Bible Plus: Alkitab untuk Blackberry.

Sejak banyaknya orang beralih dari smartphone berbasis symbian ke smartphone blackberry, sudah banyak orang yg ‘request’ ke Joe minta dibuatin aplikasi bible reader seperti symbian bible. Awalnya kami ga punya alasan buat memakai BB karena di sini blum ada layanan BB. Layanan BB baru mulai menjamur di Thailand awal tahun 2010 ini. Saya sudah lebih dulu menggunakan BB, tapi karena Joe belum menggunakannya (selain dia sibuk dengan porting freebsd) dia belum juga bisa merealisasikan request dari banyak orang.

Bulan Juni yang lalu, untuk memudahkan komunikasi selama Joe pulang ke Jakarta (berhubung saya ga bisa ikut pulang), maka akhirnya Joe pun memakai Blackberry juga. BB pertama yg saya pakai itu BB ‘murah’ yg beli bekas dari Indoneia, jenis 8800 (huron), lalu Joe beli versi yg lebih bagusan di banding huron (nitip adiknya cariin bb 8520- gemini bekas yang masih bagus).  Sesampainya di sini BB nya ditukar pakai dengan saya (saya pakai gemini, Joe pakai huron).

Awalnya Joe kurang begitu sering menggunakan BB nya, karena selama di Chiang Mai, koneksi internet selalu ada di kantor dan di rumah. Selain itu BB huron itu super lambat dibandingkan dengan smartphone symbian yang terakhir kami pakai. Setelah mertua saya (orang tua) Joe pake BB juga dan mulai ber BBM, akhirnya Joe mulai aktif menggunakan BB nya. Bapak Mertua saya salah seorang pengguna setia Symbian Bible, dan ketika beliau beralih ke BB, pertanyaanya sama dengan semua orang: “Alkitabnya kok ga ada yang kayak di HP sebelumnya?”

Sebulan belakangan ini, akhirnya Joe tergerak untuk memulai mendevelop Bible Plus. Motivasinya cuma 1: menyambut kelahiran anak pertama kami 😀 (saat ini saya sedang hamil 33 minggu). Jadi kalau dulu dia mendevelop symbian bible buat mengimpress saya, sekarang dia develop Bible Plus untuk menyambut anak kami dengan harapan bisa memberi motivasi buat anak kami menjadi orang yang rajin membaca Alkitab dan siapa tahu bisa jadi programmer juga? hehehe (orang tua memberi contoh baik dengan harapan anak menjadi baik juga).

Bible Plus ini merupakan aplikasi pertama yang di buat Joe untuk Blackberry, seperti halnya dulu symbian bible merupakan aplikasi pertama yang dibuat untuk smartphone symbian. Berbeda dengan mendevelop untuk symbian, mendevelop untuk BB ternyata butuh kesabaran extra terutama dengan waktu tunggu untuk merestart device BB. Perbedaan lainnnya, kami harus membayar untuk memungkinkan mengetes aplikasinya di BB nya (bukan hanya di simulator), sementara untuk symbian semua bisa dilakukan dengan gratis. Akan tetapi, tetap saja aplikasi ini kami sebarkan secara gratis dan open source supaya tidak tertutup kemungkinan semakin banyak orang yg bisa berkontribusi memperbaiki aplikasi ini. Supaya semakin banyak juga orang yamg bisa membaca firman Tuhan kapan saja dan di mana saja (jangan cuma baca fesbuk dan social networking saja :P).

Sebenarnya Joe berniat membuat BB Plus untuk orang buta juga seperti halnya symbian bible, sayangya software text to speech yg ada di BB harganya sangat mahal (450 USD) dan tidak ada versi trialnya. Mungkin nanti kalau ada software text to speech yg murah dan Joe ga terlalu sibuk bisa direalisasikan, tapi masih dalam to do list sekarang ini.

Untuk fitur-fitur dan link downloadnya langsung saja ke halaman http://compactbyte.com/bb-bible/ . Saat ini sudah dicobakan di berbagai jenis Blackberry, mulai dari 8800, 8520, 8900 dan saya ga inget lagi tipe BB yang ada. Yang jelas untuk sistem operasi 4.5 dan 5 ke atas aplikasi ini sudah bisa dicoba. Petunjuk instalasi ada di sini: http://compactbyte.com/bb-bible/id/petunjuk/. Kalau Anda menemukan masalah dalam instalasi atau pengoperasian silakan saja kontak kami. Harapan kami semoga Bible plus ini bisa berguna untuk banyak orang yang membutuhkan Alkitab kapan saja dan di mana saja.