Review Buku Space Taxi: Archie Takes Flight

Buku ini salah satu yang saya beli di Big Bad Wolf kemarin. Saya belum pernah membaca tentang seri ini, sekilas dari judulnya sepertinya menarik, Space Taxi. Buku yang saya beli bundle 4 buku jadi 1 seharga 140 baht, tergolong sangat murah mengingat harga buku baru untuk chapter books biasanya sekitar 200-350 baht di toko buku Asiabooks. Judulnya Space Taxi, dibagian belakang bukunya ada klaim menyertakan fakta ilmiah juga. Saya pikir, karena Jonathan cukup suka membaca mengenai hal-hal yang terkait mengenai luar angkasa, buku ini akan menarik minatnya untuk membacanya.  

4 buku jadi 1 seharga 140 baht

Satu hal yang bikin saya suka dengan buku ini adalah: tulisan di dalamnya menggunakan font yang cukup besar. Saya tidak perlu kacamata saya untuk membacanya haha. Di dalamnya juga ada beberapa ilustrasi yang cukup membantu imajinasi untuk menikmati buku ini. Cerita dalam buku ini mengenai seorang anak bernama Archie Morningstar yang berumur 8 tahun 8 bulan 8 hari yang untuk pertama kalinya ikut papanya bekerja di malam hari. Papanya bekerja sebagai supir taxi dan jam kerjanya berbeda dengan jam kerja biasa, jadi ini seperti pengalaman pertamanya juga untuk boleh bergadang di malam hari hahaha.

Awalnya saya membacakan bukunya dengan bersuara, karena biasanya Jonathan lebih tertarik dengan sebuah buku kalau dibacakan terlebih dahulu. Ternyata buku ini memang menarik untuk dibacakan bersuara, tanpa terasa saya membacakan lebih dari setengah buku dalam waktu kurang dari 1 jam. Buku pertama ada 8 chapter, tadi pagi saya membacakan 5 chapter, dan sorenya saya selesaikan 3 chapter. Buku berikutnya saya belum baca, tapi karena Jonathan mulai tertarik, dia membaca buku itu sendiri.

Joshua ga mau kalah, pengen bisa baca chapter book juga

Joshua juga cukup tertarik dengan buku ini, walaupun dia baru bisa membaca judulnya saja, beberapa kali dia mengulang-ulang membaca bagian awal dari buku ini. Waktu saya membacakan ceritanya, walaupun sepertinya dia tidak sepenuhnya mengerti, dia juga mendengarkan dengan seksama.

Resensi dari buku ini kira-kira begini: 

Untuk pertama kalinya, Archie ikut papanya bekerja. Selama ini dia tahunya papanya seorang supir taxi, hari itu dia baru tahu kalau papanya bukan supir taxi biasa tapi supir taxi antar planet. Hari itu, dia belajar untuk membaca peta 3 dimensi untuk memandu papanya menemukan jalan yang tepat ke tujuannya. Dan diakhir cerita, dia juga mengerti apa arti dari nama keluarganya: Morningstar. Saya suka dengan cara mereka menggambaran kekaguman seorang anak dengan pekerjaan papanya, kekaguman seorang anak melihat hal-hal baru yang dialaminya, dan juga ketika mereka menyadari kalau mereka punya keahlian yang awalnya mereka pikir mereka tidak akan bisa. 

Dalam cerita ini, anak-anak juga diajak berimajinasi bagaimana sebuah taxi berubah bentuk menjadi space taxi, bagaimana pemandangan di luar angkasa, bagaimana gravitasi di planet lain belum tentu sama dengan di bumi sehingga ada kalanya kita perlu mengantongi sesuatu yang berat supaya kita tidak melayang di udara. Bagaimana di galaxy lain ada planet yang seperti bumi dengan 2 matahari dan bagaimana ada planet di mana  kemungkinan kucing bisa bicara!. 

Dalam buku ini, selain bercerita mengenai petualangan Archie menjadi co-pilot sebuah space taxi, dibumbui juga dengan cerita mengenai agen rahasia yang berusaha menangkap orang-orang dari organisasi jahat yang ingin menghancurkan alam semesta. Tipe cerita detektif, atau agen rahasia ini pas banget buat Jonathan, masih sejalan dengan hobinya bermain dengan spy kit yang dibeli di BBW kemarin.

Satu lagi bagian yang saya suka dari buku pertama ini adalah: Archie mengingat nasihat ibunya!. Ada bagian dimana seorang berkata kepadanya: “Big day for you eh” padahal ceritanya waktu itu sudah malam jadi seharusnya “Big night, not big day”, dia ingin mengoreksi orang tersebut, tapi dia ingat kata ibunya kalau kadang-kadang tidak sopan untuk mengoreksi orang lain untuk hal seperti itu jadi dia hanya membalas dengan “I’ve never seen the city at night before”, penekanan pada kata night.

Kadang-kadang anak usia 8 tahun memang sedang kritis-kritisnya, terkesan sok jadinya karena sedikit saja salah, mereka akan mengoreksi orang lain tanpa memandang apakah orang tersebut lebih tua atau tidak dari mereka, dan ini juga sering dilakuan Jonathan *sigh*. Harapannya, Jonathan juga bisa ingat dengan berbagai nasihat orangtuanya.

Saya tidak tahu apakah buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Buku ini cukup menarik untuk anak berumur 8 tahun yang juga tertarik dengan hal-hal seperti space, membaca peta, dan petualangan sebagai agen rahasia. Kalau sebelum BBW berakhir Jonathan sudah selesai membaca 4 buku dalam bundle ini, saya mempertimbangkan untuk membeli bundle buku berikutnya hehehehe.

2 thoughts on “Review Buku Space Taxi: Archie Takes Flight”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.