Menembus Blocking Youtube

Youtube pernah diblok di Thailand, dan sekarang diblok di Indonesia (setidaknya oleh beberapa ISP, menurut adik saya, dari ISP tertentu masih bisa). Nah apa solusinya buat orang yang pengen nonton Youtube di negara di mana youtube dilarang?. Ada beberapa solusi, yang pertama adalah “Youtube Proxy”, search aja di Google kata-kata “youtube proxy” (tanpa tanda kutip). Anda akan menemukan beberapa situs, misalnya http://www.youtubeproxy.co.uk, Anda tinggal mengunjungi situsnya dan bisa kembali menikmati tayangan video youtube. Cara pertama ini bisa dipakai untuk browsing youtube dan melihat video youtube.

Cara berikutnya bisa dipakai jika Anda sudah tahu URL video youtube. Mungkin Anda dapat URL nya dari email, dari messenger, atau dari source halaman web yang Anda kunjungi. Jika Anda mengunjungi sebuah blog yang mengambil video youtube, Anda bisa mendapatkan URL-nya dengan melihat source halaman webnya. Anda bisa mencari google dengan kata kunci “Youtube Converter” (tanpa tanda kutip), Anda akan mendapatkan beberapa link, misalnya: http://convertyoutube.com/.

Untuk bisa browsing youtube (browsing dalam arti melihat-lihat video yang ada, agar bisa didownload dengan metode 2), Anda bisa menggunakan proxy online yang memakai protokol HTTPS. Proxy HTTPS akan sulit diblok, karena isi data terenkripsi. Contoh proxy yang memakai HTTPS adalah https://vtunnel.com/.

Cara lain lagi adalah dengan menggunakan Tor (http://www.torproject.org/). Tor bisa dipakai secara umum untuk mengakses aneka macam hal yang diblok, dan akses yang kita lakukan akan dibuat menjadi anonim. Tor sangat lambat untuk mengakses website dengan video, tapi setidaknya Anda bisa menggunakan Tor untuk browsing youtube, lalu memakai metode no 2 untuk mendownload video yang Anda temukan. Layanan serupa dengan tor adalah FreeNet. Baik Tor maupun Freenet perlu software tambahan (gratis), sebaiknya Anda mengunjungi langsung situsnya untuk petunjuk instalasi dan pemakaiannya.

Buat Anda yang memang benar-benar berniat mengakses youtube, ada aneka macam cara untuk bisa mengakses youtube. Buat Anda yang cuma mencari video tertentu yang kontroversial (misalnya saat ini film Fitna), Anda bisa mencari mirror videonya di aneka situs di Internet (biasanya ada yang mengupload ke rapidshare.com, atau aneka situs sejenis).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.