Poligami itu dosa gak?

Gw terinspirasi nulis sejak beberapa hari lalu nonton acara gosip di mana Ray Sahetapi nanya ke wartawan begini : “Saya pengen tanya, apa poligami itu dosa?”. Pertanyaan si Ray sebagai orang yang sudah masuk muslim dan membolehkan poligami, pertanyaan gw, kalo si Ray inget ajaran agamanya sebelum pindah agama apa dia pernah diajarin poligami itu dosa atau tidak?. Gw akan mencoba menuliskan apa yang terpikir oleh gw terlepas dari konteks agama mengijinkan atau tidak.

Setau gw setiap wanita ga ada yang mau di madu. Bahkan lebah aja dalam satu sarang cuma ada 1 ratu lebah. Gak akan bisa 2 ratu lebah hidup di sarang yang sama, masa manusia kalah sama lebah? sepondok 2 cinta? bullshit deh. Buat para pria, gw pengen tanya: apa sih cinta itu? apakah setiap kali jatuh cinta kita boleh menikah dengan orang yang kita cintai itu? emang dasarnya menikah itu cuma cinta? ga ada komitmen lain untuk sehidup semati? ga ada komitmen untuk setia dengan pasangannya?.

Kalau begitu ceritanya, sepertinya sebelum menikah, sebelum mengucap sumpah janji didepan Tuhan dan semua orang, perlu diketahui kecenderungan pasangan pilihan kita, apakah dia orang yang menikahi setiap yang dicintainya, atau bagaimana. Perlu diketahui juga apa dasar dia menikah dengan kita, apa karena desakan umur, apa supaya ada yang ngurus, apa supaya ada yang digandeng atau apa alasan yang sesungguhnya.

Sebenernya gw bukan cuma sebel ama Ray Sahetapy sih, tapi gw sebel ama cowo2 yang bisa membagi cintanya karena mereka mampu melakukannya. Termasuk gw sebel ama wapres kita sekarang. Gw sebel dengan semua pria yang berpoligami dengan alasan apapun, karena buat gw, untuk menikah cukup ada 2 orang. Walaupun ada orang yang alasannya menikah untuk membantu orang lain, apa membantunya kudu dinikahi? apa sih hakekat pernikahan itu sampe2 orang ada yang kepikiran untuk berpoligami (atau poliandri) apalagi mentang2 diijinkan oleh agama, make nanya2 segala : Poligami itu dosa gak? sedangkan selingkuh yang jelas2 dosa aja tetep dilakukan orang. Kalau gitu saya ganti bertanya : Bercerai itu dosa gak? nah looh… kalo ga dosa terus apa itu dianjurkan? bah!!! (hiihihi kok jadi emosi yah :P)

9 thoughts on “Poligami itu dosa gak?”

  1. padahal waktu baca komen lo di tempat gue, gue kira lo setuju dengan poligami ehehe

    yah… seperti itulah. Kata dewi yull juga, ayat al qur`an tidak boleh dipenggal penggal..
    dan lagipula..
    setau gue.. poligami boleh.. asal kamu bisa bersikap adil
    dan apakah wanita tidak pernah merasakan cemburu?
    dan sekali aja istri-nya cemburu… walau sedikit.. dia sudah tidak adil kan?

    itu sih kata guweeee

    🙂

    salam kenal

  2. sebagai laki2 gw sih menikmati fenomena ini hahaha…. j/k
    menurut gw, manusia kan makhluk bandel. belajar sedikit, udah belagak make ayat buat justifikasi. aneh2 aja dunia ini.

  3. poligami itu menurut agama gue gak dosa…tapi itu menuntut keikhlasan dan kerelaan penuh dari sang istri yang dimadu..well, sama dengan dewi yull, gue sendiri sih belum bisa begitu…jadi..gue blom bisa dimadu atau menjadi madu…rasa memiliki gue masih terlalu besar…hehehe 🙂

  4. kalau gue sih sangat menentang yang namanya poligami itu, karena mana ada waniya yang mau di madu, lagi pula kalau wanita dimadu apakah pria juga mau diracunnya ? jangan salahkan kalau nanti terbalaskan apa yang sudah ditanamkan (padi kali…)

  5. Kayaknya masih ada deh wanita yang mau di madu, kecuali kalo diseduh (pake air panas)
    baru deh gak ada yang mau.

  6. Saya mendefinisikan dosa sebagai pelanggaran terhadap satu peraturan atau janji. Simpel itu saja. Sekarang coba pikirnya gini, kalau dua orang nikah itu mereka membuat janji antar mereka atau janji dengan tuhan?

    Kalau jawabnya adalah antar mereka (di hadapan tuhan). Maka pelanggaran terhadap perjanjian dalam bentuk poligami atau poliandri kek, yah dosa antar mereka dong, ngapain juga nama tuhan dibawa-bawa. khekhehe…

    Kecuali kalau dikau lebih takut menyakiti hati tuhan daripada perasaan pasanganmu…
    Satu konsep yang sangat tak masuk akal mengingat tuhan itu maha besar dan katanya anti sakit 🙂

  7. semuanya balik lagi ke pribadi masing2 tapi yang paling bikin gue enek kalau bawa ayat kitab
    suci..utk pembenaran dirinya…dasar manusia!! 🙂

  8. Ngomongin soal ratu lebah Risna, ratu lebahnya emang cuma 1 namunnnnnnnnnnnnn….pejantannya beratus-ratus. Hi hi hi. Hidup ratu lebah, gue mau ah jadi kayak ratu lebah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.