Menyimpan Foto di Flickr

Sejak Risna beli Nokia 3650 yang memiliki kamera di masa awal kami pacaran, kami sudah mengumpulkan banyak foto. Kami bukan fotografer professional, jadi foto-fotonya boleh dibilang sekedar dokumentasi (atau zaman sekarang orang yang semacam ini disebut photoblogger). Sudah ada beberapa kamera yang kami pakai, sejak kamera cicilan kartu kredit, sampai kamera saat ini.

Jumlah foto-foto kami totalnya sudah puluhan gigabyte, dan semakin sulit mengaturnya. Dulu sempat memakai iPhoto di iBook, tapi makin melambat ketika jumlah foto mencapai ribuan. Ketika pindah ke Linux, segala metadata yang pernah dimasukkan jadi hilang lagi 🙁 . Akhirnya diputuskan bahwa penyimpanan online akan lebih mudah dikelola.


Web hosting yang kami pakai adalah hostmonster, yang memberikan penyimpanan unlimited. Batasan dari web hosting ini adalah CPU resource. Kami sudah mengupload cukup banyak foto di http://blog.compactbyte.com/photos, tapi ketika Google berusaha mengindeks foto-foto kami, sering kali web kami jadi down karena CPU limit exceeded. Menyimpan foto di tempat lain akan lebih baik bagi kami. Website yang down akan merugikan, karena mengurangi pendapatan AdSense yang nilainya lumayan.

Ada beberapa layanan online untuk menyimpan foto, tapi akhirnya kami memilih flickr. Alasannya: flickr populer, Yahoo merupakan perusahaan yang cukup besar (cukup kecil kemungkinannya flickr ditutup), penyimpanannya unlimited (tidak seperti picasaweb versi komersial), harganya relatif murah (sekitar 2 USD/bulan), dan ada tools flickr uploader versi python yang dapat digunakan untuk mengupload dari command line.

Dengan menggunakan agestar, kami mengupload sekitar 12 ribu gambar. Agestar ini merupakan NAS (network attached storage), jadi kami cukup menyalin foto-foto ke sana, lalu membiarkan benda itu bekerja beberapa hari untuk mengupload semua fotonya. Karena tidak semua gambarnya bagus, maka tidak semua gambarnya kami buka untuk publik.

Mungkin bagi sebagian orang, flickr merupakan komunitas fotografi yang bagus, tapi bagi kami (setidaknya untuk saat ini) flickr hanya kami anggap sebagai tempat penyimpanan foto saja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.