DealExtreme

DealExtreme LogoSaya biasanya jarang mempromosikan sesuatu, dan nggak pernah fanatik dengan merk atau tempat belanja tertentu. Tapi kali ini mau cerita dikit soal Dealextreme. Sekarang ini kami tinggal di Chiang Mai, Thailand. Meskipun ini kota terbesar kedua di Thailand, saya sering kesulitan menemukan benda elektronik tertentu. Benda elektronik yang saya maksud mulai dari komponen elektronik (IC, transistor, dsb), serta benda elektronik untuk konsumen (Network Attached Storage/NAS, kabel data, dsb).

Untuk masalah komponen elektronik, saya sudah menemukan situs Electronics Source dan warf. Harga dari Electronics Source sangat murah, situsnya bagus (misalnya saya bisa mencari IC berdasarkan spesifikasinya) namun barang tertentu kadang tidak tersedia. Sementara warf banyak menjual kit.

Untuk barang elektronik lain saya memakai situs dari Hong Kong DealExtreme. Kehebatan situs ini adalah: gratis ongkos kirim ke seluruh dunia. Saya melihat bahwa situs ini banyak disarankan di aneka milis, dan ada beberapa pengalaman orang indonesia yang dibahas diblog. Toko ini tidak hanya menjual barang elektronik, ada banyak hiasan, gantungan kunci, jam, dsb.

Saya sudah membeli cukup banyak benda (totalnya lebih dari 400 USD), review benda-benda yang saya beli bisa dilihat di sini. Nggak semuanya dibeli dengan duit saya sendiri, misalnya NAS ini merupakan sumbangan untuk porting FreeBSD (progressnya bisa dilihat di sini). Lalu sebagian benda lain dibeli dari donasi paypal yang saya terima dari aneka aplikasi yang saya buat.
Continue reading “DealExtreme”

Perawatan Gigi

gigi

Sejak dulu saya orangnya malas banget ke dokter gigi. Umumnya ketemu dokter apapun malas rasanya. Uhm mungkin awalnya takut, takut ini dan itu lalu jadi malas untuk bertemu dokter. Ada banyak ketakutan yang sebenernya kurang beralasan sih. Tapi setelah bertemu dengan dokter gigi di Chiang Mai kesan itu berubah.

Setiap kali saya cerita saya ada jadwal ke dokter gigi, teman saya akan bertanya-tanya: emang giginya kenapa? ya mungkin sayapun dulu hanya akan ke dokter gigi kalau giginya kenapa napa. Bahkan sudah tau giginya kenapa-napa aja suka malas untuk bolak-balik ke dokter gigi. Malas membayangkan suara bor dari luar ruang praktek dokter dan malas membayangkan harus duduk menunggu berjam-jam untuk menyelesaikan masalah gigi yang ada.

Continue reading “Perawatan Gigi”

Kaskus Spoiler

Saya nggak begitu sering mengunjungi kaskus, tapi kadang-kadang kalau lagi iseng seneng juga lihat-lihat gambar dan cerita di sana. Nah masalahnya gambar-gambar di sana kebanyakan “disembunyikan” dengan tombol “spoiler”. Kalo ngeklik sedikit sih gak apa-apa, tapi sempet capek waktu ketemu posting ini: 30 Foto Paling dilihat di situs Flickr Tahun 2009. Gile lu ndro, masak gw disuruh ngeklik 30 kali buat buka semua fotonya?

Cari kanan kiri gak ada tombol show all spoiler, cari di google juga gak nemu. Tadinya sampe mau bikin extension Google Chrome buat bikin skrip pembuka spoiler ini. Tapi ternyata kemarin baru diumumkan bahwa sekarang Google Chrome sudah mendukung Greasemonkey Script (resmi, dari tahun lalu dah bisa tapi masih development).

Dengan beberapa baris kode, jadilah skrip Greasemonkey ini:

http://userscripts.org/scripts/show/67846

Buat pengguna chrome, tinggal klik install aja buat menginstall. Buat pengguna firefox, install dulu Greasemonkey. Habis itu, kunjungi link tadi, terus klik install. Sekarang kalau mengunjungi forum kaskus, otomatis semua spoiler akan diklik.

Tadinya kirain gak akan ada yang butuh skrip semacam ini, tapi baru kemarin ditaruh publik, hari ini dah ada 11 orang yang menginstall plus 2 review. Padahal niatnya di taruh di situs userscripts cuma biar gampang aja diakses kalau lagi butuh. Ya sekalian diumumkan di blog ini deh, semoga berguna buat yang lain.

Email nyasar

Saya punya email yohanes [at] gmail.com sejak 22 Juni 2004, waktu itu Gmail masih berbasis undangan (invite). Banyak orang bernama Yohanes di Indonesia (bahkan di luar Indonesia ternyata juga ada). Emailnya umumnya adalah yohanes_xxx (ada imbuhan sesuatu), tapi pengirim email sering salah, dan mengirimnya ke email saya. Saya yakin yang punya yohanes [at] yahoo.com atau nama lain yang umum juga sering mendapatkan email nyasar.

Berikut ini contoh-contoh email yang pernah nyasar ke mailbox saya:

  1. Email piutang
  2. Skema jaringan dan database
  3. Hasil scan KTP seseorang
  4. Email untuk pak Yohanes Surya
  5. Kiriman tugas kuliah dan catatan kuliah
  6. Kontrak pra nikah
  7. Biaya renovasi rumah
  8. Surat lamaran kerja
  9. Foto-foto keluarga
  10. Email sistem untuk admin Bank BCA

Pernah juga seseorang mendaftarkan email saya sebagai mail untuk BCA. Untungnya ini tidak menimbulkan masalah. Semoga gak dapet email yang menimbulkan masalah, dan dapet email yang lebih seru deh 🙂