Semua merasa benar – pilih siapa ya 5 Juli

Sebenernya gw tertarik dengan judul tulisan di kompas.com mengenai kasus gula impor, semua pihak merasa benar dan kalau udah begitu ga tau juga kenapa malah jadi kasus. Gw jadi terpikir dengan trend yang ada saat ini menjelang pemilu presiden 5 juli 2004. Kemarin gw sempet baca beberapa janji2 surga yang di berikan oleh masing2 pasangan capres-cawapres yang sempat terekam media. Terpikir untuk mengomentari setiap program, kok yah serasa gw malah jadi tim sukses gitu :P, tapi menurut gw semua program ga ada yang cukup kuat, entah kalo menurut yang lain, kadang2 programnya agak mengada2 bahkan ga penting.

Gw ga pengen milih asal aja, gw juga ga mau membabi buta memilih salah satu pasangan tanpa alasan, masalahnya, dari semua pasangan yang meragukan itu, gw harus pilih 1 yang terbaik(menurut gw). Kalo milih yang terbaik diantara yang kurang baik rasanya kok yah lebih sulit daripada milih yang terbaik diantara yang terbaik. Yang jelas semua calon merasa dirinya yang paling benar dan paling pantas… well..gw pengen mencoba analisa setiap janji surga dan jawaban2 yang pernah gw denger dari debat capres menurut sudut pandang gw (mungkin tulisan ini sifatnya sangat subjektif, jadi kalo ada yang ga sependapat buat gw sah2 saja) . Janji2 yang gw komentarin ini adalah yang gw baca di kompas beberapa hari lalu

1. Pasangan Wiranto – Wahid dari Golkar
janji yang menurut gw aneh :
“menjanjikan Abdurrahman Wahid menjadi penasihat presiden”
aneh karena setau gw gus dur dari dulu selalu nyela2 golkar, terus gus dur kan terkenal dengan suka ngasih komentar asal, kalo dia jadi penasihat ntar gimana yah? apa ini suatu taktik untuk menarik masa PKB ? padahal gw baca di koran hari ini PKB akan menolak militerisme. Well..gw ga ngerti strategi apa yang di mainkan, karena ini bisa jadi bumerang sih, soalnya yang ga suka ama gus dur juga jangan2 lebih banyak daripada yang simpati (belum pernah survei juga sih).

Pendapat gw tentang wiranto : menurut gw Wiranto cukup punya kharisma. bahkan dulu sempet di jagokan jadi capres sebelum tragedi Mei, gw ga tau apakah ntar kalo dia jadi Presiden style mimpinnya kayak pak Harto atau nggak, tapi yah untuk seseorang yang terbiasa dengan gaya disiplin militer, takutnya emang terlalu tegas dan kejam, jangan2 jadi seperti masa orde baru lagi 🙁 .

2. Pasangan Mega-Hasyim dari PDI-P
Janji yang aneh menurut gw : “mengangkat 100.000 guru baru tiap tahun”. Kalo misalnya gaji guru tetep kecil, lha sapa yang mau diangkat jadi guru? nah kalo misalnya gajinya dan tingkat kesejahteraan guru di naikkan, baru deh mungkin orang akan berlomba2 menjadi guru. Gw liat sekarang emang orang2 jarang sekali yang mau jadi guru, jadi no wonder UAN aja mo lulus 40% pada ribut, mungkin saja yang jadi guru itu kebanyakan orang yang terpaksa (bukan karena idealismenya).

Pendapat gw tentang Mega : buat gw semua yang dilakukan Mega untuk mengangkat bangsa ini dari keterpurukan selama 3 tahun sudah cukup optimal. Gw setuju kalo Mega lebih mementingkan masalah ekonomi daripada mikirin balas dendam dengan Orde Baru. Karena ada yang namanya First Things First. Lebih penting mana membuat negara ini jalan roda perekonomiannya atau membalas dendam tapi negara ini morat marit terus menerus? lagian itu memberi tanda bahwa Mega berorientasi ke depan bukan terus menerus hidup di masa lalu. Mungkin masalah dengan Mega adalah karena kemaren2 dia tidak berlatih pas acara2 debat, sekalinya ikut debat beliau terlihat tidak fokus, menurut gw kesempatan untuk dia menyelesaikan rencana2nya masih memungkinkan Indonesia lebih baik. Sudah teruji katanya dan terbukti Indonesia lebih baik daripada jaman krisis. Mungkin Mbak Mega yang tidak banyak bicara ini tergolong orang2 dengan moto diam itu emas, ga banyak bicara tapi banyak bekerja, kalo kata Joe, dia punya orang2 yang pinter dan pandai bicara, ngapain dia jadi orang yang banyak bicara dan sok pinter 😀 hmm..bener juga…

3. Pasangan Amien – Siswono dari PAN
Pendapat yang aneh menurut gw : “Bekerja 24 jam sehari”, “mengadili Soeharto dan kroninya” dan “Menghukum mati koruptor”.
Menurut gw, terlalu muluk kalo bilang kerja 24 jam sehari, emangnya dia ga butuh istirahat? kalo bener dia kerja terus2an bisa2 semua kabinetnya berumur pendek (walau umur ditangan Tuhan). Masalah mengadili Soeharto dan kroninya, apa dia yakin dia bukan salah satu kroni? apa sih definisi kroni itu? Kenapa sih mentingin balas dendam? lagian Soeharto udah tua gitu, ga dihukum mati juga paling ninggal nunggu waktu. Terus masalah hukum mati koruptor, wah..gw denger 80 % pejabat pemerintah saat ini adalah koruptor, berarti akan ada penggantian 80% pejabat pemerintah, dan akan sangat banyak isak tangis di negeri ini, karena untuk keluarga orang2 yang duduk di pejabat pemerintah sudah bisa di pastikan akan mengalami dukacita yang mendalam. Terus apa kita bisa berbahagia diatas penderitaan orang lain? Kok ya kejam gitu yah, apa iya pasangan ini benar2 tidak pernah sedikitpun melakukan dosa korupsi ini? I don’t think so. Toh dari dulu juga mereka udah ikut2an dalam pemerintahan, sedikit banyak mereka mungkin pernah menyetujui keputusan yang sekarnag di anggap keputusan Soeharto doang.

Pendapat gw tentang Amien:seandainya dia terpilih PNS akan senang karena selalu dapat gaji ke-13, bangsa ini akan berkutat dengan urusan dendam masa lalu, mudah2an aja perekonomian ga terlupakan. Oh ya satu lagi programnya menghapus beras impor, artinya sepertinya pak Amien ini ingin membangun Indonesia dengan kekuatan sendiri, dengan PNS2 nya yang setau gw paling sering nyolong jam kerja melakukan hal2 lain selain kerjaan dan sering pulang cepat sebelum waktunya hehehe ( i know it because my mom dulunya PNS juga). Pak Amien ini pintar ngomong, tapi semoga ga NATO alias No Action Talk Only, kalau emang pak Amien punya idealisme dan tetap konsisten dengan idealismenya itu semoga aja sih beliau bisa bener2 membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Tapi kok yah sepertinya beliau ini ambisius sekali jadi presiden, gw ngerasa pas pemilu taun lalu begitu dia melihat gelagat ga bakal kepilih jadi presiden dia langsung cari posisi aman jadi MPR, terusss dia majuin gusdur jadi presiden, nah ditngah jalan dia ngeributin pemerintahan gus dur dan ngajuin mega, sepertinya dia akan melakukan segala cara untuk jadi presiden, kok yah serem aja kalo ntar dia kepilih bakal gimana yah ….

4. Pasangan SBY-Kalla dari Partai Demokrat.
Janjinya yang aneh menurut gw : “Dalam 100 hari pertama presiden tidak boleh jalan2 ke luar negeri” dan “menghabiskan waktunya untuk bertemu rakyat, petani, nelayan, terutama pesantren yang selama ini jarang di kunjungi”, Kayaknya kalo emang di perlukan untuk urusan dengan luar negeri, kenapa nggak sih ke luar negeri? nah tapi kalo untuk sekedar jalan2 kayak gus dur kemaren itu emang aneh!!!, terus kalo menghabiskan waktu dengan bertemu rakyat, lha kapan kerjanya pak?? ntar kerjaanya ngobrol2 doang dong?? Maksudnya sih baik, tapi kok yah kurang prinsip yah

Pendapat gw tentang SBY : gw liat beliau cukup punya kans, sebagai orang baru dia udah cukup melejit dengan cepat, bahkan katanya di beberapa polling dia dapat posisi nomor 1, ga tau apakah itu bagian dari kampanye tim suksesnya yang buat dia nomor 1 di polling. Yang gw suka dari program beliau ini adalah janjinya untuk melakukan transparansi untuk semua hal di pemerintahan, semua akan di audit, wah wah kalau bener2 bisa berarti orang bakal susah korupsi. Kelemahan beliau ini adalah karena dia orang baru yang dari militer, dia kemaren dianggap mundur disaat di butuhkan dan ga mendukung pemerintahan, padahal kalo menurut versi dia, dia mundur karena sudah tidak di anggap ada lagi. Well..sedikit banyak prinsipnya mundur karena sudah tidak sejalan lagi mirip dengan gw yang kadang2 mundur untuk hal2 yang udah ga cocok lagi di gw. So far jawaban2 dia dalam debat presiden cukup menjanjikan, tapi…belum terbukti juga sih…

5. Pasangan Hamzah – Agum dari PPP
Janji yang aneh menurut gw : “Biaya pendidikan SD-SMA gratis, khususnya untuk rakyat miskin”, “menghidupkan kembali departemen penerangan”, “dalam 100 hari akan mengubah dan mengganti semua produk hukum yg tidak sesuai dengan reformasi dan mengajukan pelaku korupsi ke pengadilan”. Keanehannya karena bagaimana mungkin dia mengratiskan SD-SMA? emangnya pendidikan murah meriah? janjinya terlalu muluk2 ah. Terus buat apa sih ada departemen penerangan? terus apa semudah itu mengganti produk hukum? apa udah dia kaji semua sejak sekarang?? ah terlalu muluk2 semua janjinya.

Pendapat gw tentang Hamzah : ga ada tampang jadi presiden, dan gw ga ngerti kenapa mbak Mega memilih dia jadi wapresnya sekarang. Kemaren pas acara debat aja ternyata dia lebih parah dari mbak Mega, ngomong aja masih belepotan . Oh ya satu lagi gw ga suka dengan hamzah haz karena dia punya banyak istri 🙁 no further comment buat bapak satu ini

Well dari semua calon, sepertinya mereka semua setuju akan pemberlakuan hukuman mati 🙁 sedangkan gw sama sekali ga setuju hukuman mati, buat gw mendingan hukuman seumur hidup daripada hukuman mati, tapi kata Joe, sistem peradilan negara ini masih kacau, jadi daripada ntar yang dihukum seumur hidup malah bisa lolos kayak Eddy tansil, mendingan langsung di hukum mati, terutama untuk pengedar drugs. well…somehow gw tetep ga setuju, karena dengan sistem peradilan yang masih kacau itu, sapa yang menjamin bahwa hakim menghukum orang yang emang bersalah? sapa yang menjamin yang di hukum mati itu emang bener2 bersalah??? ah entahlah…yang jelas semua capres itu merasa programnya yang terbaik, beberapa program mirip2, hanya saja ada yang rajin ikut debat capres ada yang memilih diam dan bekerja daripada jadi selebritis.

Siapa yang akan gw pilih 5 juli yah….katanya suara gw ngaruh banget….masih lieur euy….pengennya pemilu besok langsung final ga pake putaran ke-2, biar ga deg2an terusss….

Satu tanggapan pada “Semua merasa benar – pilih siapa ya 5 Juli”

  1. Kalo gue seh stuju hukuman mati buat pemerkosa yg udah jelas2 dia pelakunya, pengedar narkoba dan perampok2 sadis yg suka maen tembak aja. Daripada dibiarin idup trus ada yg kabur blm lagi ngabisin duit pemerintah aja buat ngasi mkn mereka seumur idup. Shock therapy itu perlu lagi, jadi kalo ada yg mau ngelakuin gal yg sama org tsb bs rada mikir karena hukumnya yg serem itu. Tapi gue stuju seh kalo perangkat hukumnya kudu diberesin dulu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.