Review Flo (Period Tracker)

Hari ini saya mau mereview aplikasi Period Tracker Flo, Pregnancy & ovulation Calendar yang saya gunakan untuk mencatat siklus tamu bulanan para wanita, kalau Anda pria dan belum menikah silakan skip post ini hehehe. Kalau Anda sudah menikah, silakan baca siapa tahu bisa berguna untuk pasangan Anda. Ada banyak aplikasi untuk mencatat siklus menstruasi di HP, awalnya saya ga sengaja menemukan aplikasi ini dan ternyata cukup akurat dan tentunya gratis tanpa iklan. Aplikasinya tersedia untuk android maupun iPhone.

Flo di Google Play

Saya pertama kali mencari tracker period ini sejak selesai menyapih anak pertama. Dulu saya tidak tahu kalau kita bisa membuat login profil dan datanya bisa tetap tercatat asalkan kita login dan sinkronisasi data kita ke servernya, Saya selalu instal aplikasi ini walau pindah HP beberapa kali. Selain mencatat siklus bulanan, aplikasi ini juga bisa mencatat banyak hal terkait kesehatan kita wanita. Saya juga sempat menggunakannya untuk mencatat progress kehamilan anak ke-2, sayangnya data yang itu hilang karena saya belum tahu mengenai fitur login pada waktu itu.

Kita bisa mencatat berbagai hal mengenai lifestyle kita di aplikasi ini

Selain fitur andalan untuk mencatat siklus ovulasi, aplikasi ini juga bisa memprediksi kapan period kita selanjutnya. Kita bisa mengatur pemberitahuan untuk mengingatkan kita kapan masa subur dan kapan period akan datang. Tentunya hal ini berguna untuk yang misalnya sedang program punya anak, atau buat siap-siap bawa pembalut di tas supaya ketika harinya tiba, kita ga perlu resah karena ga punya persediaan pembalut di tas.

Beberapa setting alarm untuk mencatat data harian

Yang paling saya suka dari aplikasi ini adalah: kita bisa memberi password sebelum aplikasi ini di launch, jadi ga sembarang orang bisa membuka dan mengubah-ubah data kita. Sebagai ibu yang kadang-kadang HP nya dimainin anak, fitur ini sangat penting buat saya hahaha.

kode sebelum masuk ke aplikasi

Aplikasi ini meminta input mengenai data siklus kita di awal, tapi setelah beberapa bulan, aplikasi ini akan memberi rata-rata panjang siklus kita. Aplikasi ini juga memberi grafik aktifitas kita misalanya berapa jauh kita berjalan dalam masa tertentu. Kita bisa juga mencatat informasi kesehatan lainnya seperti berat badan, berapa jam kita tidur atau berapa gelas air yang kita minum. Tidak semua hal wajib dicatat. Saya sendiri lebih banyak menggunakan aplikasi ini untuk mencatat siklus period saja.

Buat yang sudah menikah dan menggunakan kontrasepsi menggunakan pil, bisa juga menggunakan aplikasi ini untuk mengingatkan minum pilnya. Tapi harus hati-hati, walaupun aplikasi ini memberitahu kapan masa subur dan probabilitas untuk bisa hamil atau tidak hamil, aplikasi ini tetap bukan kontrasepsi dan bukan obat untuk program hamil.

Jadi kalau disimpulkan, apa yang saya suka dari aplikasi ini?

  • free dan bebas iklan
  • datanya bisa di sinkronisasi dan dipindahkan kalau pindah HP setelah kita login menggunakan e-mail
  • cukup akurat untuk prediksi period selanjutnya buat saya (dan menurut websitenya 1.5x lebih akurat dibanding aplikasi lainnya)
  • ada info-info mengenai kesehatan wanita dari dalam aplikasinya
  • bisa mencatat simptom yang dialami ketika sedang period untuk referensi kalau ada masalah dikemudian hari
  • anak-anak ga bisa masuk ke aplikasi tanpa kode
  • bisa digunakan untuk mencatat progress kehamilan (saya gunakan waktu hamil anak ke-2)

Sejauh ini tidak ada hal yang saya tidak suka, makanya aplikasi ini sudah pindah HP beberapa kali dan tetap jadi daftar wajib install buat saya. Ada yang punya pengalaman sama dengan saya? atau ada yang punya pengalaman dengan aplikasi lain sejenis ini? 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.