Bible Plus dan Tiny Meter sudah di Blackberry App World

Beberapa waktu yang lalu, RIM menggratiskan biaya untuk menjadi publisher di App World. Tadinya biayanya 200 USD untuk mendaftar dan bisa mengupload 10 aplikasi. Selain itu diperlukan syarat akta notaris. Persyaratan biaya dihapusan, hanya tinggal perlu akta notaris, tapi persyaratan itupun sekarang tidak wajib lagi (cukup scan identitas).

Karena sangat excited ingin menerbitkan Bible Plus di App World, saya segera mendapatkan akta notaris. Lalu sebagai percobaan, saya mengirimkan aplikasi saya BB meter, tapi ternyata sekarang nama aplikasi tidak boleh lagi mengandung kata “BB” atau “Berry”, jadi saya mengubah namanya jadi Tiny Meter. Sekitar 5 hari kemudian, aplikasi tersebut diterima di App World.

Setelah berhasil menerbitkan Tiny Meter dan mengerti prosesnya dengan lebih baik, saya mensubmit Bible Plus, dan 5 hari kemudian diterima. Sayangnya di awal, ada banyak review jelek dari orang-orang yang tidak membaca dokumentasi bahwa Alkitab yang disertakan hanya perjanjian baru KJV, tapi pengguna bisa mendownload Alkitab lain. Komentar para pemberi satu bintang ini adalah: “payah hanya KJV perjanjian baru saja”. Padahal fakta tersebut sudah dijelaskan di deskripsi, sudah ada di screenshoot, dan jelas-jelas ada menu “select bible”, “add bible”, dan “download bible”.

Sayangnya sebagai developer, saya tidak bisa menghubungi reviewer untuk menjelaskan (hanya bisa jika aplikasinya berbayar, dan karena saya buat gratis, maka tidak bisa). Review tidak bisa dihapus (teksnya bisa, tapi ratingnya tidak). Tapi untunglah sekarang mulai banyak yang mau mereview positif sehingga ratingnya bertambah.

Sebenarnya saya sendiri tidak peduli dengan ratingnya, hanya saja sayang sekali jika orang menjadi enggan mendownload jika melihat rating yang rendah (dan rating ini diberikan oleh orang yang salah pengertian). Saya pun sudah mengupload versi 1.8 yang ada tambahan dialog di awal agar orang-orang bisa mengerti bahwa mereka bisa menambah Alkitab bahasa lain.

Jika Anda di komputer, Anda bisa mengunjungi link app world untuk bible plus dan tiny meter. Jika Anda di Blackberry, Anda bisa mencari “bible plus” atau “tiny meter”, atau untuk menemukan kedua aplikasi itu, Anda juga bisa mencari kata “yohanes” karena saat ini developer yang bernama Yohanes cuma saya saja (di masa depan mungkin perlu search “Yohanes Nugroho”).

6 thoughts on “Bible Plus dan Tiny Meter sudah di Blackberry App World”

  1. Saya sangat berterima kasih sama bro Yohanes.
    Sangat sulit mencari orang seperti bro di jaman sekarang ini, yang mau menggratiskan beberapa hasil karyanya bagi orang banyak. Karena saya yakin pada integritas bro Yohanes.
    Saya banyak terbantu terutama untuk aplikasi bible sejak jaman symbian sampai sekarang dimana saya pakai blackberry pula.
    Karya bro telah jadi berkat bagi banyak orang.
    Terus berkarya bro, Muliakan Tuhan.
    Saya percaya Berkat Tuhan melimpah dalam kehidupan bro Yohanes sekeluarga.
    O ya, bible buat symbian^3 alias N8 belum pas. Tolong ya bro…..
    GBU

  2. Terima kasih untuk berbagi Bible Plus dan Tiny Meter..
    God Bless You and your family..

  3. Saya berterima kasih buat bro Yohanes atas aplikasinya yang sangat berguna sekali, apalagi Bibble Plus. Sangat susah sekarang untuk mencari develop yang menggratiskan aplikasi, apalagi aplikasi untuk device BB. Sebagai bentuk ucapan terima kasih, saya akan mendonasikan sedikit rejeki saja. Silahkan bro Yohanes PM saya.
    Semoga bro Yohanes semakin kreatif, membuat inovasi yang lebih maju lagi. Dan tentunya Tuhan Memberkati.

    Salam Hormat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *