2^5 Tahun

Hari ini genap sudah usia saya 32 tahun alias 2 pangkat 5 tahun. Artinya sekarang butuh 6 bit untuk merepresentasikan umur saya (100000 biner). Banyak hal yang sudah berlalu selama 32 tahun ini. Dulu di bulan Mei 1980, Byte Magazine berisi iklan printer Anadex yang Resolutionary:

 

resolutionary

Sekarang yang resolutionary adalah New iPad.

ipad3

Ini waktu dulu saya kira-kira umur 2^3 tahun.

Hidup saya sejauh ini terasa sangat membahagiakan, baik dalam hal keluarga maupun pekerjaan. Saya memiliki Istri dan Anak yang sangat saya cintai, dan kehadiran mereka selalu membuat saya bahagia. Saya bisa bekerja di tempat yang saya sukai, dengan orang-orang yang saya sukai, dengan gaji yang saya sukai. Tinggal di tempat yang saya sukai, sangat dekat dengan tempat kerja, jalanan tidak macet (hanya kadang-kadang saja di saat tertentu).

Saya juga sempat melakukan hobi saya setiap hari (memprogram dan membaca). Bisa pulang kerja tiap hari untuk makan siang bersama keluarga, bisa main dengan anak sepulang kerja. Beberapa orang sangat sibuk bekerja sehingga tidak sempat bermain bersama anak atau membantu istri di rumah. Saya diberkati, bisa ikut mengurus Jonathan sehingga tau semua perkembangannya (bergantian dengan Risna untuk bermain dengan Jonathan, membaca buku, bernyanyi, mengganti popok, memandikan, memberi makan, dsb).

Bersama dengan Risna saya merasa bahagia. Bisa saling percaya 100% padanya (kami tahu semua PIN dan password masing-masing dan keuangan diurus bersama dari sejak dulu). Bisa berdiskusi apa saja karena kami punya dasar ilmu yang sama. Bisa berdikusi panjang lebar tentang buku, film, mengurus anak. Bisa tertawa pada joke yang sama, dan menyukai jenis film yang sama. Kami suka film komedi, action, terutama yang berbau mata-mata, konspirasi, sains (misalnya: Bones, Fringe). Mungkin ini kedengaran biasa, tapi kami berdua bisa mengerti jalan cerita film dan teknologi yang digunakan. Pernah saya ngobrol dengan cewek yang nggak ngerti inti cerita The Matrix, capek deh berusaha menjelaskan itu.

Hal-hal terjadi setahun terakhir ini ada banyak. Pencapaian terbaik adalah: bisa ikut membantu Risna mengurus Jonathan tanpa baby sitter. Sekarang menjadi satu-satunya programmer senior di tempat kerja. Akhirnya merilis beberapa aplikasi shareware untuk dijual (dari dulu banget pengen melakukan ini, tapi akhirnya selalu memberikan aplikasi secara gratis/freeware, baru tahun lalu kesampaian mulai menjual shareware).

Harapan saya semoga saya bisa melihat dunia di saat umur saya sudah membutuhkan representasi 7 bit (minimal 64 tahun). Bisa tetap selalu berkarya, dan hidup bahagia dengan istri dan anak-anak saya (harapannya lebih dari satu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *