Cerita Gadget (3): Headset Bluetooth

Teknologi bluetooth adalah teknologi untuk komunikasi, ada banyak implementasinya, dari mulai komunikasi antar ponsel, komunikasi ponsel/komputer dengan headset (headset bluetooth), komunikasi ponsel dengan komputer (misalnya sebagai modem), komunikasi mouse/keyboard dengan komputer/PDA, dan sebagainya. Sekarang saya hanya ingin membahas headset bluetooth saja.

Kami pernah membeli dua jenis headset bluetooth, yang pertama adalah headset stereo, dan yang kedua mono. Ketika apartemen yang kami tinggali masih sangat kecil, saya merasa terganggu memprogram jika istri saya memutar film di TV (yang diputar via PC). Salah satu solusi adalah membuat konektor yang panjang sekali ke tempat istri saya duduk, tapi solusi yang kami pilih adalah memakai headset bluetooth stereo untuk mendengarkan suara dari film.

Headset bluetooth juga sangat berguna ketika mengemudi. Dengan ponsel yang bisa mendial dengan suara, kita cukup menekan sebuah tombol untuk menelepon atau menerima telepon, sangat praktis dan aman. Headset bluetooth stereo enak digunakan untuk mendengarkan musik, tapi terlalu besar untuk dibawa-bawa. Headset mono lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Masalah dengan headset bluetooth dibandingkan dengan versi kabel adalah bahwa Anda harus ingat untuk mencharge baterenya.

Catatan/Tips: Jika ingin membeli headset untuk mendengarkan musik, pilihlah yang memiliki profile A2DP, tanpa itu suara tidak akan stereo, dan kualitasnya rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *