Mini PC + TV + HP Xiaomi = Smart TV

Konfigurasi entertainment centre kami sekarang ini memakai Mini PC Windows yang dihubungkan ke TV (via HDMI). Awalnya dulu, kami memasang keyboard wireless ke mini pc nya untuk memilih menu Kodi, Netflix ataupun nonton YouTube di browser. Tapi, masalah dengan yang namanya remote, sama saja dengan keyboard. Kadang-kadang ga ketemu terselip entah di mana, sering juga pas butuh eh baterenya habis.

Mini PC nya kotak hitam di samping mobil-mobilan hijau

Setelah dipikir-pikir, gimana kira-kira supaya mau nonton ga kelamaan nyari remote atau keyboardnya. Untungnya Joe kepikiran untuk mencari aplikasi remote mouse untuk Android. Walaupun namanya remote mouse, tapi dari aplikasi ini, kita juga bisa mengetikkan sesuatu kalau dibutuhkan. Pengaturan aplikasi ini cukup gampang. Baik Mini PC dan HP Android terkoneksi ke jaringan lokal yang sama kalau dirumah. Jadi waktu menyalakan aplikasi ini, kita bisa langsung menemukan Desktop mana yang perlu kita akses secara remote. Selanjutnya ya sama seperti mouse di komputer biasa.

Remote Mouse bisa jadi keyboard juga

Aplikasi remote mouse ini gratis, tapi ada iklannya. Iklannya kecil di bagian atas. Tapi karena dipakainya cuma untuk meremote Mini PC di TV, saya ga terlalu terganggu dengan iklannya. Selain sebagai mouse, seperti saya sebutkan sebelumnya, dari aplikasi ini kita juga bisa mengakses keyboard misalnya untuk mencari kata kunci tertentu di YouTube. Kita juga bisa berpindah aplikasi dengan cepat.

Pindah aplikasi

Masalah berikutnya, kadang-kadang kami juga ga nemu remote TV nya di mana. Sejak memakai Samsung Note 4 yang memiliki fitur infrared, saya jadi agak ketergantungan mencari HP yang ada fitur IR blaster untuk remotenya. Waktu tau hampir semua HP Xiaomi masih punya fitur IR, saya senang sekali. Setiap mau nyalain TV ga perlu repot-repot lagi mencari remote. Tinggal pake HP aja jadi remotenya. Untuk Xiaomi, nama aplikasinya MiRemote. Selain untuk remote TV, bisa juga untuk remote AC atau benda apapun yang di remote dengan infrared.

MiRemote untuk TV

Jadi sekarang ini, di dekat TV kami pasang Mini PC yang terhubung ke jaringan rumah. Mini PC ini kami biarkan selalu menyala. Pemakaian daya mini pc tentunya tidak sebesar pemakaian komputer, jadi tidak masalah kalau dibiarkan menyala. Setiap mau menonton, cukup nyalakan TV dengan MiRemote, atur suara TV juga dengan MiRemote, lalu untuk memilih menonton via YouTube atau Netflix, Iflix ataupun Kodi, kami pilih menunya dengan remote mouse. Biasanya sih HP selalu berada dalam jangkauan dan jarang keselip seperti halnya remote-remote lainnya.  Dengan mini PC, dan HP Xiaomi, TV biasa kami yang sudah berumur lebih dari 6 tahun disulap jadi smart TV deh hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.