Tips hotspot di Indonesia

Karena kami dah di Chiang Mai, kami mau share dikit tentang tips-tips berhotspot di Indonesia, termasuk sedikit “hack” untuk IndosatM2. Posting ini ditulis gara-gara mau comment di blog mas Priyadi, tapi ternyata kepanjangan.

Tips Hotspot:

  1. Kalo gak bawa2 PDA, beli key ring (gantungan kunci) yang bisa mendeteksi signal hotspot, ada yang bahkan bisa tau kalo hotspotnya “open” atau tidak (dulu sih harganya lumayan, 300 ribuan).
  2. Kalo hotspot mati, atau internetnya nggak jalan, cari router deket situ (biasanya sih mereka taruh di tempat terbuka). Cabut powernya, pasang lagi. Biasanya kalo direset jadi berfungsi lagi (terutama DLINK lama)
  3. (Warning: evil tips) Di tempat-tempat tertentu, pegawainya bisa ditanya apa WEP key untuk hotspot yang tertutup (hanya untuk gedung itu). Atau crack aja pake KisMAC atau yang sejenis.
  4. Beberapa hotspot (mis IndosatM2), “pulsanya” bisa dibeli via SMS.
  5. Login hotspot melsa bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus, jadi kalo udah ada temen yang punya, ya pake aja login/password punya temen itu, gak perlu daftar lagi.
  6. Bawa extension cord sendiri, supaya bisa sharing colokan listrik yang terbatas (atau gunakan notebook yang baterenya tahan lama, misalnya MacBook).

Ok, untuk Indosat M2, ada tips/hack: kalau kita sedang mendownload sesuatu yang sangat besar (misal file ukuran ratusan mb), dan kita sedang browsing dengan pulsa prepaid, maka kita bisa menyelesaikan download meskipun pulsa sudah habis. Caranya sederhana: login ke indosat m2, download file yang besar, browsing-browsing seperti biasa, dan tunggu sampai download selesai. Ketika pulsa habis, download yang sedang berlangsung tidak diputus, tapi Anda tidak bisa membuka koneksi baru.

Saya belum pernah nyoba koneksi dengan SSH untuk mengetes apakah hanya downlink yang tidak diputus, ataukah semua koneksi 2 arah tidak terputus (asumsi saya sih cuma downlink yang dibiarkan terus berjalan). Kalo koneksi SSH tidak diputus, kita bisa browsing sepuasnya (dengan port forwarding).

Yah itulah sedikit pengalaman berhotspot di Bandung, bahkan pernah sampe begadang di sebuah kafe untuk berhotspot. Di Chiang Mai, internet murah dan cepat (sekitar 280 rb/bulan, ADSL 1024/512 kbps).

5 thoughts on “Tips hotspot di Indonesia”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.