Cara cepat hacking ribuan site dan menjadi kaya secara ilegal

Baru-baru ini membaca berita tentang tertangkapnya ‘hacker’ muda yang membobol ‘ribuan’ site. Bagi yang melek dunia security, berita ini biasa saja. Tapi tentunya bagi orang awam ini kedengaran hebat.

Saya kasihan dengan orang jujur yang berkomentar benar, tapi malah dibalas dengan: “emangnya kamu bisa hacking sebanyak itu?” Jadi ya saya  tuliskan saja caranya di artikel ini. Ini bukan untuk ditiru, tapi sebagai petunjuk bagaimana mengamankan diri dari serangan semacam ini.

Pertama kita liat dulu yang dimaksud “hacking” di sini apa. Biasanya yang diketahui orang adalah sekedar mengubah sebuah homepage (atau menaruh sebuah file di sana). Tentunya ini nggak keren kalau tidak dipamerkan.

Masalahnya hasil deface seperti ini bisa diperbaiki dalam hitungan menit atau jam (maksimum beberapa hari jika adminnya sedang libur). Jadi supaya ketenaran sesaat ini terdokumentasi, ada situs-situs yang akan mencatat sejarah bahwa ini pernah terjadi. Contoh situs yang mentrack ini adalah http://www.zone-h.org (internasional) dan http://defacer.id/ (Indonesia, saat ini sudah tutup).

Hack Ribuan Situs

Ini profile salah satu contoh hacker yang katanya “meretas” lebih dari 4000 situs. Di sini ada penjelasan ekstra bahwa dari 4239 situs,3443 di antaranya adalah mass defacements.

Mass defacement ini adalah defacement yang paling mudah, artinya defacement otomatis dengan tool, tidak dihack satu per satu, ini nggak perlu skill jika toolnya bukan bikinan sendiri. Intinya cukup menjalankan tool untuk mencari bug di berbagai situs, dan jika beruntung menemukan bug, langsung otomatis mengeksploit (mengganti teks, atau mengupload file), dan kalau lebih beruntung lagi sekalian dapat akses shell dan bahkan root (dengan autoroot).

Penjelasan panjang dan detail mengenai mass defacement bisa dibaca di sini, artikel ini dari tahun 2010, tapi intinya masih sama. Yang penting dilakukan: rajin mengecek adanya bug baru yang belum sempat di patch. Contohnya bug yang belum lama ini ada adalah yang menimpa wordpress 4.7/4.7.1. Jika Anda punya sedikit skill otomasi, bug ini mudah sekali dieksploit. Ribuan situs bisa diretas dalam waktu relatif singkat.

Berikutnya ada bug-bug yang perlu semi manual, artinya agak susah diotomasi. Jika kebetulan menemukan jackpot, misalnya contol panel sebuah hosting,  maka ratusan domain di satu server bisa dideface.

Bagimana jika situsnya sulit ditembus? cara berikutnya yang “bodoh” tapi ternyata cukup efektif adalah: bruteforce alias mencoba satu per satu password dengan wordlist (daftar kata password yang umum). Daftar password ini bisa didapat dari berbagai situs. Sudah beberapa kali situs besar seperti Yahoo, LinkedIn, dsb passwordnya bocor, jika passwordnya digunakan ulang (reuse) di sebuah situs, maka account itu langsung bisa “dihack”.

Apa yang dibruteforce? apa saja yang tidak di batasi rate-nya dan tidak memakai captcha, bisa berupa ssh, remote desktop, login blog, login admin console, dsb. Tool untuk bruteforce juga tersedia secara gratis, contohnya THC hydra, dan untuk website bisa memakai burp suite atau Zaproxy.

Biasanya yang paling gampang dibruteforce adalah: email. Dengan akses email, mudah mengakses apa saja yang terhubung dengan email tersebut (dengan fitur forgot password). Di level ini butuh sedikit skill yang bisa dipelajari hitungan jam (jika Anda developer/admin) sampai beberapa hari (orang awam/pemula).

Host-host yang berhasil dihack dengan mass defacement dan berhasil diakses shellnya bisa menjadi senjata sebagai host yang melakukan bruteforce. Dengan cara ini, alamat IP yang melakukan bruteforce ada banyak.

Dengan target ribuan IP, bisa didapatkan lagi ratusan website yang bisa dideface, kali ini bisa manual ditambahkan supaya nggak masuk kategori “mass defacement”. Andaikan dapat rata-rata 5 login per hari, enam bulan (180 hari) cukup untuk deface 900 situs.

Masih belum berhasil juga? cara berikutnya adalah phishing alias mengirim email untuk menipu korban. Dibutuhkan skill social engineering (skil menipu), dan kadang sedikit skill untuk mensetup website yang tampak seperti website asli sebuah perusahaan/bank.

Banyak perusahaan memakai hosting lokal, dan managemen domain bisa dilakukan via web. Jika ini dibruteforce dan kita mendapatkan akses ke konfigurasi DNS, maka kita bisa menambahkan subdomain sendiri. Untuk orang awam, DNS ini seperti “tabel” yang memetakan nama ke alamat mesin.

Misalnya kita bisa menambahkan subdomain hack.situsterkenal.com, dan bisa kita arahkan traffic subdomain tersebut ke server kita sendiri. Perhatikan bahwa di kasus ini situsterkenal.com servernya sama sekali tidak diakses (softwarenya aman, data kartu kredit dsb aman), hanya saja “tabel” yang memetakan hack.situsterkenal.com diubah ke server lain.

Hack DNS ini juga bisa berbahaya, karena bisa dipakai untuk mengarahkan email yang diterima situsterkenal.com ke serverlain. Jika email sebentar saja diarahkan ke host lain, maka segala macam email reset password bisa ditangkap.

DDOS

Masih sebel karena situsnya tidak berhasil dihack? biasanya yang dilakukan script kiddies adalah melakukan DDOS (distributed denial of service attack). Dengan ini situs tidak bisa diakses karena banyak traffic sampah diarahkan ke domain itu. Serangan seperti ini sangat hina dina, karena berarti situsnya sudah aman dan tidak terpikir cara lain.

Carding dan Memeras

Saya tidak akan membahas detail bagian ini, karena ilmunya sangat menyusahkan orang lain. Jadi di sini saya akan memberikan beberapa contoh saja cara ilegal mendapatkan uang. Cara yang legal tentunya dengan bug bounty dan menjadi pentester resmi.

Jika ingin kaya dengan cepat, pertama yang bisa dilakukan adalah carding, alias memakai kartu kredit orang lain. Jika mendapatkan ribuan kartu kredit (dari hasil mass deface, ataupun hacking satu per satu), maka koleksi kartu kredit ini bisa dijual.

Bagaimana mendapatkan uang dari defacement? taktik yang biasanya dipakai adalah memeras. Misalnya dengan email:

Lihat link ini: situs-punya-kamu.com/abc.html

Saya berhasil ngehack, kalo mau saya kasih di mana celahnya, bayar 5 BTC ke saya

Tergantung keberuntungan, pemilik situs akan membayar, daripada omzet harian yang ratusan juta terganggu (saat artikel ini ditulis, 5 BTC sekitar 73 juta). Kalau mau terdengar sopan, sekalian posting di Twitter dengan  bahasa yang sopan ke pemilik accountnya

Saya menemukan “celah” di situs Anda, bisakah kita bekerja sama?

Tentunya kombinasi dari carding dan memeras bisa dipakai, misalnya:

Data kartu kredit di situs kamu dah di tangan saya, bayar 5 BTC supaya nggak saya sebarkan

Tapi yang dilakukan: BTC-nya diterima, tapi kartunya tetap disebarkan.

Tidak malu

Bagaimana jika keluarga bertanya bagaimana kok bisa mendapatkan duit banyak? Bilang saja kerja “pentesting”, walau “pentesting”-nya tidak diminta, dan “tarifnya” ditentukan sendiri. Sebagai catatan, pentesting yang benar bisa dilihat di posting saya yang lain.

Menjadi terkenal

Kalau ingin terkenal, lakukan kejahatan yang gampang dilacak, supaya ditangkap polisi dan masuk TV dan koran. Dengan modal ribuan situs yang sudah dihack di langkah pertama, akan terdengar sangat keren.

Ketika membaca berita, perlu dicatat: menimbulkan kerugian tidak sama dengan menerima keuntungan. Kalau saya memecahkan kaca mobil seseorang dengan batu, saya sudah meninggalkan kerugian besar (apalagi jika mobilnya mahal), tapi saya tidak mendapatkan keuntungan apa-apa.

Andaikan ada keuntungan, belum tentu sama dengan jumlah kerugian. Kalau saya mencuri spion mobil seharga 4 juta dan menjualnya seharga 200 ribu, kerugian orang itu 4 juta, tapi saya cuma mendapat untung 200 ribu saja.

Hebat?

Definisi hebat bagi banyak orang berbeda-beda. Mungkin ada yang mengagumi maling ayam yang berhasil mencuri ratusan ayam baru tertangkap (bayangkan saudara-saudara, ratusan ayam, hebat nggak?). Ada yang kagum dengan pencuri yang sekali mencuri, dapat 13 lukisan senilai 300 juta dollar yang sampai saat ini tidak tertangkap (bayangkan berapa ayam yang bisa didapat).

Setiap penjahat juga punya standar sendiri tentang dosanya, punya pembelaan sendiri. Misalnya ada yang carding tapi targetnya hanya orang luar negeri (“setidaknya saya nggak ngehack bangsa sendiri”), ada yang hanya memeras perusahaan (“setidaknya saya nggak menyusahkan orang kecil”).

Bagi saya sendiri, hacker-hacker yang hebat adalah yang dengan jujur ikut program bug bounty, hacker-hacker yang membuat berbagai tools dan diterbitkan, yang berbicara di berbagai conference atau menulis untuk membagi ilmunya, hacker-hacker yang menemukan berbagai bug dan mendapatkan nomor CVE. Intinya, orang-orang yang membuat dunia jadi tempat lebih baik dari ilmunya.

Ciri-ciri script kiddies dibandingkan orang yang hebat yang saya sebutkan adalah: pelit membagi ilmu (karena memang tidak punya) dan sok misterius supaya dibilang hebat.

Mengamankan Diri

Bagian terakhir ini yang penting untuk mengamankan dari penjahat-penjahat seperti yang saya gambarkan di atas.

Seringlah mengupdate software Anda, baik itu di komputer (desktop/laptop/server), maupun ponsel. Ini akan menutup banyak celah.

Jika Anda admin dan atau developer, jangan sampai sistem Anda bisa dibruteforce. Sebagai  admin, Anda bisa mengkonfigurasi masing-masing komponen sistem agar tidak bisa dibruteforce (atau diperlambat), sistem juga bisa dilindungi dengan melakukan banning terhadap suatu IP misalnya dengan fail2ban. Jika Anda developer bisa menambahkan captcha. Jika terpaksa membuka sesuatu yang bisa dibruteforce, gunakan password yang sangat kuat.

Sebagai pribadi, gunakan password yang sangat sulit ditebak untuk situs penting, terutama email. Gunakan password yang berbeda untuk berbagai situs. Minimal jika Anda malas, milikilah dua password: password penting dan tidak penting. Jika ada opsi two factor authentication, gunakan itu (biasanya berupa SMS atau app untuk login).

Coba cobalah “hack” diri Anda sendiri, dengan fitur forgot password sebuah situs (situs email, facebook). Apa yang muncul di situ? apakah sekedar menanyakan tanggal lahir dan nama Ayah sudah bisa direset passwordnya?

Banyak pihak dan institusi tidak memonitor setiap account. Misalnya jika ada yang berhasil menghack account Anda untuk jualan pulsa, pemilik situs tidak tahu apakah Anda memang melakukan transaksi atau Anda dihack. Jadi sesekali lakukan monitoring hal-hal yang mencurigakan.

Saran saya untuk sekarang masih hobi mendeface, tingkatkanlah skill Anda, jangan cuma lakukan apa yang bisa Anda lakukan sekarang. Meski tidak segampang jalur ilegal, menurut saya jalur jujur lebih patut ditempuh.

If you only do what you can do, you'll never be better than what you are -  Shifu
If you only do what you can do, you’ll never be better than what you are – Shifu

21 thoughts on “Cara cepat hacking ribuan site dan menjadi kaya secara ilegal”

  1. Gan, cuma mo nambahin aja, kalo di zone-h mass defacement itu karena IPnya sama, biasanya itu web hosting, atau di IP yang sama banyak vhost.

  2. Omongan lo banyak benernya juga, tapi karena gw ngga suka sama sifat sombong lo, semua yang lo tulis jadi ga berharga buat gw.

    1. Hehehe, saya nggak tau kalo nasihatin maling itu harus dengan rendah hati. Sombong banget ya malingnya, yang nasihatin aja harus dengan rendah hati.

    1. Tergantung level social engineeringnya. Ada yang bisa membuat seseorang sampe mentransfer dana ratusan juta dollar. Kalo sekedar supaya seseorang mengklik link/ngasih password sih ya sekedar skill tipu-tipu.

  3. Saya suka bagian “Saya menemukan “celah” di situs Anda, bisakah kita bekerja sama?”. Kayaknya pernah baca dimanaaaaa gitu. hahahahahahaha..

    1. Ini hanya ilustrasi saja, segala bentuk kesamaan dengan dunia nyata adalah disengaja 😀

  4. tabu banget nih artikel.. seolah-olah si ts udah paling pro di seantero dunia xD

    1. Nangkepnya salah. Justru ini buat ngasih tau kalo yang dianggap hebat belum tentu hebat.

      Plus, saya sendiri belum seperti “hacker hebat” yang saya deskripsikan, belum nemu bug yang ada CVE ID-nya, belum pernah jadi pembicara di conference, dsb.

    2. lol… komen goblok tanda tak mampu. :v
      komen anonym lagi. cih… gn ni kl orang indo ngeshare2. dihujat oknum sebangsanya. maju terus bang yohanes… 😀 terus berkarya

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.