The Bourne Ultimatum

Bourne UltimatumFilm ini diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Robert Ludlum. Sebelumnya pada tahun 1988 pernah dibuat seri televisi The Bourne Identity yang dibintangi oleh Richard Chamberlain. Film ini merupakan kelanjutan dari film The Bourne Identity (2002) dan The Bourne Supremacy (2004) mengisahkan kehidupan seorang penderita amnesia bernama Jason Bourne (diperankan Matt Damon) yang pekerjaannya adalah membunuh orang yang diperintahkan untuk dibunuh tanpa dia tahu siapa dan kenapa orang tersebut harus di bunuh lalu dia mendapati berikutnya dialah yang menjadi target.

 

Dalam 2 film sebelumnya dikisahkan, karena kematian kekasihnya, Jason Bourne memiliki kesadaran terpendam untuk tidak lagi melakuan pembunuhan yang diperintahkan kepadanya. Dia mulai mempertanyakan siapa dirinya sebenarnya dan ternyata dia tidak mengingat masa lalunya. Usaha untuk mengembalikan ingatan tidak mudah karena dilakukan sambil melarikan diri dari orang-orang yang ingin membunuhnya.

Dalam film The Bourne Ultimatum kali ini, sedikit demi sedikit dia sudah bisa mengingat asal mula dia bekerja menjadi pembunuh. Dia menyusuri jejaknya sejak penugasan pertamanya. Dia berusaha meminta maaf kepada keluarga korban yang pernah dia bunuh. Tetapi usahanya untuk mengungkap siapa dirinya sebenarnya tidak mudah, karena dia merupakan buron yang dikejar oleh pihak CIA. Dia berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain dan dari satu kota ke kota lain. Tidak pernah lama berada di satu tempat.

Film ini menarik dari segi psikologis dan juga dari segi actionnya. Pengambilan adegan yang selalu bergerak (yang menurut saya kadang agak mengganggu), sudut pengambilan gambar yang konon katanya membuat efek bahwa Bourne tidak pernah bisa merasa aman dan selalu dikejar-kejar. Dan moral cerita bahwa orang yang dicuci otak untuk menjadi mesin pembunuh bisa bertobat dan kembali menjadi orang baik ketika dia kehilangan orang yang dia cintai.

Untuk Anda yang menyukai wajah ganteng dan aksi baku hantam tangan kosong dari Matt Damon, tentunya film ini akan merupakan film yang perlu ditonton. Kalaupun Anda belum menonton 2 sekuel sebelumnya (atau sudah lupa seperti saya), tidak jadi alasan untuk tidak menonton film ini :).

Pertanyaan yang selalu mengganjal di benak saya ketika menonton film ini adalah: kenapa dia bisa bebas berpindah negara dengan mudah, seharusnya CIA bisa dengan cepat mengetahui dia berada di bandara mana atau naik penerbangan mana atau naik transportasi apapun. Dan pertanyaan lain adalah dia dapat duit dari mana untuk keliling dunia? Mungkin ada penjelasannya di film sebelumnya, tapi belum ada waktu untuk mengulang menontonnya. Ada yang tahu kira-kira jawabannya?

3 thoughts on “The Bourne Ultimatum”

  1. Iya, ada di film yg pertama, Bourne Indentity. Di situ dia punya safety box, isinya uang yang sangat banyak dan 6 buah pasport.

    Moga2 nggak mengganjal lagi. hehehe

    nb. Baru nonton yang pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *