Hati-hati dengan metode “Segitiga Kehidupan” untuk gempa

Mungkin banyak di antara teman-teman yang menerima email yang berisi informasi mengenai “segitiga kehidupan” untuk menghadapi gempa. Sayangnya email ini tidak/kurang benar.

Informasi lengkap bisa diakses di sini: http://snopes.com/crime/warnings/triangle.asp

Secara singkat begini:

  1. Metode ini belum terbukti benar (walaupun sebagian dari 10 nasihatnya tidak salah). Satu-satunya “eksperimen” metode ini adalah yang dilakukan oleh Doug Copp, dan inipun tidak bisa disebut “eksperimen” karena tidak mensimulasikan gempa yang sesungguhnya. (jika Anda ingin bukti lebih ilmiah, silakan baca ini).
  2. Dog Copp bukan orang seperti yang digambarkan di slide yang dikirimkan ke aneka milis. Orang ini kurang dapat dipercaya (segala pengakuannya mengenai penyelamatan, dll adalah tidak benar), dan bahkan he is under investigation by a U.S. Department of Justice fraud unit.

Jika Anda ingin informasi yang benar mengenai cara menghadapi gempa, sebaiknya Anda membaca dokumen yang dikeluarkan oleh Palang Merah Internasional di URL berikut ini:

http://www.redcross.org/services/disaster/0,1082,0_583_,00.html

atau yang dikeluarkan oleh FEMA (Federal Emergency Management Agency):

http://www.fema.gov/hazard/earthquake/eq_during.shtm

(ada banyak halaman di bagian Earthquake, termasuk juga apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah gempa).

Saya tahu bahwa banyak orang yang memforward informasi mengenai segitiga kehidupan tersebut berniat baik. Namun sayang sekali jika ternyata niat baik tersebut justru menimbulkan lebih banyak korban dari yang seharusnya.

Tolong beritahu entry blog ini kepada teman-teman Anda yang mengirimkan dan/atau menyebarkan slide power point mengenai Triangle Of Life/Segitiga kehidupan. Oh iya, jangan lupa mencari info lebih banyak di Internet mengenai gempa dengan kata kunci earthquake preparation, dan cross cek informasi yang didapat dengan aneka situs lain.

3 thoughts on “Hati-hati dengan metode “Segitiga Kehidupan” untuk gempa”

  1. pantesan…agak curiga c….dengan email itu…secara logika ada yang masuk dan tidak…trus stimulasinya pakai boneka….jadi tambah ragu d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *