Tujuan NgeBlog

Saya dan Joe sudah ngeblog dari bertahun-tahun yang lalu. Bahkan kami semakin dekat setelah sama-sama tahu kalau kami sama-sama ngeblog. Joe membaca arsip blog saya, saya membaca blog Joe (tanpa memberitahu tentunya) untuk mencari tau lebih banyak tentang satu sama lain. Dari situ saya bisa melihat pandangan-pandangan dia tentang banyak hal, dan sebaliknya.

Pada masa itu, blog belum sepopuler sekarang. Kami ngeblog untuk menuliskan apa yang kami pikirkan, rasakan dan juga untuk berbagi. Akan tetapi jaman sekarang, orang ngeblog sudah kehilangan orientasi sepertinya.

Kemarin seorang teman menunjukkan kepada saya, sebuah blog yang isinya salinan dari blog orang lain. Bukan 1 atau 2 posting, saya rasa 100 persen isi blog itu salinan dari blog-blog lain, dan tentunya tanpa mencantumkan sumber darimana dia mengambil tulisan itu, padahal dalam tulisan itu ada penggunaan sudut pandang orang pertama (menggunakan kata "saya").

Kalau dilihat dari judul dan subjudul blog itu, seolah-olah apa yang dituliskan disitu adalah apa yang dirasakan dan opini pemilik blog, dan tentunya banyak yang meninggalkan komentar dan beranggapan bahwa itu tulisan si pemilik blog.

Untungnya saya dan Joe bukan tipe orang yang menyalin isi blog orang lain untuk mengisi blog kami. Bayangkan saja, kalau ternyata tulisan-tulisan yang saya baca dulu ternyata hasil copy paste, pasti secara tidak langsung saya ‘tertipu’. Saya mempertanyakan, apa sih tujuan orang yang suka menyalin blog orang lain itu ngeblog? mencari popularitas? mencari page rank? mengumpulkan tulisan-tulisan bagus biar ga hilang?.

Apapun jawabannya, jika sebuah tulisan itu bukan karya Anda dan Anda terlalu malas untuk mencari tau sumbernya, tolong tambahkan bahwa ini sekedar salinan yang saya terima dari orang lain. Atau ganti judul blog Anda menjadi: salinan blog orang yang saya suka.

Jaman sekarang ini, blog sudah tidak bisa dijadikan tempat mengenali pemiliknya. Selain orang yang suka copy paste, banyak juga orang yang menampilkan sisi lain dari dirinya di blog, bukan dirinya yang sesungguhnya. Jangan merasa mengenal saya dan Joe dari tulisan-tulisan kami, karena apa yang kami tuliskan hanya sebagian kecil dari apa yang terjadi dan yang kami pikirkan. Untungnya, waktu saya dan Joe berkenalan, kami bisa langsung membahas tulisan di blog masing-masing, dan mengetahui kenapa dia menuliskan sesuatu.

2 thoughts on “Tujuan NgeBlog”

    1. masih, dan baru menemukan ternyata ada lebih banyak lagi tulisan yang disalin-salin, terutama yang dari compactbyte.info. *sigh*. Sebelnya karena mereka menulis seolah-olah itu buah pikiran sendiri sih. Kan kadang-kadang kami nulis pake sudut pandang orang pertama, dan mereka tidak menggantinya sama sekali, dan mereka mendapat komentar dari orang lain as if itu cerita mereka.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.