Penipuan Berkedok Investasi

Salut kepada para penipu yang “niat banget” dengan segala cara mencoba untuk menjadi kaya dengan iming-iming memberi rejeki ataupun investasi. Apa yang ingin gue ceritakan disini bukan hal baru, bahkan sejak kelas 2 SMP gue udah pernah ditawarin ikutan program “penipuan” serupa. Ceritanya begini : hari ini gue nemu sebuah selebaran di ATM mandiri yang diberi judul : “Program Investasi Menabung di Bank Mandiri” . Selebaran itu ga bisa dibilang selebaran karena terdiri dari 3 lembar dengan tulisan bolak balik (jadi total 6 halaman).

Halaman 1 berisi 2 buah kesaksian 2o rang yang telah mengikuti program ini dan telah sukses menjadi “kaya”. Pada bagian bawah halaman ini ditegaskan bahwa program ini bukan rekayasa ataupun penipuan, katanya : Buat apa menipu kalau hanya 60 ribu saja?

Halaman 2 berisi langkah yang perlu dilakukan untuk mengikuti program ini termasuk harus pake rekening mandiri supaya bebas biaya transfer via atm. Di halaman ini juga diberi ilustrasi kekayaan yang bisa diperoleh dengan pencapaian keberhasilan 25% dari program ini. Programnya persis MLM, bedanya disini ga ada produk, yang ada hanya duit yang di transfer via ATM.

Halaman 3 berisi penegasan kembali bahwa program bukan penipuan, iming-iming jika keberhasilan hanya 15% pun masih bisa dapat ratusan juta rupiah, sedikit nasehat untuk bersabar dan jangan menipu (disini ceritanya ada masalah urutan, jadi ga boleh nipu urutan katanya) dan juga meyakinkan dengan keuntungan tambahan :”berhak mengikuti undian fiesta mandiri”. Sekilas seolah-olah program ini resmi dari Mandiri.

Halaman 4 Fotokopi dari bukti transfer kepada 4 orang yang di transfer masing-masing 15 rebu rupiah. Bukti fotokopi ini agak kurang meyakinkan karena walaupun sudah di rancang dengan beda waktu pengiriman dan nomer transaksi, gue menemukan keganjilan, kalau memang nomer transaksi berurut, kenapa mengirim ke 4 orang yang beda 1 menit ada beda nomer yang tidak teratur??? Dan lagi, pencetakan nama pemilik rekening itu ada kesalahan cetak, yang mana gue yakinin ATM tidak mungkin salah cetak nama, dannn gue belum pernah nemu nama orang didunia ini yang berakhiran 3 huruf mati yang sama, misalnya Yohanesss, dan anehnya ada 3 bukti transfer yang salah ketik, berakhiran SSS, AAA,dan RRR (bukan nama keluarga pula).

Halaman 5a dituliskan nama 4 orang yang perlu gue kirimin masing-masing 15 rebu seandainya gue mau ikutan program ini. Tapi anehnya, nama keempat orang itu sama dengan yang di halaman 3, mestinya ada satu nama yang gak ada karena udah digeser keatas. Di balik halaman 5a ada halaman 5b yang mestinya diisi dengan tulisan tangan, terus difotokopi, digeser 1 orang, terus di nomor 4 ditambahin nama kita, terus halaman ini akan jadi halaman 5a yang baru yang harus kita sebarkan.

Nah yang aneh adalah kenapa di halaman 5a diisi pake ketikan (tepatnya itu hasil print komputer) dan bukannya tulisan tangan, kan nggak mungkin kita ngetik ulang (fontnya seragam dengan semua teks di bagian depan, sangat mencurigakan).

Mbok ya kalo mau nipu itu hati-hati dan teliti. Kalo dilaporin bisa ditangkep nggak ya orang2 itu? Setau gue program yang jaman gue smp itu (yang walaupun masih mengirimkan secara manual tanpa atm online) sudah di nyatakan sebagai judi, walaupun dulu namanya arisan nasional. Jelas-jelas walaupun ada yang ngikutin dengan niat baik dan dengan harapan bisa kaya walau sedikit, ya gue tetep ga suka dengan orang-orang yang berusaha menipu 60rebu/orang yang akhirnya bisa dapat lebih banyak dari orang yang ditipu itu.

Anyway, buat sang penipu kalau anda membaca blog saya ini, dengan segala kerendahan hati saya bilang : bertobatlah dan kembalilah ke jalan yang benar. Harta di dunia ini ga seberapa :p. Maaf saya tidak menganggap penipuan anda ini sebagai niat baik anda menolong orang susah. Anda hanya memperburuk dunia yang sudah buruk ini 🙂

—–Added 06 July 2005
Melihat animo masyarakat yang melimpah untuk posting ini (hiperbola mode), dan beberapa orang yang ga terima dengan tulisan saya ini, maka dengan ini saya menghimbau, daripada ANDA menulis komen disini, silahkan buat web pribadi ataupun blog Anda dan tuliskan pengalaman Anda disana. Buat yang mau bergabung dengan MLM ini silahkan saja, tapi saya tetap tidak menyarankan. Saya masih inget program sejenis yang bernama Arisan Nusantara ketika saya SMP itu dinyatakan ILEGAL oleh pemerintah. Go Ahead, take your own risk. Hati-hati bertemu dengan PENIPU, semoga Anda bertemu dengan orang baik-baik seperti yang sudah mengganggap dirinya berhasil yang telah berkomentar disini.

Sorry No More Comment Allowed, Set Up Your Own Blog to tell those CRAP, Please…

14 thoughts on “Penipuan Berkedok Investasi”

  1. hai sobat.
    gua udah ikutan investasi mandiri itu. karena gua yakin itu benar. Kenapa gua bilang benar
    karena gua udah teliti bukti transfernya mungkin yang punya lo dapatnya yang ngga benar.
    makanya [email protected] itu diteliti dengan model mandiri yang lainnya.

  2. he he, ane juga udah dapet, malah dikirimin lewat pos lagi, niat banget deh, kalo seandainya ge mau ikutan juga mendingan g ketik ulang terus semuanya g ganti sama nama2 kenalan atw kerabat ge, masuk semuanya kan tu 60rebu 😀 😀

    btw, kasian banget ya si abdel itu, dia yakin bener tapi dia gak terima transferan 😀 😀

    eniwei, banyak orang yang percaya dia bisa dapet duit dengan mudah, tanpa modal, itu sebabnya bisnis kaya gini bakal terus ada sampai lamaaaa bgt … hik, indonesia

  3. Gue dapet brosur itu. Gue teliti kebenarannya dan bukti transfer juga semuanya benar. Gue ikut program itu. Gue sebarin brosurnya dan seminggu kemudian sudah nulai ada transfer masuk ke rekening gue di Bank Mandiri. Hari2 pertama memang ‘slow’ masuknya transfer itu, tapi hari2 berikutnya transfer masuk ke rekening gue mulai ‘deras’. Tiap hari geu cek lewat internet banking dari rumah. Hasilnya bagus!!! Gue nggak salahin ada beberapa orang yang nggak interes dengan program ini, tapi ternyata berdasarkan data transfer masuk ke rekening gue, banyak kok yang interes dan nggak merasa tertipu!!? Gue juga nggak merasa tertipu!!! Hari pertama gue yang transfer 60 ribu ke 4 orang yang tertera di brosur, hari berikutnya orang2 yang dapet brosur dari gue yang transfer 15 ribu ke rekening gue. Unsur penipuannya dimana??? Masalah hanya ada orang yang tertarik dan ada yang nggak tertarik, dan untuk orang yang nggak tertarik dan nggak mau ikutan jangan buru2 bilang program ini penipuan dong. Memangnya mereka sudah ditipu apa??? atau ditipu berapa??? Kalau nggak tertarik dan nggak mau ikutan, ya sudahlah: jangan ikut!!!! tapi jangan juga bilang penipuan. Fitnah itu kriminal!!!! Lainnya halnya anda diminta setor uang dan diiming21 hasil dan sialnya anda mau dan tertanyata nggak ada hasil apa2 pada batas waktu yang ditentukan, nah itu baru penipuan namanya!!!! Harus belajar dan hati2 dulu sebelum nuduh sembarangan agar nggak jadi fitnah. Sekian dari saya.—————–

  4. gue dah dapet tuh berosur dan gw rasa kayanya masuk akal banget walaupun gw belum nyoba tapi emang saratnya harus jujur istilahnya tu nama yah emang kita trnsfer ga diganti ganti namanya yang pentingkan ikhtiar bukan nambah dosa

  5. Yoi………..
    kamu aja tuh yg gak pengen usaha..cuman fotocopy doang koq di bilang penipuan?
    gue ikut koq! Dan gue sama sekali gak merasa ditipu! Yg namanya penipuan itu berarti merugikan org.
    Sedangkan ini kan malah mengajak org utk ikutan menabung di bank mandiri.
    aku gak setuju deh ini dibilang penipuan!!!

  6. Untuk: Abdel, Arief, dan Natha. Salam kenal dari gue di Bali. Gue sarankan maju terus untuk program ini, sebab gue sudah buktikan kebenaranannya. Gue sarankan disamping elo sebarin langsung brosur2 tsb, cara yang lebih efektif adalah elo pasang iklan baris di harian surat kabar. Kalau ada balasan surat dari iklan yang elo pasang, elo balas dengan brosur tsb di dalamnya. Elo bakal kaget dengan nilai saldo yang ada di rekening Mandiri elo. Nggak ada yang dirugikan!!! Yang mau ikut, dia bakal terima hasil dihari berikutnya, dan Bank juga nggak dirugikan apa2!!! Masak orang nabung di bank tsb salah atau disebut penipuan??? Yang bener aja !!??
    Gue doakan sukses buat Abdel, Arief dan Natha…

  7. Jadi biarlah jika ada orang2 yang yakin (seperti saya) akan kebenaran program ini, dan untuk yang merasa tidak yakin, silahkan saja… —> Hanya untuk yang yakin: Saya mengikuti program ini ygl 1 Juni 2005. Setelah saya mengirimkan via pos brosur tsb ke beberapa rekan dan juga beberapa orang yang saya peroleh lewat media iklan, duplikasinya berjalan baik berarti: banyak orang yang berminat mengikuti dan tidak merasa tertipu (sama seperti saya yang tidak merasa tertipu!!!) Proses duplikasi akan menentukan besar-kecilnya hasil yang anda peroleh. Nggak ada salahnya dan sah2 saja untuk anda coba.

  8. setuju ama resa (7), penduduk indonesia ada berapa sih? coba buat agung manyun, kalo penduduk indonesia ini cuman ada 20 orang aja (dan semuanya ikutan dan semuanya jujur), berapa orang yang cuma akan nyumbang duit tapi ga akan dapet duit sepeser pun (karena ga ada lagi orang baru yg bisa diajak ikutan) ? itulah mereka-mereka yang tertipu.

  9. Makasi untuk komens dari Elo. Sorry kita beda pendapat dalam hal ini.

  10. Klo menurut gue sich… orang merasa tertipu atawa gak itu relatif. Setiap orang khan punya pandangan yang berbeda-beda. Kalo emang kita udah “ngerasa tertipu” sebelum mencoba, berarti lo itu “pengecut”. So, kalo yang mau nyoba silahkan,yang gak juga gak papa. Ini udah Reformasi !!!! Setiap orang punya hak untuk merubah hidupnya selagi itu gak merugikan orang lain.

    Balesan Joe: kalo udah tau bahwa itu penipuan dan mau mencoba, itu namanya “bego”, kalo udah tau itu penipuan terus gak mau coba, namanya “pinter” bukan “pengecut”

  11. hi man-teman, gw baru baca “uneg2” kalian. Seminggu ini gw sedang semangat2nya ikut program yg sama di BCA. Kalo toh rugi dan tertipu ya ga pa-pa menurut gw (lagian duitnya duit gw). Karena gw orangnya rada2 boros, jadi daripada yg Rp. 60.000 itu gw abisin di mal dan jalan2 ngalor-ngidul, gw pikir mending gw coba ikut “Program Investasi BCA”. Nah, gw janji deh apapun nanti yg terjadi, entah gw tertipu ato sebaliknya lg mujur, gw pasti crita di blog ini buat teman2. Udah yaaaaa. Just Do It

Komentar ditutup.