Data Pemilih LN Pemilu 2009 Dipajang di Internet

Setelah ramai kasus Diknas yang menampilkan data 36 juta siswa di Internet, sekarang giliran panitia pemilu luar negeri di beberapa negara berbuat hal yang sama. Kali pertama saya menyadari hal ini adalah ketika di milis IndoBangkok ramai membicarakan data pemilih yang dipajang di Internet di situs http://www.pplnbangkok.net/http://www.kbri-bangkok.com/, dan saya menemukan bahwa situs resmi Pemilu 2009 bangkok adalah http://www.pplnbangkok.net/ (Panitia Pemilihan Luar Negeri Bangkok 2009/PPLN Bangkok 2009). Data-data ini cukup penting, meliputi: Nomor Paspor, Nama, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat di Indonesia, dan Alamat di Thailand. Akhirnya setelah diprotes, data ini diturunkan dari Internet (meskipun selama beberapa hari masih dapat dicache via Google), dan pejabat yang berkait sudah meminta maaf di milis.

Saya segera berpikir bahwa nama domain yang aneh (pplnbangkok.net) menunjukkan bahwa tidak ada koordinasi antar PPLN, karena jika ada seharusnya nama domainnya hanya satu, dengan sub domain masing-masing negara/tempat PPLN. Jika memang tidak ada koordinasi, maka pasti kesalahan yang sama akan dilakukan oleh PPLN di negara lain. dengan mencari ‘data pemilih 2009 filetype:pdf‘ dan ‘daftar pemilih 2009 filetype:pdf‘ saya menemukan banyak data lain. Misalnya dari Iran (Nama, Jenis Kelamin, Paspor, Nama Kota, Pekerjaan), Seoul (Nama, Tempat Tanggal Lahir, Paspor), Toronto (Nama, No Paspor, Kota, Kode Pos) , Moskow (Paspor, Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat di Rusia), Singapore (Nama dan Paspor), dan Brunei (Nama, Paspor, Tempat Tanggal Lahir, Pekerjaan, Alamat di Brunei, Alamat di Indonesia). Mungkin masih ada data lain dari PPLN luar negeri, silakan dicari sendiri. Dari semua itu, mungkin hanya Singapore yang paling aman (hanya menampilkan Nama dan Paspor) dan Brunei yang paling parah (meskipun sepertinya data dari Brunei tidak dirilis oleh PPLN, tapi oleh Perhimpunan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam).

Saya sudah mengetahui fakta ini selama beberapa hari, tapi karena saya punya kemampuan mengendalikan ruang dan waktu, saya berpindah ke Bangkok sebelum data diupload, dan saya sudah menghapus data saya sehingga tidak muncul di file PDF yang dirilis oleh PPLN data saya tidak muncul di daftar pemilih di Bangkok, saya kurang peduli (dan masih sangat sibuk dengan pekerjaan). Saya belum menghubungi pihak-pihak yang berkait. Mungkin hari ini, saat makan siang akan saya lakukan, akhir pekan ini saya harus bekerje mengejar deadline, dan saya harus buru-buru berangkat.

Bagi Anda yang di luar negeri: Tolong cek data di PPLN negara Anda.

6 thoughts on “Data Pemilih LN Pemilu 2009 Dipajang di Internet”

  1. lapor…
    ppln uk-ir lebih aman dari sin, karena sama sekali nggak menampilkan paspor. data yang keluar: nama, kota, kode pos, region. (bahkan alamat lengkap pun tidak keluar). horeee! ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.