Seminar bersertifikat

Sebenernya ini bukan hal baru dalam hidup gue, tapi barusan saja membaca undangan seminar yang katanya ada sertifikatnya. Terbersit di benak ini, sudah berapa kali aku mengikuti seminar yang diiming2i dengan sertifikat, dan…sudah berapa kali sertifikat itu berguna? jawabannya sudah beberapa kali (lebih dari 3 kali ikut seminar bersertifikat) lebih dari 3 kali dapat blanko sertifikat doang, lebih dari 3 kali ga ngerti apa yang mereka bicarakan dalam seminar dan ga pernah sekalipun sertifikat itu berguna(at least till now). Gue ga ngerti juga, emangnya sertifikat itu gunanya apa yah?? lalu kenapa penyelenggara seminar selalu mengiming-imingi sertifikat tanda peserta seminar ? ah jadi seperti sertifikat penataran P4 pola 100 jam saja 😛

2 thoughts on “Seminar bersertifikat”

  1. hmm, most of my friend kalo ditawarin ikutan seminar pasti nanyanya, dapet sertifikat gak , walaupun ga berguna, bisa bikin beberapa orang senang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.