Banjir di Chiang mai September 2011

Sejak kami tiba di Chiang mai tahun 2007, kami sudah sering mendengar cerita bahwa pernah terjadi banjir di kota ini yang cukup parah. Banyak rumah-rumah yang terendam dan jalanan di depan tempat tinggal kami juga terendam sehingga tidak bisa kemana-mana. Tempat parkiran condo juga dulu kabarnya tergenang (ya mengingat kami tinggal persis di tepi sungai). Tahun  lalu pernah ada peringatan akan ada banjir kiriman, kami sudah siap-siap dengan nyetok makanan, dan ternyata kesiagaan pemerintah Thailand membuat banjir itu bisa dicegah.

Hari Rabu lalu, 28 September 2011, pagi-pagi sudah dapat kabar akan ada banjir di Chiang mai. Memang sepanjang malam sebelumnya hujan deras turun sampai pagi masih ada gerimis, tapi perasaan santai aja, kirain bakal kayak tahun sebelumnya, banjirnya cuma naik air sungai tapi ga sampai ke jalan. Baca-baca dikit katanya sekolah pada mulangin muridnya jam 12 siang, tapi perasaan masih biasa aja. Tau-tau sore hari jam 3 pas bangun dari ketiduran nemenin Jonathan bobo siang liat ke luar. Eh kaget…..airnya udah sampai ke jalan :(. Dari pagi tuh yang saya liat cuma jembatan, dan mikirnya, ah jembatan masih aman, ternyata saya salah :(. Dan banjir kali ini bukan cuma karena hujan semalaman, tapi konon kiriman juga dari daerah lain.

IMG-20110928-00055 IMG-20110928-00054

Orang-orang di kantor Joe juga pulang cepat hari itu, cuaca di luar masih mendung. Keesokan paginya kantor Joe juga libur karena airnya belum surut termasuk depan kantor. Eh Joe kerja setengah hari diskusi ama bos. Kebetulan bos tinggalnya di condo yang sama jadi tetep bisa kerja setengah hari.

Salut dengan kota Chiang mai, persiapan menghadapi banjirnya cukup bisa dipuji. Ada Excavator di jembatan yang dari pagi mengeruk sampah yang menumpuk di bawah jembatan untuk memastikan airnya tetap mengalir. Di jalan rayanya juga ada mobil tentara yang mengangkut warga yang harus masuk kerja.

Begini situasi hari Kamis pagi tanggal 29 September 2011. Air bukannya surut malah tambah tinggi. Taman di hotel sebelah udah kerendem semua.

 IMG-20110929-00063  IMG-20110929-00064

Sore hari, kami turun ke bawah untuk belanja ke 7 Eleven dan melihat situasi di depan. Puji Tuhan tempat parkiran condo masih aman, dan ternyata depan condo merupakan perbatasan antara jalan terendam dan agak kering.

Hari Jumat tanggal 30 September 2011, banjir mulai surut walau jalanan masih tetap terendam dan papa Jonathan tetap blum bisa ke kantor. Begini kondisi hari Jumat pagi. Taman hotel sudah tidak terendam lagi, walaupun jalanan masih tetap terendam air.

IMG-20110930-00083IMG-20110930-00084 

IMG-20111001-00089Puji Tuhan sejak hari Kamis cuaca di Chiang mai cukup cerah dan tidak ada hujan yang menambahi banjir. Hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2011 jalanan mulai kering dan semoga banir tidak akan datang lagi.

Setelah banjir berlalu, pemerintah kota terlihat aktif membersihkan jalanan dari dari lumpur bekas rendaman air sungai. Hari minggu sore sepulang dari gereja kami melihat mobil penyiram tanaman beserta beberapa orang sedang aktif membersihkan jalanan. Sepertinya kota ini memang sudah berpengalaman dengan banjir.

Dari pengalaman banjir kali ini, jadi belajar untuk tetap menyediakan stok makanan di rumah. Kemarin kebetulan stok makanan masih ada walaupun sudah agak menipis. Yang senang dengan banjir ini ya Jonathan, soalnya papanya jadi di rumah terus beberapa hari dan dia bisa puas bermain dengan papa. Saya hanya bisa berharap banjirnya tidak datang terlalu sering.

2 thoughts on “Banjir di Chiang mai September 2011”

  1. wah hebat ya pemerintah thailand. coba di indonesia bisa begitu. tapi di chiang mai udah ga banjir lagi kan kak?
    salam kenaaaal 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *