Surat buat para perokok

Di setiap bungkus rokok ataupun di setiap iklan rokok selalu ada peringatan pemerintah bahwa merokok itu berbahaya. Bahkan ada aturan iklan tivi untuk rokok tidak boleh menunjukkan ada orang yang merokok. Terus gw tau juga kalo VJ MTV terikat kontrak ekslusif dan tidak boleh membawa acara yang sponsornya rokok (walaupun MTV aneh, merokok atau narkoba ga boleh tapi dia malah ngiklanin kondom). Eh sebelum ngelantur kemana2 gw bukan mo nyorotin MTV, gw cuma sedang menyoroti orang2 yang merokok yang pada umumnya adalah orang2 yang sudah dikuasai oleh rokok sehingga mereka selalu merasa tidak berdaya kalau ga merokok (sorry buat yang merasa orang2 tak berdaya itu).

Gw tau kalau kabarnya industri rokok merupakan pembayar pajak terbesar di negara ini, gw tau orang berhak untuk menyia-nyiakan hidupnya dengan merusak paru2nya dan paru2 dunia ini dengan asap rokok, gw cuma mo bilang orang2 yang tidak merokok juga berhak untuk mendapatkan udara yang bersih untuk paru2nya, apakah polusi udara karena asap pabrik ataupun kenderaan bermotor yang tak terawat mesinnya belum cukup untuk merusak kebersihan udara kota? apakah masih perlu lagi ditambah dengan kepulan asap dari berbagai merek rokok yang dikeluarkan oleh orang2 stress dan tak punya toleransi terhadap orang yang tidak merokok? Kalau memang ga puas merusak alam dengan polusi asap pabrik dan kenderaan bermotor, well..Gw hanya bisa bilang buat kamu2 yang merokok, silahkan merokok, tapi gw juga mo minta tolong, perhatikanlah lingkunganmu, kalau kamu berada diruangan tertutup dan hanya ada kamu silahkan merusak dirimu, kalau kamu berada di lapangan luas dan hanya ada kamu dalam radius 10 m silahkan merokok, tapi tolong jangan tambahi polusi di paru2 orang seperti gw yang tidak merokok tapi harus jadi perokok pasif karena keegoisan kalian para perokok, kenapa kalian harus merokok di ruang tertutup seperti lift ataupun ruang ber AC yang sudah jelas2 ada tulisan dilarang merokok, kenapa kalian merokok di foodcourt yang jelas2 memakai AC? kenapa kalian merokok di angkot yang tanpa rokok kalian udah cukup pengap dan sesak? kenapa kalian merokok ditengah2 orang yang tidak merokok? jangan salahkan kami yang tidak merokok karena kami tak suka membakar uang kami, jangan anggap kami yang tidak merokok itu tidak ‘gaya’, jangan melotot kepada kami kalau suatu hari salah satu dari kami menegur anda2 yang merokok dan dianggap merugikan kami dari hak mendapat udara bersih, karena kita sama2 punya hak, mungkin anda berhak merokok, tapi saya berhak untuk mendapatkan udara bersih. Gw gak akan pernah protes kepada orang2 yang merokok kalo saja mereka tau diri untuk merokok pada tempatnya.

Well..mungkin akan ada yang anggap gw berlebihan, gw bersyukur bokap gw udah berhenti merokok sejak gw ‘sadar akan dunia’, gw bersyukur kalo joe ga merokok, gw ga tau apakah gw bisa bertahan hidup kalo orang serumah gw merokok. Faktanya adalah, setiap kali gw terkena asap rokok (entah dengan merek apapun itu) gw pasti ga bisa lolos dari sakit tenggorokan. Walaupun asapnya hanya sedikit sekali terhirup ke gue pasti ga lama kemudian amandel gw bereaksi, untuk kadar asap yang lebih banyak gw pasti tepar paling gak gw demam sejenak :(. Gw merasa dirugikan oleh orang2 yang merokok, gw merasa hak gw untuk hidup sehat dikebiri, gw ga pengen mengebiri hak orang yang merokok, silahkan rusak dirimu, tapi tolong jangan ngajak2 orang lain, carilah tempat yang tidak menganggu orang yang tidak merokok jika anda ingin merokok. Lebih baik lagi jika anda bisa berhenti merokok, jangan beralasan itu akan mengurangi penerimaan negara kita, masih banyak usaha lain yang bisa di lakukan negara ini untuk menerima penghasilan, bikin polling kek bikin apa kek yang lain asal jangan merokok dan membakar duit.

Udah ah, idung gw udah meler neh, dari kemaren ada tamu yang mengotori lingkungan sekitar rumah gw dengan rokoknya 🙁 sebelll…….:((

6 thoughts on “Surat buat para perokok”

  1. Sama. Gw juga paling sebel liat perokok tak beradat itu 🙂
    Btw, merokok justru tidak gaya lho. Kalau dilihat kecenderungan di negara2 maju
    tingkat perokok makin berkurang. Bahkan di kota2 modern fasilitas bagi perokok dikurangi dan mereka dikucilkan jadi warga kelas dua.

  2. Setuju, aku juga benci banget rokok, gara2 tuh rokok, aku sakit batuk2 udah seminggu,
    kata dokter paru2 ku lengket gara2 jadi perokok pasif :(,
    kurang ajar banget gak tuh para perokok?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.