Semenit Sehari

Saya jadi lebih menghargai waktu, dan lebih bersyukur dengan keputusan pindah rumah ke dekat kantor gara-gara “iklan” SSD.

Baru-baru ini saya membeli m-Sata SSD untuk laptop saya. Ketika sedang riset mengenai SSD untuk mendapat informasi terbaru (karena saya sudah memakai SSD sejak beberapa tahun yang lalu), saya juga membaca-baca artikel lama, dan di salah satu artikel lama, yang mengutip tabel dari Intel:

Intel-Hours-Saved

Intinya begini: SSD itu bisa menghemat sampai lebih dari 3 hari kerja (satu hari kerja itu 8 jam) dalam setahun. Angka itu mungkin terlalu optimis, tapi sebenarnya tidak terlalu jauh dari kenyataan: kalau saja tiap hari kita bisa hemat 5 menit saja, dengan 300 hari kerja setahun, total kita menghemat 1500 menit atau 25 jam. Kalau gaji per hari lebih dari waktu yang dihemat SSD, maka itu merupakan investasi yang baik.

Kalau direnungkan, hemat 1 menit/hari selama 300 hari/tahun = 5 jam/tahun. Di rumah sebelumnya, jarak ke kantor sekitar 10-15 menit. Pulang pergi sekitar 20-30 menit. Anggap saja saya menghemat 20 menit per hari, maka setahun saya menghemat waktu lebih dari 4 hari (kalau 1 hari dihitung 24 jam), atau setara dengan 12 hari kerja (8 jam/hari). Dalam kasus saya, ini terasa sekali, karena jam makan siang kantor 90 menit, jadi setelah dikurangi waktu jalan dan makan, saya masih punya setidaknya 60 menit yang bisa saya gunakan untuk banyak hal tiap hari.

Merembet ke hal lain: ini juga berarti kalau kita perlu membeli barang (termasuk juga software) yang bisa menghemat waktu kita semenit saja sehari (setiap hari, bukan sesekali), itu bisa sangat berarti sepanjang tahun. Tapi jangan terlalu giat juga berusaha menghemat waktu, liat komik XKCD ini. Kalau kita melakukan sesuatu sangat sering dalam sehari (atau melakukan itu tiap hari), maka itu layak dilakukan:

Dari pemakaian laptop beberapa hari ini: saya sangat yakin saving waktu dari pemakaian SSD akan lebih dari 5 menit/hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.