Cerita Gadget (2): Kamera Digital

Waktu pertama ingin pergi ke Singapore untuk Asia Open Source Symposium, saya meminjam kamera salah satu rekan kerja. Sejak itu saya ingin sekali punya kamera, karena akan sangat berguna untuk mengabadikan saat-saat berharga seperti itu (kali pertama keluar negeri, kali pertama berbicara di simposium, dsb). Sejauh ini kamera yang saya miliki/pernah miliki adalah kamera yang ada di aneka Handphone dan PDA, serta kamera digital Casio Exilim S2, Canon Powershot A400, Casio EX-Z75, dan Canon EOS D1000.

Pengalaman saya menunjukkan bahwa kamera HP berguna untuk menangkap momen ketika tidak ada kamera digital. Dibandingkan dengan kamera digital yang murah sekalipun, kamera HP masih memiliki banyak kekurangan. Kebanyakan kamera tidak memiliki optical zoom, gambar yang didapat kurang bagus di pencahayaan rendah (dan hasilnya kurang bagus dengan flash). Pada HP yang memiliki sistem operasi (Symbian, Windows Mobile) Kelemahan lainnya adalah biasanya lama sekali untuk memulai program kamera. Ada beberapa kamera di HP yang hasilnya bagus, dan bisa cepat digunakan, jadi Anda harus mengecek dulu supaya yakin (tapi pada umumnya kamera di HP memiliki kelemahan yang saya sebutkan). Sebagian HP juga memiliki bunyi yang tidak bisa dimatikan ketika kita mengambil gambar.

Meski gambarnya kurang bagus, kamera ponsel berguna untuk mencatat. Banyak yang bisa dicatat, dari mulai harga di supermarket, sampai barang apa saja yang masuk koper. Dengan software semacam evernote, kita bisa mengubah catatan menjadi bentuk yang bisa disearch. Dengan maraknya facebook, kamera di HP sangat berguna untuk menangkap momen dan mengirimkannya ke facebook, twitter atau yang lain.

Berdasarkan pengalaman:

  1. Punya kamera digital itu perlu. Dulu waktu jalan-jalan kali pertama dengan Risna ke Singapore, dokumentasinya cuma sedikit (dengan kamera Nokia 3650 yang terbatas).
  2. Kalau nggak punya hobi fotografi, ternyata beli DSLR itu nggak terlalu perlu. Tapi untungnya DSLR yang saya miliki sangat berguna untuk memfoto aneka motherboard PCB dengan resolusi tinggi.
  3. Jika punya kamera saku, sebaiknya yang benar-benar masuk saku. Jika terlalu besar, biasanya jadi malas membawanya.
  4. Sebagian kamera digital bisa diakses sebagai USB disk, praktis jika lupa membawa USB Disk. Sangat berguna juga sebagai card reader untuk mengakses media card (SD/MMC atau yg lain).Sebaiknya cari yang memakai kabel data mini USB, sehingga jika lupa, mudah mencari pinjaman.
  5. Jika jarang memakai kamera digital, sebaiknya membeli yang memakai batere AA/AAA, jadi jika tiba-tiba butuh, tidak perlu repot-repot charge, cukup beli batere baru
  6. Saya suka kamera digital yang memiliki fitur panorama, jadi bisa membantu menangkap pemandangan yang luas dengan menyambung beberapa jepretan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *