Prosedur CS XL

Manusia menciptakan prosedur untuk mempermudah suatu kejadian yang mungkin dilakukan lebih dari sekali. Ada beberapa prosedur, prosedur yang benar-benar sama, atau prosedur yang memiliki sedikit perbedaan. Jika memungkinkan perbedaan itu di jadikan parameter. Yang jelas prosedur itu seharusnya diciptakan bukan untuk mempersulit kerjaan deh. Oke enough about that stuff.

Hal yang ingin gue sampaikan adalah kejadian dengan XL Centre 818 yang biasanya jadi bener setelah gue marah-marahin via telp. Tanggal 27 November kemarin mereka melaunch Paket Data Xplor 3G dengan paket pilihan berlangganan bagi pelanggan yaitu Paket MEGA Data Rp 99.000/bulan dengan gratis 250MB dan paket GIGA Data Rp 499.000/bulan gratis 3GB. Dibandingkan dengan paket xplor data power sebelumnya yang dimiliki XL untuk pemakaian data. Progam baru ini lebih menarik, terutama paket MEGA Data, penawaran harganya dapat dijangkau kantong, datanya dapat banyak lagi. Jadi setelah tau berita itu, maka gue langsung buru-buru daftar ke XL Centre di Jl. Martadinata Bandung.
Oh ya sebelum ke XL Centre, berhubung gue blum punya handphone 3G, gue pingin memastikan apakah pemakaian data itu cukup dengan hp yang bisa gprs saja. Tanya punya tanya, coba ke 818 ada 2 jawaban yang berbeda (gue ulang telepon karena ga yakin dengan jawabannya). Ternyata di XL Centre sendiri mereka masih bingung-bingung gitu. Akhirnya setelah diyakinkan bahwa itu hanya namanya saja menggunakan 3G, pada dasarnya datanya lewat gprs (ini sesuai dengan dugaan gue dan Joe) maka gue mendaftarkan diri untuk mengambil paket yang Mega Data tersebut. Katanya sih baru akan diaktifkan setelah tanggal cetak (yaitu tanggal 4 bulan baru karena perhitungannya bukan prorata).

Tanggal 4 Desember kemarin gue cek ke 818 apakah sudah aktif atau nggak. Ternyata…katanya belum, disuruh menunggu sampai jam 12 siang atau tanggal 5 paling lambat, oh ya sebelumnya mbak 818 bertanya gue daftar di xl centre mana dengan siapa dan apakah sudah mengisi form, jawabannya jelas blum ada form karena pas gue daptar aja mbak2 di xl centre masih bingung2 gitu, terus gue cuma di data aja beberapa hal, dan gue juga lupa dengan siapa gue berurusan.

Tanggal 5 gue cek lagi via 818 katanya belum, kemungkinan gue baru aktif bulan depan kalau baru urus tgl 5. What!! gue langsung ngedumel dengan mbak2nya karena dia bilang ga bisa didaftarkan via telepon tapi harus ke xl centre (yang notabene akan diurus di pusat) karena itu prosedurnya. OMG kepentok prosedur deh…(mbak yang ini nanya juga apakah gue udah isi form atau tidak). Yang paling ngeselin pas gue tanya: mbak gimana caranya saya mengecek sisa pemakaian kalau saya jadi daftar paket mega data itu? dia jawab: belum ada prosedurnya. Gue waktu itu semakin kesel bilang: ah itu mbak aja yang belum tau!! (Belakangan gue cari tau sendiri dengan membaca form pendaftarannya ternyata ada, caranya ketik GRATIS atau FREE kirim ke 9767 , benerkan gue!). Kesel rasanya berurusan dengan CS yang kurang menguasai apa yang dia jual, dan cape rasanya jadi customer yang cerdas tapi di bego-begoin (wuih jadi narsis).

Akhirnya gimana? Beberapa jam setelah gue mengomel ke mbak2 CS di 818, mbak2 tempat gue daptar tgl 27 kemarin telp. Katanya…maaf mbak, paket data mbak statusnya belum aktif, karena…saya…kelupaan (dengan suara yang lebih pelan dari sebelumnya). Mau diaktifkan bulan depan saja atau hari ini? (hampir aja gue marah kalau dia ngomong ga pake lanjutan). Gue ga jadi marah, gue bilang aja: ya hari ini lah mbak, saya tunggu kabarnya segera ya. Dia berjanji nelpon segera setelah diaktifkan. Anyway..memang kalau mau launch sesuatu itu seharusnya semua xl centre udah disiapin (termasuk formnya). Mungkin aplikasi gue kelupaan dikirim karena itu merupakan produk baru yang otomatis ada penambahan prosedur. Tapi seharusnya lupa tidak termasuk dalam komponen prosedur.

Hari itu juga, tanggal 5 gue sudah memakai paket mega data xplor tersebut. Untuk cerita pengalaman memakainya akan gue posting terpisah biar tulisan ini tidak terlalu panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *