BB Meter: Monitor Batere Blackberry

Kedua adik saya Aris dan Yosi sudah lama menggunakan Blackberry, dan termasuk orang yang cukup rajin ngoprek blackberrynya. Salah satu aplikasi yang suka mereka pakai adalah Meterberry. Aplikasi ini berbayar, dan sebenarnya tidak terlalu mahal (bisa dibeli kurang dari 50 ribu rupiah). Tapi sebagai programmer, saya lebih suka membuat sendiri (selain karena meterberry tidak mendukung OS 4.5). Hasilnya adalah aplikasi BB-Meter bisa dilihat di

http://compactbyte.com/bb-meter

Untuk Anda yang bertanya-tanya: Aplikasi ini untuk apa? Pertama saya kurang mengerti mengapa orang-orang suka meterberry. Beberapa fitur program ini sudah ada di program gratis lain, misalnya fitur restart device ketika memori sudah hampir habis bisa dilakukan oleh aplikasi gratis QuickPull. Fitur yang disuka oleh banyak orang adalah fitur untuk melihat kecepatan penurunan batere dan memory.

Apa gunanya mengetahui penurunan batere dan memori? untuk orang yang memiliki banyak batere, mereka jadi bisa tahu mana batere yang sudah mulai lemah. Untuk orang yang suka mencoba-coba OS Hybrid, mereka bisa tahu apakah OS yang baru lebih boros atau irit batere. Untuk orang yang suka mencoba-coba aplikasi, mereka bisa tahu apakah batere atau memori menjadi lebih cepat habis setelah menginstall aplikasi tersebut.

Program ini saya buat sesederhana mungkin, dengan ukuran yang sangat kecil (kurang dari 30 kb). Tidak seperti program meterberry yang melakukan pencatatan batere secara periodik, saya merancang program ini agar hanya melakukan pencatatan ketika level batere berubah. Proses pencatatan dan analisis dilakukan terpisah. Jadi program di latar belakang sifatnya sangat ringan, hanya mencatat level dan temperatur batere saja. Semua analisis dilakukan ketika user mulai melihat data tersebut. Saya ingin agar program yang mencatat level batere tidak memboroskan batere.

Program ini sudah diuji oleh istri saya, dan adikadik saya. Dan semoga program ini bisa berguna juga untuk Anda.

2 thoughts on “BB Meter: Monitor Batere Blackberry”

  1. Sekedar usul selama tidak merubah keringanan program dan hemat baterai :

    1.apakah bisa apakah bisa ditambah untuk view event log, mgkn bisa ditambahkan dibawah refresh (seperti di meterberry)? memang bisa dengan alt+LGLG tapi lebih enak sekalian melihat log yang lain bisa lihat event log juga

    2. Untuk update log (pencatatan) yang dilakukan tiap level baterai berubah (bukan secara periodik), untuk pemakaian yang lebih sering idle mgkn cocok, tapi bagaimana dengan pengguna yang ‘autis’ apakah tidak lebih boros jika misalkan dalam 1 jam update 10 kali atau lebih?(cmiiw)
    mungkin bisa ditambahkan opsi untuk periodik dengan interval waktu dan tiap perubahan level.

    terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *