Virtual Machine

Percaya nggak kalau semua sistem operasi ini diinstal dalam 1 mesin iMac yang sama menggunakan Virtual Machine (VMWare). Karena mesin yang digunakan memiliki memori hanya 2GB, gue ga bisa menjalankan semuanya sekaligus. Tapi menggunakan VMWare ini sudah sangat membantu daripada harus beli 5 mesin untuk menginstal semua sistem operasi ini.
XP 32 bit dan 64 bit vista 32 bit dan 64 bit Linux RedHat 32 bit

Oh ya, keuntungan menggunakan virtual machine ini adalah gue bisa punya 2 copy dari sistem operasi yang sama, lalu gue bisa menyimpan “backup” dari sistem operasi yang sudah diinstal untuk menghemat waktu instalasi dikemudian hari. Yang jelas proses instalasi sistem operasi diatas VMWare ini cukup mudah, setting LAN, Audio, USB port dan CD/DVD drive langsung ke detect juga. Cuma sayangnya belum pernah gue buktikan untuk main game 3D sejenis The Sims.

Oh ya keuntungan virtual machine ini, gue bisa capture kondisi saat ini (take snapshot), jadi gue bisa menyimpan semua program yang sudah terinstal dan file-file yang dimilikinya, lalu kalau dikemudian hari terjadi apa-apa, gue bisa kembalikan kondisinya ke kondisi terakhir gue capture snapshot nya.

Virtual machine ini adalah salah satu alternatif untuk mengeksplor berbagai sistem operasi tanpa harus takut menimpa partisi data. Well sayangnya virtual machine ini tidak gratis :(, tapi kalau mau mencoba Anda bisa download versi trial untuk 30 hari. Alternatif lain untuk virtualisasi ini adalah VirtualBox dan Parallel Desktop.

Virtual Box bisa dipergunakan dengan gratis, tersedia untuk Linux, Windows maupun Mac, tapi sayangnya integrasinya dengan Mac masih kurang bagus dibandingkan VMWare. Kalau Parallel Desktop, harus bayar seperti VMWare dan fokusnya Windows banget, satu lagi alasan saya tidak menggunakan Parallel Desktop karena keterbatasan Parallel Desktop yang belum bisa menginstal Windows 64 bit (padahal gue butuh bereksperimen dengan 64 bit juga). Anda bisa memilih mana virtual machine yang sesuai untuk kebutuhan Anda, dalam kasus gue, gue milih VMWare. Untuk mendapatkan info lebih lengkapnya silakan lihat-lihat di Wikipedia :).

1 thought on “Virtual Machine”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *