Info Tambahan Mengenai Paket Data 3G XL

Berikut ini rangkuman info yang mungkin berguna:

  1. Nggak perlu punya HP 3G untuk bisa memakai paket ini, tidak perlu beli data cardnya (jangan percaya omongan orang di outletnya)
  2. Jika hanya ada signal 2G, maka koneksi akan berjalan seperti biasa, agak lambat
  3. Jika ada signal 3G dan HP mendukung 3G, maka koneksi Internet akan sangat cepat (sampai dengan 1mb/menit atau sekitar 133 kbit/s, menakjubkan)
  4. Di tempat tertentu (misal daerah Masjid Citarip, Kopo), kadang-kadang 3G bisa hilang dan muncul (misalnya 3 hari muncul, sehari tidak, atau tiga hari tidak muncul, sehari muncul). Jika ingin menggunakan 3G untuk Video Call, pastikan signal di tempat itu selalu konstan (kasihan kalo niat beli buat pacaran, tapi sering gak ada 3G)
  5. Pengalaman menunjukkan bahwa mendownload data besar akan putus pada 20-30 mb, untuk download biasa tidak apa-apa jika bisa diresume, jika mendownload sesuatu yang tidak bisa diresume, ini akan mengesalkan (misalnya ingin mengupdate Firmware M600i)
  6. Tips: cek pemakaian data sampai hari kemarin dengan mengirim pesan “Free” ke 9767
  7. Sepertinya tidak ada port yang diblock, port-port berikut ini sudah dicoba dengan pasti: IMAP dan POP (secure dan non secure), SSH, dan Bittorent.

PS: meskipin ada smsqta.com kami lebih memlih Agile Messenger, karena bisa digunakan untuk chat dengan siapa saja yang punya Yahoo Messenger, MSN, atau Google Talk (hampir semua orang punya setidaknya salah satu). Agile juga merupakan aplikasi native Symbian (bukan Java), sehingga lebih efisien, dan bisa memberi notifikasi dari latar belakang.

Semoga info-info tersebut berguna.

7 thoughts on “Info Tambahan Mengenai Paket Data 3G XL”

  1. kualitas video 3G XL sepertinya kurang bagus 🙁
    pernah saya coba nonton SCTV(mobileTV)hasilnya HP saya hang ga bisa keluar ataupun masuk… 🙄
    berbeda ketika saya menggunakan telkomsel, saya bisa nonton SCTV..awalnya saya kira HP saya. sekedar informasi, HP saya Nokia seri 6280. tapi kenapa untuk telkomsel masih bisa?
    mas, ada ga seh software untuk mengetahui kualitas gambar, degradasi warna atau birate dari video call, video streaming ataupun TV mobile??
    kalo ada saya minta ya mas… 😳
    makasih sebelimnya…. 😛

  2. tolong yo mas, nek bisa dijawab end ga pake lama.
    sory rodo mekso…
    soale aku bener2 butuh je!!! 😆

  3. Telkomsel TV-nya pake sistem seperti Video Call (circuit switched gak pake packet switched), jadi kemungkinan settingnya salah sehingga gak bisa nonton pake XL.

    Saya tidak tahu software untuk keperluan yg Anda maksud (kemungkinan ada, tapi saya lagi males nyari).

  4. Aku mau komentari smsQta yang dibandingin dengan agile messenger, ya jelas beda dong karena satu fungsinya chatting satu lagi buat SMS 🙂
    kalo mau yang chatting, coba ke http://chatQta.com konon info dr webnya sih masih saudara kandung tuh smsQta dan chatQta ….
    aku dah chat ama yang buat…dan emang dia memisahkan kebutuhan antara chat dan SMS 🙂
    paling tidak smsQta.com dan chatQta.com adalah kreasi anak negri hehehehehe

    aku pakai chatQta dan smsQta ..so far sih aku puas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *