Movie Point Plus+

Bioskop di Chiang Mai sini punya banyak cara promosi. Selain menerbitkan kartu prabayar yang memastikan orang akan datang untuk menghabiskan uangnya menonton, mereka juga punya sistem Movie Point Plus. Sewaktu membeli kartu prabayar senilai sekian baht, biasanya mereka memberikan hadiah berupa hadiah langsung maupun voucher popcorn, soft drink, upgrade kursi (disini ada beberapa level harga kursi), ataupun voucher belanja kosmetik atau voucher masuk ke fitness center.

Movie Point Plus ini tak lain adalah memberikan bonus tambahan setiap Anda menonton beberapa film. Mereka akan memberikan selembar kartu yang akan ditempelin sticker sesuai jumlah tiket bioskop yang Anda beli untuk ditonton. Tapi mereka punya banyak aturan juga yang mungkin membuat orang akan malas menukar poinnnya.

lamabaru

Kartu yang saya maksud seperti di bawah ini. Kami sudah punya 3 kartu, tapi kartu pertama lupa difoto udah dibuang 😛 .

Mereka memberikan 1 sticker untuk tiap tiket yang kita beli (udah banyak juga ya nontonnya hehhe). Waktu untuk mengumpulkan stiker ini terbatas, misalnya untuk contoh diatas ada yang expired 3 Juli, dan berikutnya 7 Agustus. Jenis stikernya juga secara berkala diganti. Lalu bonusnya bisa berupa popcorn, bisa juga berupa softdrink 2 gelas (tau aja ya bakal nonton berdua), dan juga bisa berupa tiket bioskop untuk 1 film (harusnya 2 dong ya :P).

Waktu pertama kali nukar kupon ini, kami diberitahu kalau kami tidak boleh nonton film yang baru keluar. Jadi harus memilih film yang sudah lebih dari 7 hari diputar. Nah kemarin kami sudah harus menukar koleksi stiker ke-2 kami, tapi kami tidak punya pilihan film lama yang tersisa (keseringan nonton sih). Akhirnya… kurangi sedikit dari yang lama, pindahkan ke yang baru, dan voila kami menukar kupon menjadi popcorn dan softdrink sajah.

Well.. ide ini sebenarnya tidak akan terpikir kalau saja si Mbak bioskop tidak memberikan contoh memindahkan stiker dengan mudah di depan kami beberapa waktu lalu. Oh iya, sebenarnya setiap sticker diberi paraf juga mungkin maksudnya supaya tidak bisa dipindah-pindahkan, tapi mereka terlalu malas untuk menempel kemudian memberi paraf, mereka malah memberi paraf sticker mereka sebelum ditempelin ke kartu pelanggan. Dan parahnya lagi, kadang-kadang mereka meninggalkan counter dengan koleksi sticker yang masih banyak begitu saja. Well well..sungguh ceroboh :p

Anyway, untuk menukar kartu itu mejadi softdrink dan popcorn, terlebih dahulu kita harus menukar si kartu itu menjadi sebuah voucher yang hanya berlaku hari itu saja jadi harus segera ditukar (sayang lupa ga difoto). Agak heran kenapa mereka ga sediakan penukarannya ditempat yang lebih dekat dengan counter. Mungkin ini usaha mereka membuat orang-orang yang malas ngantri untuk berubah pikiran dan merelakan saja vouchernya tidak ditukar hehe.

Sebenarnya, ada banyak sekali voucher selain voucher bioskop ini yang sudah kami "relakan". Masalahnya, terkadang informasinya hanya ditulis dalam bahasa thailand. Pernah sekali nanya ke temen orang Thai, mereka juga bingung :p . Selain itu, seperti halnya di Indonesia, kadang-kadang untuk penukaran voucher selalu ada syarat tersembunyinya. Yah emang, terkadang butuh usaha ekstra untuk menebus voucher yang tidak seberapa dan bisa dibeli sendiri.

Pertanyaanya, apakah kami menonton demi mendapatkan sticker untuk dapat ditukar voucher? jawabnya tentu tidak hehe. Ada ga ada voucher juga kami pasti nonton sih, jadi yah.. ngumpulin stiker ini cuma buat senang-senang sampingan saja :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *