14 Tahun Blogging Bareng

Hari ini tepat 14 tahun sejak saya dan Risna ngeblog bareng. Sebelumnya kami pernah punya blog juga, tapi yang masih rajin diupdate sampai sekarang hanya blog ini. Kenapa masih ngeblog sampai sekarang? dan sebenarnya buat apa sih ngeblog?

Kami di tahun 2004
Kami di tahun 2004

Dulu awalnya isi blog ini kebanyakan hanya pengalaman sehari-hari, dan penuh dengan komplain terhadap berbagai hal. Sekarang ini berbagai komplain kecil biasanya masuk ke media sosial. Sebagai pengingat, waktu blog ini dibuat, Facebook belum terbuka umum (baru 2006 Facebook dibuka untuk dunia), Twitter juga belum ada (Twitter baru diciptakan 2006 juga).

Dari sejak 2004, archive.org sudah mengarsip situs ini

Beberapa orang ngeblog dengan tujuan komersial atau untuk mencari uang. Blog kami ini tidak ditujukan untuk itu. Untuk yang tujuannya komersial, tentunya ngeblog tujuannya jelas: mengundang pengunjung untuk membaca artikel, dan mungkin mengklik iklan atau menjual produk.

Kami sempat juga ngeblog di platform lain, dua yang diingat: Multiply dan  Friendster,  keduanya sudah tidak ada lagi. Media sosial datang silih berganti, tapi blog ini bisa dipelihara selama kami masih ada dan juga akan tetap terarsip di archive.org.  Ini alasan kami masih ngeblog sampai sekarang walau juga menggunakan media sosial.

Isi blog juga mudah dicari dengan search engine dan sifatnya terbuka, tidak dibatasi oleh Facebook/Twitter atau provider lain. Berbagai konten seperti potongan source code mudah dimasukkan ke dalam blog (sulit di Facebook atau media lain).

Banyak orang suka posting sesuatu di Facebook dan Twitter bisa mendapatkan kepuasan dari jumlah “like”/”retweet”/”share”, walau semuanya itu hanyalah kepuasan semu. Dulu orang masih suka berkomentar di blog, tapi sejak beberapa tahun lalu sudah jarang ada komentar di blog walaupun dishare ribuan orang di Facebook (orang-orang akan berkomentar di bagian komentar Facebook, tidak di blognya langsung). Bagi kami kepuasan ngeblog adalah sekedar bisa menuliskan isi pikiran, tidak terlalu peduli dibaca orang atau tidak.

Jadi singkatnya kami masih menulis di blog walau memakai media sosial karena: blog itu lebih tahan lama, blog itu mudah dicari dengan search engine, dan kami punya lebih banyak kontrol terhadap isi dan tampilan blog ini.

Lalu sebenarnya buat apa ngeblog? ada banyak alasan kami masih menulis. Dengan ngeblog, kami berusaha tetap belajar menyampaikan isi pikiran yang panjang secara terstruktur dalam bentuk tulisan, bukan sekedar status pendek di Twitter atau Facebook.

Sudah ratusan kali kami mencari informasi di Internet dan akhirnya sampai di blog seseorang dan informasi tersebut membantu kami. Dengan ngeblog, ini juga merupakan bentuk terima kasih dan balas budi, supaya orang lain juga mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dari tulisan kami.

Kami menuliskan banyak kisah hidup juga sebagai pengingat: dulu liburan 2012 ke mana saja? ketemu siapa? Sebenarnya kami juga menyimpan arsip semua foto, tapi lebih mudah mencari teks di blog. Bagi orang yang suka kepo, juga bisa mudah membaca kisah hidup kami di blog ini, tidak perlu menambahkan jadi teman di Facebook 😀

Kadang saya capek menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang, jadi saya tuliskan dalam bentuk artikel di blog, supaya jika ada yang bertanya, saya akan memberikan link ke artikel blog tersebut.  Misalnya ada yang bertanya: pentest itu ngapain sih? reverse engineering itu apa? saya cuma tinggal memberikan link-link untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Walaupun pengikut blog ini tidak banyak (kami memang tidak mencari follower), tapi selama belasan tahun sudah punya banyak sejarah. Waktu membahas Brontok, blog ini sempat diblock oleh virus Brontok, jadi alamat blog ini “terabadikan” dengan terdaftar di beberapa situs antivirus (contohnya di Sophos dan F-Secure)

Tercantum di situs antivirus Sophos

 

Juga muncul di F-Secure

Blog ini pernah juga muncul di detik.com (karena masalah kebocoran data pemilih di Bangkok dan masalah bug Gojek). Sebenarnya agak mengkhawatirkan juga cara detik melink gambar, kalo tiba-tiba gambarnya saya ganti gimana?

Kalau gambar dilink itu diganti, gambar di website detik akan berubah

Untuk bug gojek: website ini juga pernah muncul di berita TV dan berbagai web lain selain detik. Dan ketika search alamat blog ini, ternyata url blog ini juga pernah masuk buku.

Dilink di buku Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selain yang resmi yang sudah disebutkan, konten blog ini juga banyak dicopy tanpa ijin ke berbagai website lain tanpa menyebutkan sumbernya (baik nama blog ataupun penulisnya). Dulu kami sempat kesal, tapi lama-lama ya sudahlah, asalkan tidak terlalu komersial dan ilmunya masih disebarkan.

Kami berharap bisa terus ngeblog, dan isi blog ini bisa dibaca oleh anak cucu kami suatu hari nanti.

Satu tanggapan pada “14 Tahun Blogging Bareng”

  1. Salut om. Jadi semangat ngeblog lagi nih. Udah vakum 2 tahun karena pekerjaan. Iseng2 nyari ilmu reverse engineering malah ketemu blog ini. Salam buat keluarganya om.
    Salam hangat dari Blogger Kota Sorong Papua Barat. GBU

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.