DealExtreme

DealExtreme LogoSaya biasanya jarang mempromosikan sesuatu, dan nggak pernah fanatik dengan merk atau tempat belanja tertentu. Tapi kali ini mau cerita dikit soal Dealextreme. Sekarang ini kami tinggal di Chiang Mai, Thailand. Meskipun ini kota terbesar kedua di Thailand, saya sering kesulitan menemukan benda elektronik tertentu. Benda elektronik yang saya maksud mulai dari komponen elektronik (IC, transistor, dsb), serta benda elektronik untuk konsumen (Network Attached Storage/NAS, kabel data, dsb).

Untuk masalah komponen elektronik, saya sudah menemukan situs Electronics Source dan warf. Harga dari Electronics Source sangat murah, situsnya bagus (misalnya saya bisa mencari IC berdasarkan spesifikasinya) namun barang tertentu kadang tidak tersedia. Sementara warf banyak menjual kit.

Untuk barang elektronik lain saya memakai situs dari Hong Kong DealExtreme. Kehebatan situs ini adalah: gratis ongkos kirim ke seluruh dunia. Saya melihat bahwa situs ini banyak disarankan di aneka milis, dan ada beberapa pengalaman orang indonesia yang dibahas diblog. Toko ini tidak hanya menjual barang elektronik, ada banyak hiasan, gantungan kunci, jam, dsb.

Saya sudah membeli cukup banyak benda (totalnya lebih dari 400 USD), review benda-benda yang saya beli bisa dilihat di sini. Nggak semuanya dibeli dengan duit saya sendiri, misalnya NAS ini merupakan sumbangan untuk porting FreeBSD (progressnya bisa dilihat di sini). Lalu sebagian benda lain dibeli dari donasi paypal yang saya terima dari aneka aplikasi yang saya buat.

Di Thailand, saya cuma kena pajak untuk SmartQ 7 (Internet tablet), itupun pajaknya tidak banyak (kalo dirupiahkan sekitar 150 ribu). Kalau dari yang saya baca di beberapa blog, umumnya untuk benda-benda kecil (kabel data, stylus, dsb), Anda tidak akan kena pajak, tapi untuk benda besar (misalnya SmartQ), Anda akan kena pajak. Pajaknya saya tidak tau berapa (katanya mahal), jadi pastikan dulu sebelum membeli benda yang harganya mahal.

DealExtreme akan memproses pembelian dalam beberapa tahap (mengambil dari distributor, packaging, sending). Proses sampai barang terkirim umumnya cukup lama (bervariasi, dari 3 – 10 hari). Setelah status barang dikirimkan (“sent”), barang tidak langsung keluar dari Hong Kong. Beberapa hari kemudian (3-5 hari) statusnya baru keluar dari Hong Kong, dan sekitar 4-5 hari kemudian sampai Thailand. Jadi kesimpulannya barang biasanya sampai sekitar 10-20 hari sejak pemesanan.

Pembayaran dealextreme dilakukan menggunakan Paypal. Situs ini cukup terpercaya, dan sering dipromosikan oleh paypal. Saya pernah membatalkan pesanan karena agak terlalu lama belum dikirim (salah saya juga; di masa Imlek pemrosesan memang lama, ini dicantumkan di situsnya), sementara saya butuh cepat, dan kebetulan saya menemukan barangnya di toko lokal. Semuanya berjalan lancar (proses pengembalian dilakukan cepat).

Ada banyak benda kecil yang menurut saya sangat berguna, misalnya saya membeli charger USB untuk NDS Lite dan charger USB untuk Nokia, sehingga sekarang tidak perlu lagi membawa-bawa charger NDS Lite ataupun Nokia ketika pergi ke kantor. Outlet listrik dengan remote control sangat berguna untuk mengubah benda yang tidak bisa diremote (misalnya kipas angin) menjadi bisa dinyalakan/matikan dengan remote (sembarang remote, benda tersebut bisa “belajar”).

Masih banyak benda lain yang sangat berguna buat saya, tapi mungkin kurang berguna buat Anda (misalnya pembersih solder ini sangat berguna untuk saya, tapi kemungkinan kurang berguna buat sebagian besar pembaca), jadi silakan browsing-browsing sendiri deh. Kalau bingung, Anda bisa melihat-lihat benda-benda yang sudah pernah saya beli.

Satu tanggapan pada “DealExtreme”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.