Andaikan…

Sekarang ini sedang ramai lagi soal blue energy. Karena sudah banyak yang membahas masalah teknis, politik, dan sosialnya, saya mau membahas masalah yang lain saja, yang masih agak dekat dengan ini.

Andaikan Anda menemukan sesuatu yang sangat menghebohkan dan sekaligus berguna bagi dunia, apa yang akan Anda lakukan? Misalnya Anda menemukan cara memfaktorkan bilangan besar dengan sangat cepat. Konsekuensi dari ini adalah Anda bisa menjebol hampir semua pengamanan di dunia ini yang berbasis pada teknologi enkripsi RSA. Atau Anda menemukan cara menyembuhkan kanker atau AIDS. Atau mungkin Anda menemukan bahan bakar yang sangat murah.

Penemuan Anda ini mungkin akan membuat Anda dicari banyak orang, dan sekaligus ditakuti. Jika Anda menemukan faktorisasi prima dengan cepat, mungkin seluruh badan intelegen dunia akan mengejar Anda, jika Anda menemukan obat kanker atau AIDS, mungkin perusahaan farmasi dunia akan mengejar Anda, jika Anda menemukan bahan bakar alternatif, perusahaan minyak dunia akan mengejar Anda.

Jadi kira-kira apa yang akan Anda lakukan? Saya punya beberapa solusi, tapi mungkin Anda punya solusi yang lain lagi.

Yang pertama adalah menyebarkan informasi itu langsung ke Internet atau ke media massa. Seluruh dunia akan tahu kehebatan Anda. Anda tidak bisa mendapatkan paten, karena paten harus didaftarkan sebelum temuan diumumkan. Tanpa paten, Anda tidak bisa mendapatkan royalti. Tapi kemungkinan Anda akan mendapatkan tawaran kerja dan undangan dari seluruh dunia. Jadi jika Anda tidak terlalu “rakus”, maka cara ini mungkin paling baik.

Masalahnya jika Anda menemukan sesuatu yang berbahaya, misalnya faktorisasi prima. Jika tiba-tiba seluruh bank online di dunia, dan aneka macam device yang menggunakan enkripsi tiba-tiba tidak bisa dipercaya lagi, maka perekonomian dunia bisa kacau balau. Jika penemuan Anda adalah obat AIDS atau bahan bakar minyak, maka mungkin hanya perekonomian negara tertentu atau perusahaan tertentu saja yang terpengaruh.

Yang kedua, Anda bisa mempatenkan dulu temuan Anda. Lalu mengumumkannya pada dunia. Jika Anda tidak percaya dengan sistem hukum Indonesia, mungkin Anda sebaiknya pindah dulu ke Amerika, lalu mempatenkan temuan Anda di sana. Anda bisa kaya raya. Masalahnya mendapatkan paten tidak selalu mudah dan cepat. Di beberapa negara (misalnya Indonesia), paten terhadap metode matematika atau algoritma juga tidak diakui. Paten juga tidak menjamin bahwa Anda akan mendapat bagian dari temuan Anda, banyak negara dan perusahaan yang melanggar paten dan sulit dituntut. Beberapa negara juga bisa “memaksakan” paten tidak berlaku jika hal itu demi kepentingan rakyatnya.

Yang ketiga, Anda bisa merahasiakan temuan Anda. Anda berusaha sendiri mengeruk uang dari temuan Anda. Untuk temuan yang abstrak, seperti metode matematika, mungkin hal ini cukup mudah. Untuk hal yang nyata, hal ini tidak telalu mudah. Misalnya dari obat AIDS yang dihasilkan, orang bisa melakukan “reverse engineering” untuk mencari komposisi isinya. Orang juga bisa melakukan analisis bahan dari jumah barang yang Anda pesan, energi yang digunakan, dan lain-lain untuk mencari tahu metode Anda. Perusahaan seperti coca-cola berusaha sangat keras mengacak faktor-faktor tersebut agar resep mereka tidak diketahui.

Dengan pendekatan ketiga, Anda mungkin bisa mendapatkan cukup uang (jika perusahaan Anda terlalu besar, rahasia Anda akan lebih mudah dicuri), mungkin Anda dicap pelit, mungkin juga dianggap pahlawan. Jika banyak negara yang tertarik, mungkin mereka akan berusaha menyerang atau menculik Anda demi mendapatkan rahasia tersebut.

Jadi apa pilihan Anda?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.