Pindah Server (edisi 2015)

Terakhir kali Pindah server, saya lakukan bulan Agustus tahun 2013. Sekarang saya sudah pindah lagi. Tujuannya sekarang adalah: mempermurah biaya bulanan. Sekarang pindah ke online.net. Dedicated server 15.99 Euro, plus 1.99 Euro karena saya butuh IP tambahan, jadi total 17.98 euro (sekitar 21.13 USD) per bulan. Lumayan hemat 50%.

Di cerita posting terakhir, saya masih memakai OVH plus Digital Ocean. Setelah memakai server OVH 59 usd/bulan agak lama, saya pindah ke 39 USD/bulan karena ternyata saya tidak butuh RAM dan CPU sebanyak itu untuk barinstall. Karena penggunaan cloudflare sangat mengurangi beban server, akhirnya saya memindahkan semua hosting di digital ocean ke OVH.

Sejak Blackberry mengijinkan install langsung APK di BB10, pengguna http://barinstall.com tidak banyak lagi, lama-lama 39 USD per bulan pun terasa berat. Jadi saya cari hosting yang lebih murah, dan ternyata ada di Perancis (online.net). Performance servernya bagus, RAM 8 GB, dengan disk 1 TB (boleh juga pilih memakai SSD 120 gb, tapi saya lebih butuh disk space). Dapet satu blok/48 IPV6, tapi hanya dapat 1 IPV4.

Saya baru memindahkan server mulai awal Januari ini, sejauh ini tidak ada masalah dan semoga tetap demikian. Setelah 1.5 tahun, saya juga berencana merombak server di rumah (tapi ini belum dilakukan, barang-barangnya masih dipesan), nanti ceritanya akan diposting lagi di blog.

Kadang saya terpikir bahwa pindah-pindah server ini hanya menghabiskan waktu aja. Tapi setiap kali perpindahan dilakukan, saya merasa bahwa hal ini juga berguna:

  • Saya jadi mengevaluasi lagi setup saya
  • Saya merefresh ilmu saya, plus update dengan ilmu terbaru (minimal dalam hal setting server dan mengenal versi software terbaru)
  • Saya jadi menyempatkan diri bersih-bersih data-data tidak penting di server
  • Saya jadi menghemat

Penghematan yang saya dapat sebagian saya habiskan di layanan online lain, misalnya sekarang saya jadi berlangganan iCloud 0.99 USD per bulan (daripada kehilangan data kalau tidak sempat backup, karena data saya di iPhone + iPad + iPod sudah lebih dari 5GB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *