubungi kantor pusat”. Atau dengan jawaban: ” tidak tahu” dengan tidak mencoba mencari tahu. Apa salahnya sebagai sales menghubungi kantor terlebih dahulu lalu memberi kabar sesuai pertanyaan yang ditanyakan, atau mencari tahu jawaban dari pelanggan, dan jika tidak ada seorangpun yang tahu artinya hal tersebut perlu dibawa ke meeting (karena pertanyaan itu mungkin saja akan timbul dari pelanggan yang lain).

Kalau gue puas dengan produk tertentu, tanpa dibayar gue bisa jadi sales dari produk itu, tapi…kalau gue dikecewakan terus menerus, jangan harap gue mau jadi sales produk itu, bahkan gue akan memperingatkan orang lain yang ingin bergabung untuk lebih baik memilih produk lain. Dan gue rasa bukan cuma gue yang begitu, semua orang pasti begitu. Promosi yang paling baik dan tanpa bayar adalah promosi dari orang ke orang. Jika kamu adalah seorang sales, harap perhatikan pelanggan-pelangganmu. Jangan kecewakan kami, maka kami akan merekomendasikan kamu menjadi sales dari produk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *