Setting Internet Menggunakan HP CDMA Nokia 6585 (CDMA) di Windows XP

Nokia 6585 merupakan handphone CDMA dual band yang bisa untuk kartu ruim Fren Mobile 8 maupun untuk ruim Flexi. HP Nokia 6585 juga sudah memiliki infrared yang dapat digunakan sebagai konektivitas dengan Komputer (Laptop ataupun PC yang memiliki infrared). Tulisan ini tidak membahas penggunaan kabel data sebagai konektivitas tapi hanya menjelaskan cara mensetting Komputer yang memiliki Infrared untuk dikoneksikan melalui handphone Nokia 6585 agar dapat online Internet dengan kartu Flexi ataupun Fren. Sebagai informasi tarif internet Flexi dan Fren sama yaitu Rp5/kb data.

Sebelum Anda membaca lebih lanjut ada baiknya saya memberi peringatan untuk pembaca yang browsing volume based bahwa postingan ini mempunyai gambar-gambar yang cukup banyak dan cukup besar. Nonaktifkan pilihan menampilkan image jika Anda tidak membutuhkan hasil screen capture.

Langkah 1 : Instal Modem Nokia 6585 di Komputer

  1. Aktifkan infrared Nokia 6585 dan arahkan ke infrared yang ada di komputer. Ingat selama penggunaan infrared handphone dan komputer harus selalu berhadapan dan jangan pernah memindahkan handphone Anda kalau tidak ingin koneksi internet terputus.
  2. Untuk pertama kali nokia 6585 Anda harus diinstal terlebih dahulu, gunakan wizard yang disediakan oleh Windows XP, pilih Install the software automatically yang direkomendasikan. Langkah ini hanya akan perlu dilakukan sekali ini saja(untuk komputer yang memakai usb infrared, langkah ini akan diminta lagi jika port usb yang digunakan berpindah-pindah). Ikuti wizard dengan memilih Next sampai klik finish (lihat gambar)

Langkah 2: Setting Modem over IR

  1. Dari Control Panel, pilih Phone and Modem Options. Pilih tab Modems.
    .
  2. Pilih Standard Modem over IR yang attached to port COM tertentu, jangan pilih modem yang Not present. Nomor dibelakang nama standard modem ini disebabkan ada lebih dari satu kali langkah instalasi modem dilakukan. Untuk contoh pada gambar Standard Modem yang tersedia adalah yang ada pada COM16. Pilih menu Properties (jika Anda memilih modem yang Not Present maka menu properties ini tidak aktif dan tidak akan bisa dipilih).Berikutnya dari properties modem pilih tab Advanced, isikan string pada Extra initialization commands seperti pada gambar
    +crm=1;+cso=33

    Klik Ok.Maka berikutnya Nokia 6585 sudah siap digunakan sebagai modem.

Langkah 3a : Setting Dial Up Networking untuk Flexi

  1. Dari Control Panel pilih Network Connections
  2. Pilih Wizard New Connection Wizard, pilih Next
  3. Pilih Jenis Koneksi: Connect to the Internet, lalu pilih Next
  4. Pilih Cara Koneksi: Set up my connection manually, lalu pilih Next
  5. Pilih Koneksi Internet: Connect Using a dial-up modem, lalu pilih Next
  6. Isi ISP Name sesuai dengan yang Anda inginkan, sebagai contoh isikan telkomflexi, lalu pilih Next
  7. Masukkan nomor dial tekom flexi yaitu: #777, lalu pilih Next
  8. Masukkan username: [email protected], password dan confirm password: telkom, lalu pilih Next

  9. Selanjutnya untuk setiap akan melakukan koneksi ke Internet Anda akan mendapat layar seperti ini

    setelah ini masih Ada satu langkah untuk memastikan Anda menggunakan modem yang tepat, pilih Properties
  10. Dari telkomnet properties pada tab General pilihlah connect using Modem-Standard Modem over IR link sesuai dengan yang tadi Anda install. Pastikan koneksi infrared Anda masih aktif ke komputer, jika infrared handphone sudah tidak aktif lagi maka pilihan modem tersebut tidak akan tampil.

    Setelah memilih modem yang tepat sesuai dengan modem yang telah Anda set extra initialization commands pada langkah sebelumnya, klik Ok.

Langkah 3b: Setting Dial Up Networking untuk Fren

Langkah untuk setting Fren hampir sama dengan langkah 3a, bedanya adalah pada langkah 8, pengisian username: m8 dan password: m8 Sedangkan untuk nomor dialnya sama dengan telkom flexi yaitu #777


Menstabilkan Infrared di Windows XP

Beberapa koneksi infared di Windows XP tidak stabil, seperti kasus yang saya alami dengan usb irda Okion yang menggunakan chip Sigmatel, berikut ini cara untuk menstabilkan koneksi irda:

  1. Aktifkan USB Irda Anda
  2. Masuk ke System Properties (Tekan Tombol Windows+ Pause)
  3. Pilih tab Hardware lalu pilih Device Manager
  4. Pilih Infrared devices, dari devices klik kanan untuk memunculkan properti dari irda tersebut.
  5. Pilih tab Advanced, kemudian gantilah property Infrared Transceiver Type menjadi Vishay TFD dan property Min Turn-Around Time menjadi 0.5mS, setelah itu klik OK.

Jika infrared Anda bukan chip Sigmatel langkah di atas belum tentu diperlukan dan mungkin saja tidak berhasil menstabilkan irda di Windowx XP Anda, tetapi untuk chip Sigmatel saya sudah buktikan berhasil.

84 thoughts on “Setting Internet Menggunakan HP CDMA Nokia 6585 (CDMA) di Windows XP”

  1. koq kayaknya rumit ya? aku juga pake PDN flexi untuk internetan pake nokia 3105 selain XL bebas (kadang bisa gratisan loh GPRS-nya, sumpah!).

  2. nggak rumit kok, terlihat rumit karena dituliskan sangat detail untuk orang yang butuh panduan step by step

  3. Bagus juga buat dicoba, sekalian saja saya mau tanya, saya pernah baca suatu artikel kalo via HP GSM juga bisa koneksi PC ke internet melalui modem GPRS/WAP yang built in dengan HP. Kira-kira bagaimana setingannya dan sekiranya dapat membantu dimana bisa saya daptkan driver modem GPRS untuk N6030. Saya tunggu secepatnya Via Email.
    Terimakasih

  4. aku sudah coba pake N3586i, trus ngikutin setng yg ada di manual telkomflexi tapi utk standard modem yg advance aku set AT+CRM=1 tapi tidak pake +cso=33, saya coba masukkan pasword dan user name….teregristasi sempurna, BEGITU SAYA BUKA BROWSER eh di hp keluar “enhancement not support”. utk +cso=33 apakah hars saya tambahkan yah…..

  5. aku sudah coba pake N3586i, trus ngikutin setng yg ada di manual telkomflexi tapi utk standard modem yg advance aku set AT+CRM=1 tapi tidak pake +cso=33, saya coba masukkan pasword dan user name….teregristasi sempurna, BEGITU SAYA BUKA BROWSER eh di hp keluar “enhancement not support”. dan bisa buka website di hp send ada signal dan receive tdk ada signal. utk +cso=33 apakah hars saya tambahkan yah…..

  6. thank u rhin, byk lho temen kita yg daerahnya terpencil dan susah nyari warnet, dengan tambahan pengetahuan ky gn, jd semuanya lebih gampang khan, cmn advice aja mkn akan lebih baik kl disertakan taripnya … btw thank u a lot….:razz:

  7. kalau yang pake IR emang sudah pernah dan jalan HP N6225/6585 gak ada masalah. emang seperti yg diatas, tapi saya punya masalah bagaimana kalu pake DKU-5 setingannya gak ngerti aku, minta tolong sama yang ngerti kasoh tahu aku donk plese…………….:smile:

  8. saya ingin tanya gimana koneksi internet dg isp telkom flexi.saya pengguna nokia cdma 2080 dan udah saya instal semua keperluan koneksi seperti driver dku5 & driver usb serta mobem,permasalahanya udah saya instal yang keluar device modem failur.thank

  9. Salam,
    Saya mau tanya, saya punya Nokia 2116 + kabel DKU-5 + desktop OS Windows XP
    Apakah saya bisa pakai untuk koneksi internet?
    Terima kasih atas bantuannya… (kalo bisa qrim ke email saya juga.. thx)

  10. Koneksi internet via, HP CDMA cukup bagus, dan menurut Saya koneksi menggunakan flexi pembayarannya lebih logis,karena dihitung per Kb, dan untuk Kota Payakumbuh, ketidak tersediaan jaringan telpon baru dari telkom, membuat flexi jadi alternatif utk konek ke internet.To.. Bli Wayan, Thanks telah memperkenalkanya ke saya. Didepan computernya jgn sampai 48 Jam, ya…! Ntar Jebol lo, pulsanya.

  11. Klo pakai faxi smile gimana ya? aku kok bingung… Jadi aku da set sama percis terus katanya error no dial phone. jadi aku pasang dari pabxnya terus nyambung ke laptop yang udah ada modemnya tapi masih kagak konek2 minta solusinya donk??
    Thank’s…

  12. boleh juga … tapi kasih tau donk untuk user low end (yg duitnya cekak, pake hp seri 2280 / 2112) bisa ikut connect jg ga ya ??? bls via email donk boss… di yahoo ya 😉 thanx

  13. Help me

    Hp saya cdma 6585, saya pastikan semua udah bener ( driver irda-nya )
    tapi kalo dipake buat dial #777 kok gak bisa yah. begitu verifikasi username..Hp langsung mengakhiri koneksi ke pc begitu saja.
    Kalo untuk mendial 080989999 ( telkomnet ) semuanya berjalan lancar…

    Mohon bantuanya..kenapa bisa begitu dan solusinya gimana?
    masalahnya gak kuat bayar pulsa buat konek ke telkomnet 😐
    Nb. merk irda gak tau neh… drivernya MA660 ( dibawah irda ada tulisan DATECH )

    thx before

  14. bagaimana cara mensetting 2 buah hp gsm(ada fitur gprs-nya) agar terkoneksi melalui jaringan, masing-masing difungsikan sebagai modem yang masing-masing dihubungkan ke komputer/laptop ?

  15. tolong….kok hp saya nokia 6585 ga bisa pake fren …..waktu saya masukin kartunya cuma yang keluar cuma baterai doank….

    jawab: coba setelah diisi fren, hp nya di charge. Saya juga pernah mengalami, tapi kalau di charge setelah ganti kartu bisa nyala normal. Repot ya? Banget!!

  16. saya pernah mau install nokia cdma 6585 utk internettapi koko gagal terus, modem ngak dikenalin terus. setelah saya coba buka web ini, saya belum coba lagi terusus terang saya merasa terbantu degn ini makasih banget…….

  17. Mo tanya nih, klo pake kabel DKU-5 dan Win XP bisa ga sih? Soalnya gini, aq waktu install Nokia PC Suite versi terbaru, Win XP minta diinstallin Service Pack 1-nya. Jadi sampe hari gini aq blom bisa konek ke internet. Aq pake Flexi. Thx.

  18. gua pake cdma 2116 + kartu esia…
    tolong dong buat setingan di komputernya ada yang bisa bantu??
    kartu cdma mana yang paling murah untuk dipakai internet di rumah?
    [email protected]
    ditunggu bantuannya all..

    1. Esia prabayar belum bisa untuk internet setau saya. Coba aja tanya ke Customer Support Esia terdekat untuk memastikan.

  19. saya sudah coba setting nokia 2280 + fren, sebenernya ga ada error. tapi waktu dialing komp saya jadi hang. kira2 kenapa ya?? saya pake Pentium D 2,6 ram 256mb, mobo intel d101ggc. apa ada masalah dengan spek komp seperti itu?
    mohon bantuannya.
    terima kasih.

  20. Mas tolong dong!!!nokia2116+DKU5+OS windows XP. Kok g conek y???apa msalah drivernya?bgusnya pake software apa?tolong mas y.makasih puolllll

  21. saya pnya card rider CDMA pake kartu esia pngen koneksi ke internet, apakah harus konfigurasi dulu ke provider esianya ga?tlong bantu yaaa.. ku dah setting beberapa kali tp ga konek aj,:sad:

  22. Hallo,
    Saya baru beli Nokia 6016i yg katanya bisa dipake internetan.

    ada yg bisa bantu cara setting di komputer untuk dijadikan modem? saya sudah cobe ikutin petunjuknya tapi gak tau dimana yg salam

    thanks ya

  23. tolongin saya dong…:sad:

    gimana ya cara mengaktifkan internet melalui CDMA 6585 dengan menggunakan kabel data dan kartunya esia???

    Sebelumnya thanks ya..

  24. mas saya pake xp sp2, dibagian tab advance untuk modem, tidak ada tempat untuk mengisi extra string, gimana?

  25. mas saya pake xp sp2, dibagian tab advance untuk modem, tidak ada tempat untuk mengisi extra string, gimana?

  26. Saya Mengisntall HP CDMA 6585, untuk menjadi modem internet,pada laptop Toshiba Portege, tapi setelah di dial, langsung heng. gimana solusinya??????

  27. salam kenal, mas hambali.
    di komputer mas uda ter-install software nokia pc suite belum?
    kalau sudah, harus di-uninstall dulu. setelah itu, install driver kabel konektivitas.
    dan tambahkan driver nokia HP CDMA 6585 sebagai modem. ini saja tipsnya, semoga membantu 🙂

  28. Saya cuma mau share pengalaman aja. Kalo kita connect internet via PDN sepertinya cukup menguras kantong dan sialnya kita nggak pernah bisa memantau saat lagi asyik ber-internet ria. Walaupun untuk PDN transfer datanya lebih cepat(flexi=60~70kBps) tapi ujung-ujungnya kita kaget soal tarifnya.
    Saat ini saya lebih sering pakai koneksi time-based dari flexi juga karena berdasar pengalaman relatif lebih stabil. Walaupun bit rate-nya kecil (dibawah 10kBps) tapi setiap saat kita bisa memantau perkiraan tarifnya.
    Dari sini terlihat bahwa PDN lebih sesuai untuk orang yang butuh akses cepat tanpa menghiraukan biaya. Sedangkan untuk time-based lebih pada pemakai yang mementingkan sisi ekonomis.
    Memang saya belum sempat membandingkan rasio biaya vs volume data yang ditransfer. Tapi secara feeling kayaknya time-based tetap lebih murah.
    Saya pakai Nokia 2865 dengan kabel CA-53 (bajakan – harga 75 ribu) yang semuanya saya beli di Roxy (tentunya bukan dealer resmi).
    Proses insatalasi persis sama seperti yang sering Anda baca di blog-blog yang sudah ada hanya saja ada satu trik yang ternyata diluar dugaan saya.
    Banyak informasi di situs-situs blog yang menyatakan seringkali modem Nokia tidak bisa terdeteksi oleh sistem bila memakai kabel data imitasi.
    Pertama kali saya mencoba memang modem tidak bisa terdeteksi oleh PC Suite (saya pakai versi 6.83 download dari internet). Saat itu saya berkesimpulan saya telah gagal koneksi.
    Tapi saya lihat di Control Panel ternyata sistem komputer sebenarnya sudah mendeteksi.
    Walaupun saya sempat ragu, saya coba untuk coba browsing dan ternyata BERHASIL.
    Saya sampaikan ke Anda jangan sampai tertipu oleh tampilan pada PC Suite yang meyatakan bahwa modem belum terdeteksi.
    Asal di Control Panel sudah bisa mendeteksi adanya modem Anda, berarti instalasi sudah bisa berfungsi. Sekali lagi tidak perlu kabel data original yang harganya 300 rb-an……..

  29. sama kayak anas, udah ikutin setting N6016i di web manapun, waktu klik dial muncul “Data Call Ended” itu harus ngubah setting apaan yak? minta bantuan dooongggg….stress berat ni nyetting nya. btw, di network connction saya kok tiap icon, di sebelah kanan atasnya muncul tanda gembok ya? apa itu masalahnya? trus ngilanginnya (tepatnya: membuka gembok) gimana?
    ditunggu lo…makasi

  30. met kenal. Sy mau share pengalaman ber inet. Sblmnya saya pakai kartu pasca byr GSM kalau ber-inet-an. Sy pakai HP mot mpx200 yg ber OS windows mobile 2003 sehingga web ditampilkan penuh seperti di PC.Seperti pengalaman abazw, saking asyiknya ber-inet tdk terasa sdh berkilo-kilo byte dan diakhir bln terima tagihan hingga ratusan rb. Benar2 menguras kantong.
    Beruntung sekarang ada CDMA yg menawarkan tarif yg jauh bh mrh. Sy pakai pasca byr fren dan pra byr flexi dan ber-inet-an menggunakan Audiovox Thera yg sdh sy install GPRS monitor sehingga setiap saat sy bisa monitor berapa byk penggunaan inet per hari, minggu dan bln, baik volume base maupun time base. Dg trf yg lbh mrh 14 kali (basic) atau 50 kali (maxsurf) dari GPRS GSM tentu sy bisa berhemat banyak, apa lagi menggunakan Dial up kerja sama IM2 dg Fren yg menawarkan kecepatan tinggi.Tentu sisa uangnya bisa ditabung kan. hidup CDMA !!!

  31. Ketik *#2769737#
    Minibrowser menu
    kok gak ada option ato tampilan ke minibrowse

    seting WAP / GPRS gak bisa manual
    Ketik *#2769737#
    Minibrowser menu

  32. Bro, tolong bagi cara buat bisa bikin koneksi internet dgn hp nokia 2116, dgn menggunakan sim card “jagoan” (star one d kalimantan). tolong kirim k [email protected]
    thanks Bro

  33. aku mau minta tolong
    Gemana seh seting hp nokia 6585 jd modem dgn kabel dku-5
    udah ku coba sesuai manual tp ngak bisa bisa ya
    hp udah kedetect di laptop tapi buat koneksi ke internet susah
    waktu di Query nggak konek apanya ya ????
    Hik’s ngak bica bica pucing deh + capek deh
    please help me

  34. Terima kasih ya teman, akhirnya aku temukan cara menggunakan internet pake CDMA 6585ku. I Hope U be always the best 4 us

  35. :roll::roll::oops: hai gw belum punya hp nihh. pengen sih punya hp tapi kayaknya g mungkindehhh. aku orang kg punya manamungkin punya hp. mustahil ya. semoga Allah memberikan suatu impiankanku atau mengabulkannya dengan memberikan aku hp, agar bisa menghubungi keluarga yang jauh. abdul. lubang buaya Rt. 03/02 kode pos 17320
    jalan araya setu

  36. :smile:lam kenal semuanya. saya mau nyoba internet ke pc pake fren trz kartunya pake flexi gmn caranya ? apa sama sperti keterangan diatas atau tidak. kalo beda tolong beri tau donk please:smile:

  37. Aku mau sharing pengalaman berinternet via Flexi nih….

    Di rumah aku ada 2 hape flexi (maklum gratisan dari kantor), satunya Nokia 6525i, satunya lagi Nokia 2116.
    Nah untuk koneksi dengan 6525i-nya (dan HP lain yg ber-bluetooth), saya pakai bluetoothnya. Instalasinya asli… GAMPANG BANGET…. (aku pake WinXP)
    Cuma cukup hidupin bluetooth di hape, hidupin bluetooth di PC (aku pake yg merknya BlueSoleil, yang harganya 80ribu, yang ada antene kecilnya itu) dg cara dobel-klik icon bluetooth di kanan bawah tray, trus pairing, trus hidupin opsi komunikasinya (yg ada gambarnya port modem), trus jalanin IE/Firefox, trus langsung browsing…. Gak perlu setting macem2….

    Trus kl pake Nokia 2116 (murah kok, di Mangga2 Mall cuma Rp 450rb) dan menggunakan DKU-5 sembarang (cuma 60rb), tinggal pasang driver kabelnya, add modem dengan port seperti yang ada di System Properties-nya WinXP, buat koneksi baru di Network Connection WinXP, setting dengan aturan yg ada di situsnya telkom ( http://www.telkom.net/surat_instania_detail.php?cid=1&id=316 ) diikutin, trus tinggal dial-up dan… SURFING lagi…….

  38. Hellow??

    Mao tanya dunx,,,Saya baru beli Nokia CDMA seri: 6016i,,truz cara settingan bwat kabel DKU-5nya gimana yach???:sad:
    :sad::sad:Please Help me,,coz saya udah sering coba2 tapi gak bisa2,,gak ke detect sama komputernya atopun di Nokia PC Suite gak kedetect,,padahal handphone sama DKU-5 dah terhubung…:sad::sad::sad:

    HELP ME PLEASE!!!:sad::sad::oops:

  39. Hellow??

    Mao tanya dunx,,,Saya baru beli Nokia CDMA seri: 6016i,,truz cara settingan bwat kabel DKU-5nya gimana yach???:sad:
    :sad::sad:Please Help me,,coz saya udah sering coba2 tapi gak bisa2,,gak ke detect sama komputernya atopun di Nokia PC Suite gak kedetect,,padahal handphone sama DKU-5 dah terhubung…saya pke ESIA!!!!!:sad::sad::sad:

    HELP ME PLEASE!!!:sad::sad::oops:

    Thanx

  40. hai all. tlg bantu ak donk.
    ak udah install driver modem N 3155i tp kok portnya g detect ya?
    tlg kasih tw donk!!
    ato drivernya kurang lengkap ya??
    kl kalian semua pny drivernya kirim ke emailku ya!!
    [email protected]

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.