Topik Skripsi Jurusan Informatika

Saya masih sering dimintai konsultasi untuk  skripsi mahasiswa. Saya dengan senang hati akan membantu berbagai pertanyaan konkrit yang diajukan, tapi ada satu hal yang tidak akan saya berikan jawabannya: pak bisa minta topik skripsi?

Saya sendiri sudah lama tidak di dunia kampus. Berbagai pertanyaan ini sebagian dari orang yang dikenal di Internet, sebagian lagi karena dirujuk oleh para dosen saya dulu di ITB, teman-teman yang sekarang jadi dosen di berbagai universitas, dan juga adik saya yang juga dosen.

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar apa itu skripsi, kenapa harus menulis skripsi, dsb karena semua bisa dicari di Internet dan bisa ditanyakan ke dosen masing-masing. Saya hanya ingin meminta supaya yang bertanya merenungkan sedikit mengenai ini: Anda kuliah beberapa tahun di universitas tujuannya apa? apakah Anda sudah mengerti ilmu yang diajarkan, atau berharap nanti secara ajaib tiba-tiba menguasai ilmu ketika sudah bekerja?

Inilah kesempatan Anda untuk mengeksplorasi satu topik secara mendalam dengan waktu yang cukup lama tidak seperti tugas kuliah yang sebentar saja. Anda dibolehkan memilih topik sendiri, tidak dipaksa seperti pada tugas kuliah.  Bagi sebagian orang, bahkan ini yang menjadi titik awal mereka mendalami bidang tertentu.

Menurut saya dunia Informatika/Komputer itu sangat luas dan fleksibel dan mudah dihubungkan ke dunia apa saja. Suka bercocok tanam? bisa dibuat sistem terkomputerisasi, dari mulai otomatis menyiram tanaman sampai sistem informasi untuk mempermudah penjualan hasil bumi. 

Suka game tertentu? bisa dieksplorasi apakah bisa dimenangkan menggunakan Machine Learning/AI. Jika lebih suka topik yang berhubungan dengan grafik/game mungkin bisa membuat game engine sejenis. Suka main game multiplayer dan sering dicurangi? mungkin bisa membahas masalah security multiplayer online game.

Sesekali jalan-jalan ke perpustakaan (foto lama perpustakaan ITB)

Berbagai skripsi lama yang di perpustakaan kampus juga bisa dilihat dan bisa direnungkan: apakah topik ini jadi menarik atau lebih berguna jika dibuat versi mobilenya? apakah lebih akurat jika menggunakan Machine Learning? (bahkan topik ML ini ada banyak pendekatan untuk satu masalah). Bahkan topik dari jurusan lain juga bisa dilihat, misalnya identifikasi penyakit pada tanaman: apakah bisa menggunakan machine learning? apakah bisa dibuat versi mobile yang akurat supaya bisa langsung dipakai di lapangan?

Topik skripsi juga tidak harus selalu lebih rumit dari yang sudah pernah ada.  Beberapa topik bisa dibuat versi sederhananya misalnya dengan tujuan agar bisa dijadikan alat bantu pengajaran, atau disederhanakan supaya bisa berjalan di sistem dengan spesifikasi lebih rendah (misalnya embedded system).

Untuk skripsi S1, riset yang perlu dilakukan tidak harus original (untuk level S2/S3 perlu lebih original), artinya boleh saja topiknya serupa dengan yang sudah ada dengan pendekatan/implementasi yang sedikit berbeda. Tapi tentunya tetap tidak boleh menyalin/plagiat. Ada banyak algoritma dan juga teknologi (mulai dari, bahasa pemrograman, sistem operasi, dan hardware yang berbeda) yang bisa membedakan dari skripsi lain yang sudah ada.

Saran saya jika sekarang masih jauh dari skripsi: coba carilah topik yang menarik bagi Anda dan banyaklah membaca berita terbaru untuk mencari inspirasi. Silakan bertanya pada dosen di kampus jika memang dosen tersebut bisa membimbing Anda. Ada beberapa dosen yang memiliki proyek dan memang butuh seseorang mengeksplorasi satu topik tertentu dari riset/proyek dosen tersebut. Tapi perlu diperhatikan bahwa saya pernah menemui adanya dosen yang membuat daftar topik skripsi yang ngawur atau terlalu mengada-ada (mungkin karena terlalu banyak mahasiswa bertanya, jadi dia mengarang saja semuanya).

Semoga tulisan ini cukup memberikan inspirasi supaya Anda tidak bingung lagi mencari topik skripsi. Semoga Anda bisa belajar mengambil keputusan sendiri (topik skripsi), dan bertanggung jawab menyelesaikan keputusan yang Anda ambil itu. Ini (biasanya) adalah tugas terakhir Anda di kampus yang menjadi persiapan sebelum Anda pergi ke dunia kerja (atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.