Cyber Colony Quasar Mengecewakan

Bulan Mei 2006 yang lalu, dengan berbagai pertimbangan kebutuhan akan akses internet, kami berlangganan cyber colony dari Quasar karena tertarik dengan informasi yang ada di situsnya. Kami menghabiskan dana sebesar 2.875.000 untuk biaya paket standard Grid dan berlangganan bulan pertama. Jumlah yang cukup besar, tapi mengharapkan besar juga.

Akan tetapi.. sampai sekarangpun kami masih merasakan kekecewaan dengan pelayanan Quasar, bahkan sejak saat survey sampai maintenance. Berikut kronologisnya.


1. Survey menyatakan kami bisa membeli antena parabolic seharga 1.650.000, tetapi saat kami mendaftar katanya antena itu kurang baik untuk lokasi kami, katanya jika pasang yang Grid pasti koneksi lebih baik dan terjamin lancar. Makanya jadi beli antena Grid yang seharga 2.600.000

2. Proses Instalasi yang tidak profesional

  • Janji pemasangan dalam minggu yang sama setelah bayar, tapi ditunda beberapa kali. Sampai saya harus ngomong agak keras baru mereka terpaksa datang.
  • Orang yang dikirim ke rumah untuk instalasi tidak mengerti apa yang dikerjakan dengan baik (teknisi yang bisa manjat atap, masang tiang, jalanin instalasi dengan mengikuti panduan next, tapi tidak bisa menjawab pertanyaan end user kalau tidak ada dalam FAQ).
  • Berhubung yang datang sendirian dan naik motor, untuk memudahkan membawanya mereka(atau mungkin dia sendiri) inisiatif motong tiang yang jatahnya 3M menjadi 2 bagian. Lalu setelah dipasang ga bisa konek juga karena alasan antena kurang tinggi dan tidak tepat menghadap ke access point. Nah salah siapa kalau begitu. Mereka juga mengharapkan user yang menyediakan tiang tinggi kalau diperlukan, ketika ditanya di mana saya bisa membeli/memesan tiang seperti yang dimaksud, jawabannya: itu dicari sendiri oleh pelanggan. OMG..masa sih mereka ga punya alternatif solusi? aneh sekali. Akhirnya instalasi tidak selesai dalam waktu 1 hari, mereka datang lagi keesokan harinya dengan membawa sambungan dari tiang yang dibagi itu dan diikat secara manual. Itupun koneksinya tidak langsung berhasil.
  • Orang yang datang tidak punya tools yang dibutuhkan untuk bekerja (gunting, colokan sambung, bawa handphone lowbat tanpa membawa charger terus pake acara pinjam charger nokia (lha kalau gue ga pakai nokia gimana, jangan-jangan minta pulsa juga tuh)).
  • Pada saat mendaftar berlangganan (saat bayar) kami sudah bertanya apakah bisa disetup di OS Linux? dijawab bisa. Tapi orang yang dikirim ke rumah hanya bisa instalasi di MS Windows. Kami sudah bersikeras untuk mengirim orang yang bisa Linux, tapi jawabannya semua orang sibuk. Kami minta dikirimin driver WLAN PCI nya saja kalau begitu, itupun masih salah, akhirnya harus nyari sendiri. Walau mereka datang berkali-kali untuk instalasi, mereka tetap tidak menyediakan orang yang bisa linux untuk instalasinya, akhirnya Joe yang ngeberesin.

3. Kecepatan yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan

  • pemakaian tengah malam pun super lambat (terlalu banyak faktor x untuk menjawab kenapa lambat, mulai dari noise, interferensi, pohon, gedung tinggi, antena kurang tinggi sampe masalah kabel kepanjangan). Padahal kita sudah membeli antena yang lebih mahal dengan janji pasti lebih baik 🙁
  • kecepatannya bahkan lebih lambat dari akses cdma/gprs menggunakan hp sebagai modem, kalau seperti ini namanya bukan unlimited, tapi very limited, mau donlot ga bisa, mau browsing juga ga bisa,selalu disarankan hanya membuka satu site pada satu waktu (Oh my god), untuk donlot harus selalu dipause setiap 1MB selama 10menit, bisa-bisa kerjaan nungguin pause melulu dong mas.
  • sistem phantom yang tadinya ingin dipakai untuk mendeteksi ataupun membatasi pelanggan agar mendapat jatah yang adil jadinya = sama-sama ga bisa konek sekalian
  • bts sering down ataupun maintenance tanpa pemberitahuan kepada pelanggan.

4. After sales service untuk barang habis garansi baru seminggu tetap tidak ada

  • Ceritanya WLAN PCI Cardnya bergaransi 4 bulan (sampai Agustus), dan entah kenapa barang yang dari Quasar rusak awal September. Mungkin memang umur barang2nya cuma selama garansi aja kali ya. Lapor ke Quasar untuk tindak lanjut, dijawab: oh sudah tidak garansi lagi jadi kami tidak bisa memberi service. Saya tanya lagi, solusinya apa dong? saya bisa beli lagi ga dari Quasar? jawabannya: Quasar tidak menjualan kalau WLan PCI cardnya saja, silahkan beli sendiri, nanti dibantu instalasi. Akhirnya beli sendiri dengan harga beberapa ratus ribu. Pemasangan manggil orang Quasar tetep aja gagal (padahal mereka ada 4 orang).
  • Koneksi sampai sekarang masih byar pet. Kadang cepat pada jam 4 pagi sampai jam 7 pagi (waduh ini sih bukan unlimited 24 jam namanya).

Dengan berbagai keluhan seperti diatas, dan adanya tawaran yang lebih murah dari XL (dengan harapan lebih baik) akhirnya kami memutuskan akan segera berhenti berlangganan Quasar. Tapi sekarang yang jadi beban adalah antenanya mau dikemanain? Kami ga tau mau dijual ke mana. Jika ada yang kebetulan membaca ini tertarik untuk membeli antena Grid seperti spesifikasi yang ada di situs quasar, silakan tinggalkan alamat email yang bisa dihubungi di blog ini, kami akan menghubungi Anda lagi. Kalau nanya mau jual berapa? kami juga belum tau…ada yang bisa kasih input?

10 thoughts on “Cyber Colony Quasar Mengecewakan”

  1. Wah senasib nih kayanya. Saya sudah sekitar 3 bulanan. Malah buat antena nya saya kena 3,7 juta! Antena nya beda, karena saya tingggal disekitar Husein. Katanya kejauhan dari antena mereka. Buat masang saya kena beli dudukan 25o ribu (bayar ke karyawan nya pribadi). Supportnya memang parah, tiap telpon selalu pake acara marah2.
    Sampai hari ini, hampir selalu dalam kondisi super lelet bagaikan pake dial up. Saya ukur selalu dibawah 20 Kbps. Padahal janji nya “up to 256 Kbps”. Kalo diprotes soal 256 Kbps itu, jawaban nya selalu: kan “up to” pak … ampuun. Lha mbojk jujur aja up to nya 30 Kbps kek …
    Bagaimana kalau kita para pelanggan berkumpul? Supaya ada bargaining position. Kalau perlu kita “class action” (eh emang class action apaan?)gitu … Kayanya perlu ditulis di surat pembaca PR biar gak ada korban lagi.

  2. coba kalau masih ada antenna nya mas how much ???? setelah saya baca. memang kita sangat kurang profesional sekali, hanya bisa ngomong dan tidak tau apa yang akan di perbuat. good o know. tadinya saya mau pakai quasar tuk isp warnet aku, thank’s much friend. keep doing it.

  3. 👿 bener banget tidak professional abiz, saya setuju dech supaya masukin ajah ke surat pembaca PR biar mereka tahu rasa, mau enakna ajah tapi pelayanan kosong melompong (tong kosong nyaring bunyinya) busyet dah Qta rugi abizz…..:evil:

  4. gw baru daftar di mobilequ colony…uddh 5 hari kartu xlnya aktif…
    tapi gila…ampe detik ini pu masih belom bisa konek…
    dikirim e-mail dibilang mau konfirmasi,ditelp,katanya mau ditanyakan ke tehnisi…
    ya alllah ginikah caranya org cari duit??

  5. sampai saat ini sih aku masih baik2 saja tapi….semoga tidak tertimpa kejadian seperti ini…

    btw antena gridnya masih ada? dijual berapa

  6. mas masih ada ga antena nya?
    kebetulan mau pasang quasar neh..
    tolong langsung hub ke 085659202116 ya
    makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *