Tips Tambahan Airasia

img_1139 Waktu liburan terakhir, kami memutuskan naik Airasia supaya bisa sedikit muter-muter. Total kami naik 6 penerbangan Airasia, melewati 4 negara (Thailand, Malaysia, Indonesia, Singapore), dan kami terbang menggunakan pesawat Thailand Airasia, Malaysia Airasia, dan Indonesia Airasia.

Airasia memang sangat murah, dan dalam semua perjalanan kami, hanya satu pesawat yang tertunda (tapi akhirnya kami bisa minta pesawat yang lebih awal, jadi akhirnya tidak ada yang tertunda). Berikut ini tips-tips yang didapat dalam perjalanan kami:

  1. Jika Anda mencoba perjalanan jauh, cobalah memesan makanan di awal via web. Untuk perjalanan dekat, sebaiknya tidak usah. Dari Kuala Lumpur ke Medan (45 menit), kami mendapat makanan ketika pesawat hampir mendarat, dan akhirnya makanannya kami bawa pulang. Waktu kami memesan kemarin, kami belum bisa memesan minuman, tapi mungkin hal tersebut akan berubah di masa depan. Layanan ini tadinya hanya di Malaysia Airasia, tapi akan tersedia juga untuk Indonesia Airasia.
  2. Untuk kenyamanan, pilihlah eXpress boarding. Kami memakai eXpress boarding untuk semua penerbangan kami, dan rasanya lebih nyaman daripada harus "rebutan".
  3. Cobalah minta penerbangan lebih awal kalau pesawat kita tertunda. Kami mendapat pengumuman dari Airasia bahwa pesawat terakhir (Bangkok-Chiang Mai) tertunda beberapa jam. Kami sampai Bangkok dari Singapore beberapa jam sebelum pesawat ke Chiang Mai (dan karena ditunda, kami akan menunggu lebih lama lagi). Setelah ditanyakan, ternyata pesawat kami bisa dipindah ke penerbangan lebih awal (jadi kami tidak perlu menunggu lama). Mungkin ini tidak selalu berhasil, tapi tidak ada salahnya bertanya.
  4. Air asia akan menelpon Anda dan akan mengirimi Anda SMS jika waktu penerbangan diubah. Jika Anda tidak yakin (misalnya karena baru dari wilayah pedalaman tanpa signal), Anda bisa mengecek jadwal keberangkatan di web.
  5. Meski Anda bisa menggunakan nomor booking untuk cek in, sebaiknya Anda membawa cetakan tiket, terutama dalam perjalanan ke luar negeri (kadang diminta/ditanya oleh petugas imigrasi).

Lain kali mungkin kami akan mencoba paket liburan dari Airasia untuk melihat apakah paketnya layak untuk digunakan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.