TinyController for Blackberry

Awalnya (sekitar pertengahan tahun 2010) saya pakai BlackBerry 8800 untuk mengembangkan Bible Plus for BlackBerry, lalu karena butuh testing OS 5, dan sekaligus perlu testing untuk BB dengan touchscreen, saya membeli BB 9550 milik adik saya (beli second). Dari dulu saya malas sekali mengetik di layar sentuh, demikian juga dengan BB ini, jadi sehari-hari BB ini sangat jarang saya pakai. Saya pikir: wah enak juga kalau ada program yang bisa mengendalikan BB dari PC sehingga saya bisa mengetik dengan enak.

Awalnya saya cuma menemukan SOTI, harganya mahal 39.90 USD (350 ribu rupiah) jadinya saya nggak beli, cuma coba trialnya. Baru-baru ini (beberapa bulan yang lalu), muncul FlexMo web messenger. Program SOTI menurut saya bagus, cepat, tapi mahal dan hanya bisa di Windows saja. Sedangkan program FlexMo belum bisa saya coba (registrasi selalu gagal), tapi dari review yang saya baca di Internet, program ini murah (4.99 USD), tapi lambat, dan hanya bisa untuk BBM saja, tapi bisa cross platform (jalan di Windows, Mac, Linux). Kedua program ini juga punya kelemahan yang sama: BBM Group di OS 6 ke atas tidak bisa digunakan. Ini memang keterbatasan API Blackberry, jadi memang harus kita terima. Pada OS 5, BBM Group tidak bisa dipilih dari Desktop, tapi setelah masuk ke dalam groupnya, kita bisa mengontrol BB-nya. Di OS 6, ini sama sekali tidak mungkin.

Terpikir oleh saya: gimana kalau saya buat program semacam SOTI, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Minimal kalau program ini tidak laku, saya masih akan memakainya untuk keperluan saya sendiri.

Tujuan utama software ini adalah untuk chat BBM (walau akhirnya punya kelemahan yang sama dengan software yang lain: tidak bisa BBM Group di OS 6). Saya ingin bisa memakai program ini baik di Windows maupun OS X. Sejak beberapa bulan yang lalu, saya mulai membuat software ini, versi desktop dan mobilenya. Progressnya sangat lambat karena berbagai kesibukan yang ada setiap hari (bahkan sampai di akhir pekan juga tidak bisa libur). Sekarang softwarenya menurut saya sudah sampai level bisa dipakai. Koneksi bisa dilakukan via USB (hanya untuk Windows), WIFI dan Bluetooth. Saya menggunakan koneksi lokal seperti SOTI karena kurang suka dengan pendekatan Flexmo (koneksi dilakukan via server Flexmo, artinya mereka bisa “mengintip” pesan kita).

Adik-adik saya, Istri saya, dan beberapa teman sudah mengetes software ini. Biasanya software ini tidak ada masalah, kecuali untuk koneksi USB. Koneksi USB ini bergantung pada Blackberry desktop software, dan jika softwarenya tidak stabil (ada banyak kasus seperti ini di Internet), maka kadang-kadang koneksi USB gagal (kadang bisa diatasi dengan cabut lalu colok lagi dan restart aplikasi BB dan Desktop, tapi kadang Windows harus direstart). Karena tidak banyak yang mengalaminya, saya putuskan untuk merilis apa adanya.

Koneksi via USB adalah yang paling cepat dan nyaman. Koneksi via WIFI bisa bagus bisa tidak (tergantung kualitas signal dan kesibukan jaringan WIFI Anda), koneksi via Bluetooth hanya nyaman jika kualitas gambarnya diset sangat rendah (karena keterbatasan bandwidth Bluetooth). Tidak seperti software yang lain, kualitas gambar bisa diset via setting, semakin rendah kualitas, semakin cepat koneksinya. Dengan koneksi yang cepat (USB, atau jaringan WIFI yang bagus), Anda bisa mengetik langsung di layar BB (Seperti SOTI). Jika koneksinya lambat, gunakan kotak teks di bawah (seperti FixMo), dan ketika Anda menekan Enter, maka teks akan dikirimkan. Jika autocomplete diaktifkan, Anda mungkin perlu menekan enter 2x, karena enter yang pertama dianggap sebagai akhir kata autocomplete. Saran saya, untuk koneksi lambat, autocomplete dimatikan saja.

Salah satu hal yang membuaat SOTI terlihat bagus adalah: software itu memiliki “skin” BlackBerry, jadi kita seperti melihat BlackBerry utuh (beserta keyboardnya) di desktop kita. Saya sendiri agak takut dengan masalah legalitas memakai gambar BlackBerry sebagai skin aplikasi saya (masalah hak cipta dan merk dagang), jadinya saya memutuskan tampilannya “plain” saja (seperti FixMo).

Software ini juga punya beberapa fitur ekstra, tapi fitur-fitur ini masih dalam versi beta. Misalnya pengguna bisa mendapatkan notifikasi SMS dan membalas SMS langsung dari desktop (tapi fitur phonebook masih belum selesai). Pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi email baru (tapi isi email hanya versi plaintext, bukan versi HTML), Dari desktop pengguna juga bisa membaca Memo yang ada di BlackBerry.

Jika sedang chatting di BB, pengguna bisa mengcopy chatnya dengan menu “copy chat” di BB, lalu membaca isi clipboard BlackBerry di desktop. Jadi meski tidak bisa digunakan untuk BBM Group, pengguna masih bisa mengcopy isi chat di group Anda, lalu baca dengan lebih nyaman di PC. Silakan memberi ide, fitur-fitur ekstra mana yang perlu dikembangkan.

Ini adalah software pertama saya yang saya jual sebagai shareware dengan masa percoban 14 hari. Untuk orang Indonesia sekarang saya serahkan penjualannya ke reseller, karena ternyata mengurus transfer BCA cukup merepotkan bagi saya (tidak otomatis, banyak hal harus saya lakukan manual). Saya juga menjual via paypal dengan harga 9.99 USD (Saya pilih harga ini karena saya perlu membayar fee ke PayPal, dan sebagian untuk biaya risiko jika ada yang meminta refund). Rencananya software ini juga akan dirilis di AppWorld, tapi saya tunda dulu untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

Jika ingin mencoba (dan semoga mau membeli), silakan kunjungi:

http://tinycontroller.com/.

Jika ada kritik atau saran, silakan tinggalkan komentar di sini, atau via email.

7 thoughts on “TinyController for Blackberry”

  1. hallo, saya ingin menanyakan tentang tiny controller ini, prog yg menarik
    jika saya sudah membeli prog ini, apakah bisa di instal lebih dari 1 PC ?
    karena saya memiliki 1 notebook dan 1 PC
    apakah bisa diinstall di 2 device ??
    lalu bagaimana jika saya ganti device BB saya ?? bagaimana dengan PIN yg sudah terdaftar di prog tiny controller ini ??

    thanks untuk respon dan pencerahannya.

    1. Programnya bisa diinstall di lebih dari 1 PC (di berapapun PC/Laptop boleh). Jadi lisensinya adalah per PIN BlackBerry.

      Jika ganti PIN, maka boleh transfer ke PIN yang baru (max sekali dalam 3 bulan).

      Tambahan: untuk lebih jelasnya, ketentuan lisensinya ada di: http://compactbyte.com/tc/transfer.html.

  2. salam,
    saya sdh mencoba program ini dan tertarik untuk membeli, bisakah sy transfer via bca saja karena tdk punya paypal?
    bila bisa mohon nomer rekeningnya, akan sy transfer dgn kode yg gampang dikenali (misal rp 50.000 jadi 50.018-hanya supaya mudah dibedakan).

    terima kasih
    alex

  3. salam,
    saya baru coba install untuk liat tampilannya di pc.
    bagus sekali programnya, namun sy ingin menanyakan bagaimana dgn autotext yg lucu2 dan menarik yg sudah kita buat di BB, apakah bisa terpakai di aplikasi ini di PC.
    terima kasih atas pencerahannya.

    1. Aplikasi yang di PC tidak membaca autotext dari BB. Tapi begitu kita mengetik sesuatu di bb, maka autotextnya otomatis akan diexpand di sisi BB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *