The Invasion

The Invasion PosterSalah satu kegiatan wisata yang dilakukan ketika di Bangkok adalah wisata nonton film :). Setelah mencoba teater KrungSri IMAX 3D di Siam Paragon, kami tertarik untuk mencoba bioskop Grand EGV di Siam Discovery Centre. Sebenarnya Grand EGV ini satu group dengan majorcineplex yang di Chiang Mai, tapi bedanya tentu saja Grand EGV sesuai dengan namanya lebih besaaaar dan lebih oke! Eits ini mau cerita bioskopnya atau filmnya? tentu saja film The Invasion.

Film ini di bintangi oleh Nicole Kidman yang berperan sebagai seorang psikiatris yang sudah bercerai dan memiliki satu anak. Cerita film ini diawali dengan jatuhnya sebuah pesawat dari angkasa luar yang ternyata membawa spora yang bisa menguasai manusia secara keseluruhan dan membuat manusia tidak seperti dirinya sendiri. Awalnya dimulai ketika orang-orang menyadari orang terdekatnya (anak, suami, istri, pasangan) mulai menjadi sangat tenang dan tidak menunjukkan emosi apapun. Spora ini sangat cepat menyebar dan tentu saja tujuannya menguasai manusia. Seperti halnya setiap penyakit yang diharapkan diketahui penyebab dan pencegahannya, seperti yang tertulis di posternya, ada 3 hal yang harus dilakukan jika ingin survive yaitu : do not trust anyone, do not show emotion and do not fall asleep. Dan 3 hal itulah yang harus dilakukan Nicole Kidman dalam memperjuangkan hidupnya. Pertanyaanya adalah : dapatkah dia bertahan tidak tidur? Karena jika dia tidur maka dia akan berubah juga menjadi seperti yang lainnya.

Sebenarnya, efek dari spora yang menguasai manusia itu tidak buruk, malah bisa dibilang baik. Manusia menjadi lebih tenang dan tidak emosional, semuanya baik-baik saja dan semuanya merasa bahagia. Tidak ada peperangan, semuanya berdamai. Tidak ada pertengkaran dalam rumah tangga, tidak ada anak yang melawan orangtua, semuanya seperti yang diharapkan semua orang saat ini, tenang dan damai untuk semua orang. Kalau dipikir-pikir, mana yang lebih baik? keadaan sekarang di mana setiap manusia dapat menunjukkan emosi dan akibatnya ada perang dan kekerasan di beberapa tempat, atau keadaan yang terjadi akibat terinfeksi spora tersebut? Dan apakah ada cara mengembalikan semua orang yang sudah terinfeksi kembali seperti semula? Apakah Nicole Kidman berhasil menyelamatkan dirinya dan anaknya?

Kalau mau tau jawabannya, silakan menonton film ini. Gw ga mau bikin spoiler :P. Tapi… setelah nonton film ini jadi banyak berpikir tentang hidup saat ini. Ide ceritanya bagus, cara menceritakannya juga bolehlah, walaupun di awal film agak membingungkan dengan penggambaran adegan yang maju mundur seperti salah edit. Akting Nicole Kidman juga cukup meyakinkan. Well..kalau emang suka film yang mempunyai ‘moral of the story’ film ini cukup baik untuk ditonton. Setidaknya buat gue, setelah menonton film ini membuat hidup terasa lebih bermakna lagi.

credit: image from wikipedia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.