Lima Aplikasi Blackberry dalam Seminggu

Sepanjang minggu ini sepulang kerja saya membuat beberapa aplikasi kecil untuk Blackberry. Hasilnya ada 5 aplikasi.

Untuk cepatnya bisa langsung klik saja dari halaman daftar aplikasi:

http://compactbyte.com/bb/

Berikut ini saya deskripsikan semua aplikasinya.

Time Span

Aplikasi Time Span ini merupakan aplikasi yang amat sangat sederhana. Gunanya cuma menghitung sudah berapa tahun/bulan/hari suatu peristiwa berlalu, atau berapa tahun/bulan/hari suatu peristiwa akan datang. Aplikasi ini dibuat atas permintaan Risna yang sekarang sedang menghitung hari sampai kelahiran anak pertama kami. Event yang sudah
dimasukkan bisa dimasukkan kalender, dan teksnya bisa dicopy paste ke aplikasi lain.

Aplikasi ini bisa didownload dari:

http://compactbyte.com/bb/timespan/

BBDial Prefix

Saat ini saya tinggal di Thailand. Setiap ingin menelpon ke nomor Indonesia, saya menggunakan prefix 001/006/008 supaya murah. Di Nokia ini mudah dilakukan dengan fungsi “Edit Number” yang mengedit nomor sementara untuk menelepon. Fungsi “Edit Number” ini adalah salah satu fitur BBDial Prefix. Tapi karena keseringan saya hanya mengedit untuk menambahkan 001/006/008 atau mengedit nomor yang masih lokal (081x, seharusnya +6281x), maka ada fungsi untuk menambahkan prefix secara otomatis. Pertama kita harus mendefinisikan prefix dulu (di sini misalnya 001, atau misalnya di Indonesia memakai XL pakai prefix 01000).

Di address book, ketika memilih contact, Anda bisa memilih “Dial With Prefix”.

Alternatif untuk aplikasi ini adalah BlaCaDa (http://www.blacada.com/), ini ada versi freenya, tapi dibatasi setiap
19 kali menelpon dengan BlaCaDa versi free (gagal atau berhasil), maka BB perlu cabut batere.

Aplikasi ini bisa didownload dari:

http://compactbyte.com/bb/bbdialprefix/

Restart Net

Beberapa hari terakhir ini signal di tempat duduk saya di kantor sering “ngadat” (edge kecil bukan EDGE kapital). Jika saya pilih “Manage Connection”, lalu saya matikan “Mobile Network” (tunggu 10 detik sampai mati), lalu saya nyalakan lagi, makan signalnya biasanya akan normal lagi. Saya pikir: kok gak ada aplikasi yang fungsinya merestart signal jaringan (semacam quickpull tapi cuma untuk restart network). Ternyata ada di top 25 aplikasi berbayar di BB, harganya 2.99 USD. Aplikasi ini yang saya maksud:

http://appworld.blackberry.com/webstore/content/9341?lang=en

Wah mending saya bikin sendiri. Jadilah aplikasi restart net ini yang fungsinya cuma satu: begitu ikonnya diklik, dia akan mematikan “Mobile Network”, menunggu sampai mati, dan akan menyalakannya lagi. Jadi saya tidak perlu menatap layar 10 detik menunggu “Mobile Network” mati, lalu mengklik untuk menyalakan lagi.

Aplikasi ini bisa didownload dari:

http://compactbyte.com/bb/restartnet/

Insert Number

Ini atas saran adik saya, kenapa di BB gak ada fungsi insert number, jadi gak mengirim seluruh kontak. Kadang-kadang kan hanya ingin memasukkan email atau nomor telepon seseorang ke pesan. Biasanya sih pake copy paste dari address book. Aplikasi ini supaya praktis saja. Sebenarnya tadinya cuma bisa insert nomor telepon saja (makanya namanya insert number), tapi kalau dipikir-pikir harusnya bisa juga menginsert email, notes, alamat. Tapi saya sudah terlanjur malas mengubah namanya 🙂

Aplikasi ini bisa didownload dari:

http://compactbyte.com/bb/insertnumber/

Sam Fai

Ini juga atas saran kedua adik saya, aplikasi senter untuk Blackberry yang memakai lampu flash kamera. Saya pikir sudah banyak yang bikin, ternyata belum, yang ada adalah aplikasi berbayar yang ini:

http://appworld.blackberry.com/webstore/content/2187

Sedangkan aplikasi yang lain (torch dsb) memakai LCD/LED. Supaya lengkap, aplikasi saya bisa memberi cahaya dari tiga sumber: LCD, LED, dan lampu flash kamera. Dalam bahasa Thai ini artinya tiga api/listrik. Ini hanya untuk OS 5.0 ke atas.

Aplikasi ini bisa didownload dari:

http://compactbyte.com/bb/samfai/

15 thoughts on “Lima Aplikasi Blackberry dalam Seminggu”

  1. salam Bro Yohanes, maaf kalo seandainya kurang berkenan menjawab pertanyaan ini..
    begini Bro..saya pengguna blackberry..(skrg load official os + shrink..+ 3rd party he-he-he)
    saya punya problem yang utk ukuran saya sangat membingungkan,waktu lepas battery /reboot…kok tiba2 dan sering di screen ada notification ” uncaught expection 3>=3..”
    kalo boleh tau apa sih Bro maksudnya ???
    perlu diketahui, saya sampe mencoba hapus /1 3rd party (saya pikir ada yg crash).
    maksudnya saya hapus 1 aplikasi trus saya reboot, tapi tetap saja ada notifikasi tsb.
    saya sudah googling tapi belummenemukan jawaban yg pas..
    oh ya..saya tahu Bro sibuk..jadi saya akan mengerti kalo tidak sempat menjawab..
    akan tetapi saya akan merasa sangat terbantu untuk memuaskan rasa ingin tau saya dan bisa memecahkan masalah ini…thanks in advance ( boleh via email saya : [email protected])

    1. Secara teknis pemrograman, artinya ada program yang mengakses array di indeks ke-4 (karena dihitung dari 0) sedangkan ukuran array hanya-3. Itu artinya ada algoritma yang salah di kode program, atau data yang corrupt (sehingga misalnya informasi mengenai ukuran arraynya salah).

      Coba lihat apakah ada pesan tersebut di event log, dan apakah terlihat dari aplikasi mana pesan tersebut muncul. Karena ukuran event log hanya 16 kb, kadang log-nya sudah keburu hilang ketika dilihat. Coba gunakan desktop, lalu gunakan program javaloader (atau GUI/Skrip untuk itu, misalnya BBSAK atau JL_CMDER) untuk mengambil event log ketika pesan tersebut muncul.

      1. wah makasih banyak pencerahannya..(moga gak kapok kalo kelak say bertanya lagi he-he-he)
        saya malah gak berharap secepat ini anda bisa menjawabnya. sekali lagi terima kasih, atas waktu anda..

  2. Halo bro yohanes…
    Saya menyukai aplikasi ‘auto-restart’ yg diseting pada jam tertentu seperti quickpull misalnya. Namun kendala terjadi saat blackberry saya sedang dalam keadaan ‘locked’, aplikasi tersebut tidak berjalan semestinya (tidak mau restart pada jam yg telah ditentukan). Sebetulnya apa yg salah ya? Apakah aplikasi tersebut hanya berisi script ‘alt+shift+del’ sehingga tidak jalan pada saat ‘key-lock’?
    Apakah bro punya rekomendasi aplikasi serupa yg dapat ‘menembus’ key-lock tsb?
    ‎​-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ before

    1. Saya belum menyelidiki apa yang salah. Tapi aplikasi tersebut tidak menggunakan alt+shift+del. Yang dilakukan aplikasi adalah menginstall lalu menguninstall module untuk memaksa restart.

      1. Berarti kalau tidak melalui key: alt+shift+del, seharusnya apps tersebut bisa berjalan meski dalam keadaan ‘key-locked’ ya om? Seperti pada windows yg bisa ‘force shutdown’ walaupun masih ada aplikasi yg running…

        1. Semestinya begitu, kalau sempat saya akan coba membuat aplikasi semacam itu untuk menguji kenapa program tidak jalan ketika keylock (sebenarnya pernah mulai, tapi belum diteruskan lagi).

          1. Wah terima kasih banyak ya om!
            Semoga semua apps ciptaannya makin dikenal. Bila diijinkan, saya siap bantu rekomendasi ke rekan2 user  BlackBerry™

  3. Tanks banget aplikasix bro yohanes,, ada satu
    Aplikasi apa yg bisa kirim kontak langsung d bb kya di nokia jd kita ga copas number lagi di bb baru kirim via sms ..saya pernah beli di app world tpi beberapa bln bb saya blank jd saya wipe dan aplikasi yg saya beli td ilang,,, klu ada versi freex ada ga bro yohanes,,,..mohon bantuanx

  4. Halo lagi om yohanes…
    Saya ingin bertanya mengenai aplikasi battery booster.
    Pengalaman saya pake battery booster dan sejenisnya cukup aneh nih om…
    Ketika saya mematikan ‘mobile network’ dan menyalakan ‘bluetooth’ untuk ‘remote audio car’, eh si network malah nyala lagi pas 5 menit kemudian. Padahal saya sengaja mematikannya agar tidak boros pada batre, karena prinsip saya setiap 1 koneksi pasti akan memakan batre yg cukup besar. Maka jika satu koneksi ‘on’, maka yg lainnya harus ‘off’!
    Tapi kenyataannya battery booster dan yg lainnya tidak ‘memahami’ hal tsb, dan membuat saya bertanya2 apakah ini semacam bug yg sampai saat ini tidak terdeteksi atau aplikasi tsb memang begitu adanya?

    1. Halo,

      Saya juga kurang mengerti kenapa sifatnya begitu. Secara teknis tidak ada masalah., coba ditanyakan langsung ke pembuatnya kenapa sifatnya begitu. Mungkin mereka tidak terpikir bahwa ada orang yang memang sengaja ingin offline dari mobile network tapi memakai bluetoothnya untuk audio.

  5. Masalahnya saya gak bisa bhs inggris om hahaha!
    Sebetulnya masih banyak ‘bug-bug’ lain dalam aplikasi 3rd party-nya  BlackBerry™, yg belum disadari oleh para user. Tapi selama ini saya hanya ‘menyimpannya’ di luar kepala saja. Berharap nanti akan menemukan aplikasi yg lebih baik.
    ‎​-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ for your advice ya om..

  6. Mohon bantuannya bro Yohanes, di bb ga bisa add phone number ke existing contact ya? selama ini sy copas aja. terima kasih

  7. Ada g game yg mirip sama train simulator buat BB curve 9220?..
    Atas perhatiannya terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *